Unduh Aplikasi QuBisa
Cara Cepat Belajar Hal Baru dan Beradaptasi dengan Perubahan
Artikel
Motivation

Cara Cepat Belajar Hal Baru dan Beradaptasi dengan Perubahan

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Belajar hal baru dengan cepat tidak perlu Anda menjadi jenius. Pada kenyataannya, belajar sebuah keterampilan memang harus Anda kembangkan. Meskipun pada langkah awal, mungkin Anda merasa frustasi dengan kebiasaan seperti apa nantinya.

Namun, dengan terus berusaha, maka Anda akan menjadi lebih baik dalam jangka panjang. Inilah berbagai cara yang bisa membantu Anda untuk mempelajari sesuatu dan beradaptasi dengan adanya perubahan.

Tips Belajar Hal Baru secara Efektif dan Beradaptasi dengan Perubahan

Belajar Hal Baru dengan Berproses Seperti Membangun Kebiasaan

Saat mau mempelajari hal baru, biasanya semangat Anda begitu menggebu-gebu hingga maunya cepat menguasai bahkan rela belajar berjam-jam. Berhari-hari Anda melakukan hal ini, namun ketika tak kunjung bisa menguasai, Anda pun kecewa dan akhirnya berhenti belajar dan tak jadi menguasai skill atau kemampuan yang baru.

Bersemangat boleh. Ingin cepat bisa juga boleh. Tapi Anda perlu tahu, bahwa untuk belajar hal baru, dalam hal ini termasuk membangun kebiasaan baru, ada proses adaptasi yang perlu Anda lalui. Anda perlu melakukannya setahap demi setahap dan dengan cara paling mudah yang bisa Anda temukan. Biasanya kalau Anda sudah terbiasa, nanti prosesnya akan menjadi lebih cepat, dan Anda bisa pula menemukan cara belajar paling efektif sejalan dengan waktu.

Belajar Sambil Menuliskan Apa yang Dipelajari secara Manual dengan Tangan

Dalam artikel yang pernah ditayangkan di website Sciencedaily, Professor Audrey van der Meer pernah melakukan penelitian mengenai manfaat menulis manual dengan tangan menggunakan pena dan kertas. Hasil dari penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang rutin menulis dengan tangan memiliki perkembangan otak yang lebih baik dengan simpul-simpul saraf otak yang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang lebih banyak mengetik di keyboard.

cara cepat belajar hal baru dengan menuliskan materi belajarnya menggunakan tulisan tangan manual

Dari penelitian Professor Audrey van der Meer bisa disimpulkan kalau Anda ingin cepat menguasai suatu hal baru, ingin belajar lebih efektif, bahkan jika ingin membangun kebiasaan baru, cobalah secara rutin menuliskannya di atas kertas dan menggunakan tangan Anda. Bukan membuat catatan di smartphone atau mengetikkannya di laptop.

Lebih bagus lagi, saat Anda belajar sambil menuliskan materi pelajaran, baca pula materi tersebut dengan bersuara keras. Banyak penelitian yang menyebutkan kalau saat belajar Anda menggunakan semua indera, maka multisensori seperti ini akan lebih mudah sampai ke otak dan Anda bisa mengingat apa yang Anda pelajari untuk waktu yang lama.

Belajar Ketika Kondisi Tubuh dalam Keadaan Paling Prima

Dalam buku berjudul When karya Daniel H. Pink ada pembahasan mengenai ritme sirkadian atau jam biologis tubuh. Anda mesti mengenali jam-jam krusial tubuh Anda, serta kapan tepatnya Anda memiliki kekuatan mental yang baik. Nah, dalam kondisi tubuh yang prima di mana siklus sirkadian Anda berada di puncak, inilah saat terbaik Anda mempelajari sesuatu yang baru atau beradaptasi dengan kegiatan, pekerjaan, suasana, dan sebagainya, yang sebelumnya tidak pernah Anda lakukan.

Lakukan Visualisasi

Pernah mendengar tentang mind map? Salah satu cara memvisualkan apa yang sedang Anda pelajari bisa dengan cara membuat mind map. Jadi, sambil belajar, Anda sekaligus sambil menggambarkan pelajarannya dalam bentuk mind map. Tujuannya, supaya otak lebih mudah memahami apa yang sedang Anda pelajari.

terus belajar dan berlatih merupakan cara beradaptasi dengan perubahan

Teruslah Belajar dan Rajin Berlatih

Anda pasti pernah mendengar nasihat bijak yang mengatakan kalau ingin jadi ahli dalam bidang tertentu, maka Anda perlu melalui 10 ribu jam latihan. Selain nasihat tersebut, analogi berikutnya ibarat bayi yang mau bisa berjalan, maka ia akan belajar untuk merangkak, berdiri, berjalan sambil berpegangan di dinding, berjalan dengan tertatih, hingga akhirnya dia bisa berjalan sempurna.

Hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang hendak mempelajari hal baru, apa pun bidangnya, Anda perlu terus belajar, terus latihan, membangun kebiasaan, hingga akhirnya bisa melakukannya dengan sempurna.

Lima poin di atas, tidak hanya berlaku saat Anda mau mempelajari hal baru, tetapi juga perlu diterapkan ketika Anda perlu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di sekitar Anda. Lakukan setahap demi setahap, tuliskan di jurnal atau agenda jika perlu, misalnya berupa habit tracker untuk memantau kebiasaan baru yang sedang Anda bangun. Bahkan Anda bisa merancang konsep aktivitas yang perlu Anda lakukan untuk menyikapi perubahan yang sedang terjadi. Jika masih membutuhkan panduan untuk bisa beradaptasi dengan perubahan, pelajari lebih lanjut dari beberapa microlearning gratis di aplikasi belajar online QuBisa berikut ini:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua