webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

LIHAT DETAIL

Cara Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Diri

Motivation | 21 Jan 3 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Selengkapnya Sembunyikan
Cara Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Diri

Apakah Anda pernah mendengar istilah logika berpikir atau berpikir kritis? Berpikir logis atau berpikir secara logika adalah suatu kemampuan yang membuat Anda mampu berpikir jernih dan rasional mengenai hal-hal yang akan Anda lakukan dan apa yang Anda percayai.

Untuk dapat memiliki kemampuan berpikir kritis, ada proses panjang yang harus dilalui, di mana Anda pernah dihadapkan pada situasi sulit, kemudian mampu bangkit dari situasi sulit tadi. Setelah berulang kali terjadi, Anda pun mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran, yang membuat Anda akhirnya bisa membuat penilaian yang masuk akal dan lebih logis di setiap situasi yang dihadapi, serta tetap dapat berpikir secara matang sampai akhirnya menemukan solusi terbaik. 

Ketika Anda mampu berpikir secara kritis serta memiliki Perspektif Berpikir Sistematis, Anda jadi lebih bisa memikirkan segala sesuatunya dengan matang. Dengan cara ini, Anda pun akan dapat meminimalisir terjadinya risiko, kesalahan, kerugian, atau dapat menghindari masalah yang bisa saja terjadi. Setidaknya, kemampuan berpikir secara kritis dan logis membuat Anda mampu melakukan antisipasi masalah, bahkan jika diperlukan sudah membuat rencana cadangan untuk menghadapi masalah yang mungkin terjadi. 

Cara Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Kemampuan Diri

Lalu, bagaimana cara agar dapat berpikir kritis demi meningkatkan kemampuan diri?

Biasakan Banyak Bertanya

Rasa ingin tahu merupakan kunci utama untuk mendapatkan kemampuan berpikir kritis. Namun, pastikan Anda hanya bertanya hal-hal yang penting saja kepada orang lain demi mendapatkan informasi. Banyak bertanya di sini bisa dilakukan dengan cara, bertanya pada diri sendiri dan bertanya kepada orang lain. 

Dalam bertanya, Anda bisa menggunakan prinsip 5W1H, yaitu what, why, where, when, who, dan how. Tujuan dari bertanya, pastikan hanya pada informasi yang dibutuhkan, bukan gosip atau isu yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Miliki Pengetahuan dan Referensi

Agar dapat berpikir logis dan kritis, Anda butuh banyak pengetahuan dan referensi, serta informasi pendukung. Pada poin satu sebelumnya, Anda bisa mendapatkan informasi dengan bertanya kepada orang lain yang lebih tahu atau punya pengalaman. Bisa juga bertanya dengan orang yang memiliki keahlian di bidang yang Anda butuhkan informasinya. 

Cara selanjutnya, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan referensi dari kebiasaan membaca buku, misalnya membaca buku Tetap Melenting Walau Terbanting - Kiat Bangkit Di Kondisi Sulit, serta buku lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Selain itu, Anda perlu membuka mata dan telinga sehingga bisa mengamati sekeliling, memiliki kepekaan yang tinggi pada lingkungan sekitar Anda, dan bisa mulai mengikuti berbagai Forum Grup Diskusi, termasuk Anda juga bisa mempelajari Tips Berpikir Lebih Kreatif dan Penuh Dengan Inovasi ini.

Fokus Mendengarkan

Ketika ada orang yang sedang berbicara dengan Anda, pastikan Anda mendengarkan dengan saksama. Apabila Anda mendengarkan seseorang bicara dengan fokus, Anda akan lebih mudah memahami perspektif dan cara pandang mereka. Selanjutnya, jadi lebih mudah pula bagi Anda untuk memberi respons yang tepat atas perbincangan tersebut. 

Membangun kebiasaan mendengarkan ini perlu dilakukan. Karena dari mendengarkan ini pula, Anda bisa mengetahui banyak hal, bahkan bisa pula mendapatkan ide-ide yang sebelumnya tak pernah terpikirkan.

Selalu Pertimbangkan Berbagai Kemungkinan yang Bisa Terjadi

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis ialah dengan mempertimbangkan segala kemungkinan yang bisa saja menjadi kenyataan. Kondisi ini akan sangat berguna apabila Anda sedang memutar otak untuk mendapatkan keputusan terbaik, maupun sedang mempertimbangkan sebuah tindakan yang akan dilakukan.

Jadi ketika Anda berniat melakukan suatu tindakan atau saat hendak mengambil keputusan yang memberi dampak besar bagi hidup Anda atau hidup orang lain, pikirkan dengan detail dan pertimbangkan segala risiko. Di saat yang sama, sediakan rencana cadangan sebagai antisipasi. 

Itulah beberapa cara berpikir kritis yang dapat membantu Anda bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan logis, sekaligus dapat meningkatkan kemampuan diri menjadi lebih baik lagi. Perubahan dalam cara berpikir logis, bahkan dapat mendorong berkembangkan pola pikir logis yang berdampak positif pada lingkungan kerja serta lingkungan sosial Anda.

Artikel Terkait

Ke Atas