Unduh Aplikasi QuBisa
Beriklan Maksimal Menggunakan Google Display Network
Artikel
Digital Marketing

Beriklan Maksimal Menggunakan Google Display Network

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Memasang iklan dengan Google Display Network harus dilakukan dengan maksimal. Hal ini karena iklan yang akan muncul tersebar luas di semua jaringan internet. Walau begitu, Anda tetap harus menargetkan iklan sesuai customer market yang menjadi target Anda. 

Ketika Anda beriklan di GDN dan tidak menentukan calon pelanggan pasar dengan tepat, maka hasil iklan tidak akan menyasar pasar yang sesuai. Biaya Google Ads yang Anda keluarkan pun akan menjadi sia-sia. Internet memang memiliki pasar yang besar, namun bukan berarti Anda bisa abai dan bisa asal-asalan dalam proses pemasangan iklan. 

Tips Memaksimalkan Iklan di Google Display Network 

Cara membuat iklan di Google agar tepat sasaran dan lebih efektif memang melalui Google Adwords atau Google Ads. Google Adwords adalah layanan periklanan untuk melakukan promosi melalui mesin pencari atau search engine marketing. Google Adwords lebih populer dengan sebutan Google Ads. Ada dua jenis iklan di Google Adwords, yaitu Google Search dan Google Display Network.  

Untuk hasil iklan yang Anda pasang di Google Display Network bisa lebih maksimal, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan: 

Mengatur Kampanye Iklan Sesuai Tema

Kalau Anda mau memasang iklan di GDN, maka Anda perlu melakukan pengaturan kampanye iklan. Kampanye harus berupa grup yang memiliki tema sama dengan konten iklan. Atau Anda bisa melakukan penempatan iklan hanya di situs yang memiliki kata kunci yang sama atau konten tertentu saja. 

Agar lebih optimal, lakukan pengelompokkan kata kunci berupa grup-grup kecil sesuai produk, kategori, layanan, atau lainnya. Upayakan kata kunci yang digunakan dikhususkan untuk target pasar yang memiliki ketertarikan dengan bisnis Anda.

iklan yang unik dan menarik pembeli

Membuat Iklan yang Unik dan Menarik

Bukan hal yang asing jika iklan yang menarik dan unik akan mendatangkan klik lebih banyak. Itulah sebabnya, Anda wajib merancang konten iklan Anda beda dengan iklan-iklan lain yang sudah beredar di pasar, baik konten milik Anda sebelumnya, atau konten dari kompetitor. Bentuk konten yang Anda buat bisa berupa text, video, audio, infografis, animasi, maupun gambar. Pastikan semua konten yang Anda buat dapat memberikan kesan yang mendalam untuk target iklan Anda. 

Agar memudahkan dalam membuat iklan yang menarik, pertanyaan-pertanyaan di bawah ini bisa Anda terapkan saat merancang konten iklan. 

  • Seperti apa target pelanggan yang akan mendatangi situs web yang menjadi media pemasangan iklan?
  • Tindakan apa yang akan Anda lakukan agar orang yang melihat iklan terdorong untuk melakukan sesuatu sesuai keinginan Anda? 
  • Apakah ada fitur khusus pada situs web untuk target pelanggan Anda?
  • Apakah Anda mampu menyediakan halaman unik sehingga membuat calon konsumen cenderung mengambil tindakan seperti yang Anda inginkan?
  • Apakah Anda sudah menguji berbagai jenis iklan yang memiliki performa lebih baik?

Targetkan Iklan dengan Efektif

Cara membuat iklan di Google yang efektif adalah dengan menyempurnakan kata kunci. Caranya, pilih keyword yang tepat dan mengecualikan kata kunci yang tidak relevan dengan konten dan iklan yang mau Anda tayangkan. Hindari penempatan iklan untuk website yang memiliki konten atau topik yang sama atau kampanyekan iklan kepada audiens yang telah mengunjungi sebelumnya.

menargetkan iklan agar efektif

Menyesuaikan Bid

Saat Anda membuat iklan di Google Adwords maka akan ada tiga opsi, yaitu Google Search (jaringan penelusuran), Google Display Network, atau keduanya. Jika Anda memilih jaringan penelusuran, maka akan bergantung pada pada jaringan yang ditargetkan. Artinya, Anda harus memantau dan mengelola bid, serta memastikan hasil yang didapatkan sudah maksimal sesuai biaya Google Ads harian yang Anda keluarkan.

Sementara kalau Anda hanya memilih memasang iklan melalui Display Network, Anda dapat memilih tawaran default grup, individual untuk penargetan (seperti penargetan berdasarkan kata kunci), atau dapat juga menyesuaikan tawaran terhadap penargetan kata kunci khusus. 

Memantau Performa Iklan

Mengamati performa iklan akan membantu Anda dalam memaksimalkan iklan di GDN. Dengan kata lain, Anda dapat menargetkan iklan lebih spesifik lagi dengan cara mengoptimalkan iklan pada jenis iklan yang mendatangkan banyak klik. Setelahnya, Anda tetap harus memantau performa iklan. Jika hasil dari pemasangan iklan pada situs atau jenis iklan yang tidak mendapatkan banyak klik, Anda bisa langsung melakukan perubahan atau menghentikannya supaya biaya iklan Anda tidak mubazir. 

Dalam mengoptimalkan iklan di Google Display Network, Anda dapat mengikuti lima tips di atas. Perhatikan agar selalu merancang iklan yang lebih efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan anggaran dana yang sesuai kebutuhan, dan dana tidak terbuang percuma.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua