Unduh Aplikasi QuBisa
Belajar Membuat Aplikasi Android
Mobile Development

Belajar Membuat Aplikasi Android

Jasmi24 Jan 236 menit membaca

Apakah Anda tertarik untuk belajar membuat aplikasi Android? Tahukan Anda bahwa banyak sekali kursus Android yang bisa Anda ikuti baik secara online maupun tatap muka yang akan mengajarkan Anda cara buat aplikasi Android?

Saat ini, teknologi semakin berkembang pesat dan aplikasi mobile mengubah cara kita berinteraksi, mengelola bisnis, bersosialisasi dan mencari hiburan. Salah satu sistem operasi mobile yang banyak digunakan adalah Android. Sistem operasi Android memiliki pengguna terbesar di Indonesia dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, yaitu sekitar 90%. Tak heran perusahaan besar maupun kecil memanfaatkan aplikasi Android untuk melayani konsumen.

belajar membuat aplikasi android

Sebut saja perusahaan sekelas YouTube, Instagram, Twitter dan Facebook membuat aplikasi Android untuk memanjakan penggunanya. Tak jarang perusahaan kecil juga turut andil menggunakan aplikasi Android untuk memudahkan transaksi dengan konsumen. Aplikasi mobile juga menjadi penyebaran berita yang efektif.

Menurut survei yang dilakukan Clutch melansir dari blog.edx.org bahwasanya hampir separuh dari bisnis kecil di dunia kemungkinan akan memiliki aplikasi seluler. Aplikasi seluler ini dikatakan memberikan keuntungan besar bagi pelaku bisnis.

Aplikasi Android bisa membantu usaha bisnis besar maupun kecil untuk meningkatkan penjualan dengan memberi kemudahan bagi pelanggan untuk mengakses produk dengan cepat melalui aplikasi mobile sekaligus meningkatkan pengalaman belanja konsumen dengan menawarkan interaksi langsung dari perusahaan.

Saat ini, android developer menjadi profesi yang dibutuhkan banyak perusahaan. Oleh sebab itu, menjadi Android developer sangat berpotensi karena profesi ini memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi. Melansir blog.edx.org, pada tahun 2024 akan dibutuhkan hampir 140 ribu Android developer untuk mengisi posisi pengembang aplikasi seluler di perusahaan.

Membuat aplikasi Android sebenarnya tidak sekompleks yang Anda bayangkan. Jika Anda memiliki usaha kecil yang ingin dikembangkan dan ingin membuat aplikasi Android untuk usaha Anda, Anda dapat membuat aplikasi Android sederhana untuk mewujudkannya.

Prospek Kerja untuk Android Developer

Menjadi Android developer tidak hanya bisa bekerja di perusahaan-perusahaan ternama, namun juga bisa memberikan Anda sebuah ide untuk menjadi seorang pengusaha. Anda dapat membangun tim Anda sendiri kemudian menawarkan aplikasi Android yang Anda desain untuk mengatasi solusi bisnis.

Profesi menjadi Android developer memiliki penghasilan yang tinggi. Melansir dari paysa.com, rata-rata gaji pokok seorang Android developer di Amerika Serikat adalah $89k per tahun atau setara dengan 1.3 miliar Rupiah. Penghasilan tersebut tentu sesuai dengan tanggung jawab yang diemban sebagai pengembang aplikasi Android.

Anda perlu memahami tentang bahasa pemrograman Java, User Experience (UX) dan keahlian User Interface (UI) atau integrasi Front-end dan Back-end, serta banyak keterampilan lainnya untuk desain aplikasi Android.

Menjadi seorang Android developer merupakan investasi pendidikan besar yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda. Sistem operasi Android mobile akan mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik untuk dapat memenuhi tuntutan komunikasi di masa yang akan datang.

Dengan peluang kerja yang besar, Anda dapat mengikuti pelatihan Android yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga terpercaya sebagai wadah untuk Anda belajar membuat aplikasi Android. Anda juga harus memiliki tekad yang kuat agar mampu membuat sebuah aplikasi yang dapat diterima oleh masyarakat.

cara membuat aplikasi android

5 Tips Bikin Aplikasi Android Menggunakan Android Studio

Banyak tutorial dan juga kursus online yang dapat Anda ikuti untuk belajar membuat aplikasi Android. Anda dapat belajar secara otodidak dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan.

Pastikan Anda telah mengunduh dan memasang software ini di laptop atau komputer Anda. pastikan juga bahwa perangkat Anda kompatibel. Disarankan untuk memiliki perangkat dengan RAM 8 GB.

Buat Project di Android Studio

Pada langkah ini, Anda diarahkan untuk membuka tab membuat project baru dan mengatur konfigurasi sesuai dengan yang Anda inginkan.

Membuat Interface

User Interface (UI) adalah tampilan visual aplikasi Android yang ingin Anda kembangkan termasuk tampilan bentuk, warna dan tulisan yang harus Anda desain semenarik mungkin.

Request Data Adapter

Setelah melengkapi User Interface, selanjutnya Anda harus melakukan proses request data adapter. Adapter adalah komponen yang membantu pengaturan tampilan data yang telah Anda masukkan ke dalam ListView di UI. Adapter berfungsi untuk menyediakan akses ke data dan membuat sebuah View pada setiap item data.  

View Data Menggunakan RecyclerView

RecyclerView merupakan tools yang berguna untuk menampilkan data secara efisien dalam jumlah yang besar.

Penggunaan Dataset untuk Menampilkan Database

Dataset adalah kumpulan data yang Anda miliki dan ingin Anda tampilkan pada aplikasi Android seperti array, list dan lain sebagainya. Anda membutuhkan penyimpanan database yang besar seperti VPS.

Menjadi seorang Android developer tentu akan membuka peluang bagi Anda untuk mengembangkan diri dan juga menghasilkan banyak keuntungan. Pasalnya, saat ini Android developer sedang menjadi incaran pelaku bisnis baik perusahaan kecil maupun besar. Anda dapat mengikuti kursus online untuk membuat aplikasi Android untuk bisnis Anda atau untuk persiapan Anda melamar kerja di perusahaan yang Anda inginkan. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua