Unduh Aplikasi QuBisa
Belajar Konsistensi dari Apriyani Rahayu
Artikel
Motivation

Belajar Konsistensi dari Apriyani Rahayu

Wanda Indana24 Jan 234 menit membaca

Pasangan ganda putri asal Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti kini menjadi momok bagi lawan-lawannya di dunia badminton. Bagaimana tidak, baru tiga bulan kurang dipasangkan, Apriyani dan Fadia sudah menunjukan grafik permainan yang menanjak dan sudah meraih beberapa prestasi.

Terbaru, Apriyani Rahayu dan Siti Fadia memenangkan gelar juara di ajang Badminton Malaysia Open 2022 mengalahkan pemain asal Tiongkok Zheng Yu dan Shu Xian. Kemenangan itu pun terbilang istimewa sebab untuk pertama kalinya sejak 55 tahun terakhir ada ganda putri Indonesia menjadi juara di Malaysia Open.

Apriyani dan Fadia berhasil mengalahkan wakil Tiongkok di babak final Malaysia Open 2022 dengan skor 21-18, 12-21, 21-19, Minggu (3/7). Gelar Malaysia Open 2022 itu juga menjadi gelar perdana Apriyani/Fadia sebagai pasangan di ajang BWF World Tour.

sumber: Instagram @ina_bminton

Diluar prediksi

Di luar ekspektasi Apriyani Rahayu langsung klop dengan pasangan barunya Fadia meskipun sebelumnya banyak yang berfikir sepeninggal Greysia Polii, Apri akan sulit berkembang cepat. Sebab, di usia mudanya, Apriyani sudah menyabet emas Olimpiade Tokyo 2022. Pucuk tertinggi prestasi seorang atlet.

Ternyata dugaan itu salah, Apriyani tak cepat puas. Ia tetap konsisten bermain bersama pasangan barunya di lapangan dengan penuh tekad dan terbukti terus mencetak prestasi.

Tips menjaga konsisten

Biasanya banyak orang cepat bangga dan cepat puas ketika mendapatkan prestasi setelah melalui jalan sulit untuk meraihnya. Perasaan cepat bangga dan puas ini seringkali membuat kita menjadi lengah dan kesulitan mempertahankan prestasi. Padahal sebenarnya jalan yang akan dihadapi untuk mempertahankan prestasi justru jauh lebih sulit.

Tak cuma di lapangan badminton, menjaga konsistensi amat penting dalam segala kondisi, termasuk mempertahankan prestasi atau kinerja di tempat kerja.

Ketika proses menggapai prestasi, kita melihat rekan kerja berada satu level dengan kita, sehingga visi kita adalah mengungguli rekan kerja dengan upaya sekuat tenaga. Namun, bagaimana ketika prestasi sudah kita raih? Berikut tipsnya.

Menjadi diri sendiri

Hal utama dalam menjaga konsistensi dalam bekerja adalah dengan menjadi diri sendiri. Kita harus mengenali potensi diri, mengelola emosi, menyiapkan visi dan misi, serta selalu berpikiran positif. Dengan begitu, ketika rekan kerja kita berjuang merebut prestasi yang telah diraih, kita tidak kehabisan akal, serta pikiran positif kita mendorong untuk melakukan upaya sebaik mungkin untuk mempertahankan apa yang telah kita raih.

Tak berhenti berusaha

Kita tidak boleh berhenti berusaha. Terus memperbaiki diri. Mempersiapkan target dan strategi merupakan poin penting mempertahankan prestasi. Apalagi ditambah adanya kemauan untuk belajar terus dan menambah keahlian di bidang tertentu. Alasannya adalah ketika rekan kerja telah mencapai prestasi yang setara, kita lebih maju selangkah karena memiliki keahlian lain.

Menjaga fokus

Walaupun fokus untuk mempertahankan prestasi, jangan sampai kita lupa menjaga kesehatan tubuh. Orang yang berambisi biasanya sering kali melupakan kewajiban untuk makan, apalagi beristirahat karena terlalu takut kalah saing dengan rekan kerja.

Padahal, ketika kurang istirahat tubuh kita akan semakin lelah berakibat hilangnya konsentrasi. Penting bagi kamu untuk menjaga pola makan ketika sedang berupaya mempertahankan prestasi. Jangan karena itu, kamu sampai lupa untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri yang telah berjuang untuk mencapai titik terbaik sehingga aura kegembiraan akan menyebabkan perjuangan untuk meraih prestasi tidak terasa melelahkan.

Tetap semangat ya!

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua