Unduh Aplikasi QuBisa
Pentingnya Belajar Copywriting bagi Pemilik Bisnis
Artikel
Digital Marketing

Pentingnya Belajar Copywriting bagi Pemilik Bisnis

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Copywriting adalah teknik untuk menghasilkan tulisan dengan tujuan mendapatkan respons positif dari khalayak ramai. Teknik komunikasi ini menjadi bagian yang penting bagi dunia marketing. Bagaimana tidak? Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika belajar copywriting, salah satunya mampu menampilkan produk dengan menarik dan persuasif di berbagai media.

Contoh copywriting pada umumnya dapat dijumpai berupa jingle, tagline, maupun slogan yang easy listening. Tanpa disadari konsumen, ketika membicarakan suatu produk maupun layanan tertentu, konsumen akan teringat dengan jingle iklan yang merupakan hasil dari kegiatan copywriting yang Anda lakukan.

Pentingnya Belajar Copywriting bagi Pemilik Bisnis

Fungsi dan manfaat copywriting diharapkan mampu menjangkau perasaan audiens dengan mengolah iklan yang mengangkat keresahan di tengah masyarakat. Produk maupun layanan yang Anda tawarkan diharapkan mampu membangkitkan emosi konsumen sehingga mereka ingin mencoba solusi yang Anda tawarkan untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat yang pemilik bisnis dapatkan kalau belajar copywriting. 

Meningkatkan Jangkauan Pemasaran dan Membangun Brand Awareness

Membangun kesadaran merek atau brand awareness sangat penting guna memperkokoh posisi produk dalam ingatan masyarakat. Brand awareness ini perlu dibangun untuk mendukung kesuksesan sebuah bisnis.

Copywriting bermanfaat untuk membangun brand awareness. Dengan adanya copy yang menarik, masyarakat menjadi lebih sadar dan memperhatikan kehadiran produk yang dipromosikan.

Untuk bisa menerapkan copywriting yang memberi dampak pada bisnis Anda, pelajari cara membuat copywriting menarik dari dua kursus online yang telah disediakan di aplikasi belajar online QuBisa berikut ini:

fungsi dan manfaat copywriting untuk brand awareness

Penyebaran Informasi Brand pada Media Pemasaran Online

Fungsi dan manfaat copywriting selanjutnya adalah sebagai bagian dari promosi produk. Anda dapat menyebarluaskan informasi produk termasuk keunggulan dan cara penggunaannya melalui copywriting yang menarik dan bisa melihat kesesuaian produk dengan selera audiens.

Promosi produk perlu dilakukan secara berkala dan dengan gaya copywriting yang konsisten. Hal ini untuk menambah peluang produk Anda semakin mudah dikenali oleh masyarakat dan pada akhirnya membuat calon pelanggan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Beberapa tips terkait memperkenalkan produk kepada calon pelanggan bisa Anda pelajari pada materi e-learning dalam bentuk kursus online gratis, antara lain:

Meningkatkan Penyebaran Iklan untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan

Copywriting yang menarik dapat menggaet calon pelanggan yang tadinya tidak mengetahui tentang produk menjadi mengetahui dan melakukan pembelian. Manfaat copywriting tersebut sangat besar untuk memenuhi target pencapaian bisnis Anda.

Calon pelanggan Anda diserbu dengan banyak informasi tentang macam-macam produk dan layanan, baik dari layanan bisnis Anda maupun dari iklan yang disebarkan kompetitor. Tentu Sebagian besar informasi promosi tersebut bisa diabaikan. Copywriting yang tepat dapat mengalihkan perhatian dan mendorong pelanggan melakukan tindakan sesuai dengan yang Anda harapkan. 

Memperbesar Peluang Terjadinya Konversi

Fungsi dan manfaat copywriting lainnya, antara lain bisa meningkatkan konversi pada promosi yang Anda lakukan. Copy yang menarik dapat membuat orang penasaran dan lebih lanjut mencari tahu informasi lainnya.

Traffic website dapat meningkat dengan banyaknya ketertarikan masyarakat. Tingginya traffic tersebut dapat menjadi peluang untuk mengarahkan calon pelanggan menjadi pelanggan yang loyal dan rutin melakukan pembelian.

pemilik bisnis perlu belajar copywriting untuk meningkatkan penjualan

Meningkatkan Penjualan dan Potensi Pengembangan Bisnis

Pada akhirnya, manfaat copywriting dapat meningkatkan penjualan. Dari terbangunnya brand awareness yang baik dan meningkatnya konversi, secara tidak langsung akan terjadi peningkatan dalam penjualan produk yang ditawarkan.

Dapat dikatakan bahwa copywriting adalah salah satu ujung tombak dalam promosi produk sehingga menjadi faktor penting untuk meningkatkan penjualan. Pelanggan pun menjadi lebih menyukai layanan atau produk yang ditawarkan karena kesan yang dihadirkan copywriting dapat tertanam dalam benak audiens.

Setelah mengetahui manfaat copywriting dan pentingnya belajar copywriting bagi pemilik bisnis, Anda juga perlu memahami bagaimana cara menulis copywriting. Penulisan copywriting diharapkan dapat memenuhi beberapa hal, yakni membentuk perilaku pembeli, terpenuhinya pesan penjualan, serta mampu secara tidak langsung membujuk konsumen agar tertarik dengan produk yang Anda iklankan.

Salah satu cara menulis copywriting, Anda bisa menerapkan slippery slide atau kesesuaian teks yang didukung oleh kalimat persuasif. Ini dimaksudkan agar pembaca tidak bosan atau memiliki rasa penasaran terhadap kelanjutan informasi yang dibagikan. Pastikan slippery slide ini menggunakan kalimat yang efektif, sehingga pembaca tidak merasa sedang membuang-buang waktu.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua