Unduh Aplikasi QuBisa
Menjadi Pribadi yang Bekerja Profesional
Artikel
Career Development

Menjadi Pribadi yang Bekerja Profesional

Jasmi24 Jan 235 menit membaca

Pintar, memiliki nilai tinggi, dan hard skill mumpuni tidak cukup untuk membuat Anda bertahan dalam dunia kerja. Anda membutuhkan hal lain dari segi soft skill. Apa itu? Tentu saja sikap yang baik dan bisa bekerja profesional. Tanpa adanya dua hal tersebut, kinerja yang seharusnya produktif malah tidak optimal. Bekerja profesional sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Profesional dalam Bekerja

Menjadi profesional dalam bekerja membutuhkan pengetahuan yang luas. Anda harus mampu memahami banyak karakter, bekerja dengan baik, tidak suka mengeluh, dan etika profesional harus dipegang teguh. 

Banyak orang yang bekerja hanya sesuai saja indikator standar tanpa ada kinerja yang lebih, atau inisiatif belajar hal baru. Padahal, jika Anda bekerja secara maksimal, profesional, itu akan memberikan dampak positif di kemudian hari. Tentunya bisa mempengaruhi kesuksesan dalam berkarir. Baik dari segi gaji, kepercayaan perusahaan dan mendapatkan koneksi terbaik.

Pribadi yang Bekerja Profesional

Sebagai pribadi yang baik, bekerja profesional merupakan suatu keharusan. Adanya tanggung jawab pekerjaan dan loyalitas adalah profesionalisme yang tidak dapat ditawar. Begitu dengan Anda, bila melakukan pekerjaan sepenuh hati, apa yang dikerjakan akan memberi nilai lebih, bagus, selesai tepat waktu dan hasilnya maksimal.

Pribadi seperti ini memang tidak ditemukan pada semua orang. Hanya orang tertentu dengan etika profesional, sopan, mampu menghargai orang lain, dan memiliki sikap empati akan menunjukkan profesionalitas yang sebenarnya. 

tanggung jawab pekerjaan dan loyalitas adalah profesionalisme untuk kesuksesan berkarir

Etika profesional merupakan sistem dan aturan dalam profesi pekerja. Sikap profesional seperti ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Sumber daya manusia dengan sikap, etika profesionalitas adalah intangible assets yang sangat berharga untuk dipertahankan.

Tips Bekerja Profesional

Supaya mampu bekerja secara profesional, Anda harus memiliki sikap seperti di bawah ini. Berikut tips bekerja profesional.

Disiplin

Salah satu wujud pribadi yang baik adalah disiplin dalam bekerja. Dimulai dari selalu tepat waktu mengerjakan pekerjaan dan memiliki manajemen waktu yang baik, sehingga bisa menjaga profesionalisme kerja. Jika Anda abai, pekerjaan tidak selesai dan menumpuk. Alih-alih perusahaan berkembang, adanya malah merugi.

Tidak Malu Meminta Maaf

Dalam melakukan pekerjaan, melakukan kesalahan tanpa disadari bisa saja terjadi. Mau meminta maaf adalah salah satu ciri pribadi yang bekerja profesional. Dengan meminta maaf, Anda banyak belajar menghargai orang dan lebih fokus dalam bekerja, yang mana bisa meminimalisir kesalahan yang sama.

Jujur

Jujur bukan hanya berhubungan dengan pasangan Anda. Jujur dalam bekerja adalah kewajiban. Suatu profesi, apabila dijalankan tanpa ada kejujuran dan menjaga amanah, pada saatnya akan hancur. Ada yang namanya kode etik profesi, sebetulnya ini sama saja dengan etika profesional. Kode etik merupakan acuan perilaku seseorang yang harus diikuti aktivitas profesional dan sudah disepakati sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi perbuatan yang tidak diinginkan.

Pilah Urusan Pribadi dengan Kerjaan

Bekerja secara profesional harus mampu memilah urusan pribadi dengan pekerjaan. Jika urusan pribadi disangkutpautkan, maka bisa mempengaruhi kinerja. Jadi, tidak heran apabila banyak perusahaan tak memperbolehkan pasangan bekerja dalam satu kantor. Hal ini untuk menghindari timbulnya perselisihan karena urusan pribadi.

Bekerja secara profesional harus mampu memilah urusan pribadi dengan pekerjaan

Mandiri

Bekerja kantoran membutuhkan sikap mandiri dalam urusan apa pun. Meskipun sebuah divisi adalah tim, mandiri dalam bekerja tetap diperlukan. Kalau tidak, pekerjaan bisa tumpang tindih dengan hasil tidak sesuai keinginan, bahkan tujuan perusahaan.

Wawasan Luas

Kenal dengan banyak orang dalam bekerja akan menambah ilmu dan wawasan Anda. Apabila Anda suka belajar, cobalah mendapatkan banyak ilmu dari divisi lain. Sepertinya sepele, tapi dari banyak melihat, mendengar dan memperhatikan, maka banyak ilmu dapat didapatkan secara langsung.

Menerima Kritik dan Saran

Tidak semua orang mau menerima umpan balik atau kritik dengan senang hati. Ada yang marah dan berakibat tidak baik dalam hubungan pertemanan selanjutnya. Melapangkan hati dalam menerima kritik dan saran adalah profesionalitas dan totalitas dalam bekerja. 

Biasanya, kalau orang sudah memahami pekerjaannya dan memiliki loyalitas tinggi, sebuah kritikan justru memacu semangat untuk menjadi pribadi lebih baik lagi. Feedback adalah dorongan semangat yang sangat bijak.

Itulah tips mudah menjadi pribadi yang bekerja secara profesional. Faktor-faktor tersebut  sangat bermanfaat dalam lingkungan pekerjaan dan pengembangan diri Anda untuk mencapai karir yang diinginkan. Semakin Anda mencintai pekerjaan, profesionalitas akan menjadi hal utama dalam melakukan apa pun.

Jika Anda tertarik untuk terus mengembangkan diri, dan menyesuaikan kemampuan mengikuti perkembangan teknologi, maka cobalah belajar banyak hal melalui membaca buku, kursus online gratis, hingga mengikuti webinar pengembangan diri. Misalnya saja kursus online Strategi Naik Kelas dalam Berkarir seharga Rp. 55.000,- di platform belajar online QuBisa, yang bisa diakses seumur hidup.

Sebagai platform e-learning yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan digital milenial, QuBisa juga menyediakan berbagai kursus leadership online, personal development, hingga webinar gratis seputar dunia kerja. Ada juga QuBisa Goes to Campus yang bagus untuk merencanakan karir bagi mahasiswa sebelum lulus.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua