Unduh Aplikasi QuBisa
5 Aplikasi Digital yang Bantu Tingkatkan Produktivitas
Artikel
IT & Software

5 Aplikasi Digital yang Bantu Tingkatkan Produktivitas

Jasmi24 Jan 235 menit membaca

Menjaga produktivitas kerja memang memiliki tantangan tersendiri. Apalagi dengan kondisi lebih banyak work from home (WFH) seperti sekarang ini. Adanya tenggat waktu untuk menyelesaikan tugas, serta hadirnya gangguan yang biasanya berasal dari media sosial biasanya membuat Anda mudah kehilangan fokus.

Produktivitas adalah kemampuan individu dalam mengerjakan sesuatu hingga membuahkan hasil. Produktivitas kerja harus melibatkan efisiensi waktu dan efisiensi kerja, sehingga hasil yang Anda berikan maksimal.

Untuk meningkatkan produktivitas kerja, Anda harus mampu mengelola waktu dengan baik. Melalui manajemen waktu, Anda dapat mengatur agenda dan kegiatan yang akan dilakukan, sehingga dapat menyelesaikannya tepat waktu. Nah, agar manajemen waktunya semakin baik, Anda bisa coba memasang 5 aplikasi digital yang bantu tingkatkan produktivitas di smartphone Anda.

tingkatkan produktivitas dengan aplikasi digital

5 Aplikasi Smartphone untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Saat ini, hampir setiap orang memiliki smartphone dengan koneksi internet yang mumpuni. Kecanggihan teknologi ini dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja. Sebab, ada banyak aplikasi mobile yang bisa digunakan, baik secara gratis maupun berbayar untuk mencapai kerja efisien. 

Kelima aplikasi ini bermanfaat dalam mengingatkan tentang deadline pekerjaan penting, membuat catatan, berkomunikasi hingga berkolaborasi dengan rekan kerja. 

Evernote

Evernote adalah buku catatan digital yang memudahkan Anda menyimpan catatan penting, foto, halaman web, dan lainnya pada perangkat. Evernote dapat diakses kapan saja dan di mana saja selagi smartphone memiliki koneksi internet yang stabil, serta dapat diakses pada perangkat yang berbeda.

Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah fitur menambahkan tag pada file yang disimpan, sehingga memudahkan Anda mencarinya kembali jika dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan daftar pekerjaan yang ingin dilakukan, dan mencatat informasi penting dari rapat yang Anda hadiri. Hingga menyimpan berbagai referensi yang dibutuhkan untuk pekerjaan Anda.

Fitur menarik lainnya adalah fitur berkirim pesan atau berbagi tugas dengan pengguna lain, yang memungkinkan Anda untuk menunjang produktivitas kerja, baik secara individu maupun dalam tim. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan App Store.  

Toggl

Toggl merupakan aplikasi yang memudahkan dalam mengatur dan melacak waktu pengerjaan suatu kegiatan. Aplikasi ini tentu berguna bagi Anda yang masih kesulitan mengatur waktu dan menjalankan prinsip produktivitas dalam menghadapi new normal. Mengapa begitu? Karena sekalipun lupa memulai pengatur waktu, Toggl akan secara otomatis melacak pekerjaan Anda.

Selain itu, Anda dapat mengunduh data yang disediakan Toggl secara gratis dalam bentuk Excel, CSV, atau PDF. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store maupun App Store. Anda juga bisa menikmati versi premium dengan berlangganan $9 per bulan.

Dropbox

Dropbox adalah salah satu aplikasi penyimpanan data secara online atau online data storage yang populer di kalangan pengguna internet. Dropbox dapat mencadangkan, menyinkronkan dan berbagi foto serta file video, musik, hingga Microsoft Word dan Adobe.

Salah satu keunggulan Dropbox, Anda dapat mengakses file Anda dari perangkat mana pun. Semua data dan file yang tersimpan di Dropbox akan disinkronkan ke semua perangkat Anda. Untuk menyinkronkan file, Anda membutuhkan koneksi internet. Namun, nantinya Anda dapat mengaksesnya secara offline

Dropbox juga dapat menyimpan file dengan ukuran besar tanpa memengaruhi memori penyimpanan di perangkat Anda. Di Dropbox, Anda pun bisa membuat atau mengedit file Microsoft Word yang tentunya dapat meningkatkan produktivitas harian Anda ketika bekerja.

aplikasi digital yang dapat membantu meningkatkan produktivitas

Forest

Forest sangat sesuai untuk Anda yang mudah terganggu dan kehilangan fokus dalam bekerja. Menggunakan aplikasi Forest akan memberikan Anda dorongan untuk mengerjakan tugas tanpa memeriksa notifikasi ponsel.

Aplikasi ini tidak hanya meningkatkan produktivitas kerja saja, namun juga menyenangkan untuk digunakan. Bisa dibilang semacam aplikasi permainan menanam pohon, di mana satu pohon merepresentasikan satu periode waktu tertentu. 

Waktu ini harus Anda gunakan untuk melakukan tugas. Anda dapat mengatur waktu produktivitas yang diinginkan. Jika Anda bisa melalui waktu tersebut tanpa memegang ponsel, maka Anda telah menumbuhkan satu pohon.

Uniknya, tim developer aplikasi ini bekerja sama dengan organisasi penanaman pohon yang bernama Trees for the Future.” Setiap pohon yang berhasil ditanam akan didonasikan. Hingga penghujung 2020, sudah ada lebih dari 550.000 pengguna dan 200.000 pohon yang telah ditanam pada aplikasi Forest. Menarik, bukan? Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dan App Store dengan langganan premium seharga $1.99 per bulan.

Todoist

Todoist merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda menulis daftar tugas. Yang mana bisa menjadi pengingat dan memfasilitasi dalam membuat rencana kegiatan selanjutnya. Aplikasi ini dapat diselaraskan dengan semua perangkat yang dimiliki, sehingga memudahkan untuk memantau to do list Anda.

Melalui Todoist, Anda akan lebih mudah saat berbagi tugas dengan rekan kerja dan meminta umpan balik dari pekerjaan yang telah Anda selesaikan. Aplikasi ini sangat sesuai digunakan untuk kerja tim karena dapat memantau deadline juga. Menariknya, Todoist akan menjadwalkan pengingat secara otomatis dari list tugas yang Anda masukkan.

Produktivitas kerja sangat dibutuhkan terutama dalam mencapai kesuksesan yang Anda inginkan. Menjaga produktivitas memang butuh usaha keras. Beruntungnya, saat ini ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menunjang produktivitas Anda. Aplikasi tersebut adalah Evernote, Toggle, Dropbox, Forest dan Todoist. 

Selain itu, ketika Anda bisa kerja efisien, Anda jadi memiliki waktu untuk mengasah skill lainnya melalui kursus online gratis, dan webinar gratis di platform belajar online Indonesia. Tak hanya itu, dalam meningkatkan produktivitas harian di era digital, Anda pun bisa mengikuti kelas keterampilan digital milenial (KDM), maupun keterampilan sukses milenial (KSM) di QuBisa.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua