Unduh Aplikasi QuBisa
Apa Itu Landing Page dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda?
Artikel
IT Development

Apa Itu Landing Page dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda?

Monica Anggen17 Dec 235 menit membaca

Sebagai pebisnis yang menerapkan strategi digital marketing, kamu pasti sudah sering mendengar istilah landing page, kan? Adanya penggunaan landing page adalah salah satu strategi untuk memperbesar peluang terjadinya konversi.

Bahkan menurut Hubspot, bisnis yang memiliki 10-15 landing page berpotensi menciptakan konversi hingga 50%. Sementara pada bisnis yang memiliki lebih dari 40 landing page ternyata mengalami peningkatan konversi lebih dari 500%. 

Lalu, apa itu landing page dan manfaatnya bagi bisnis? Simak yuk penjelasan lengkapnya di artikel QuBisa kali ini.

Apa Itu Landing Page?

Landing page adalah halaman web khusus yang dirancang dengan tujuan tertentu, seperti mengumpulkan informasi pelanggan, mempromosikan produk dan layanan bisnis, atau mengarahkan audiens untuk melakukan tindakan tertentu. 

Cara Kerja Landing Page

Cara kerja landing page sangat sederhana. Pada landing page, kamu dapat menampilkan informasi lengkap mengenai penawaran produk, spesifikasi dan keunggulan produk, bahkan lengkap dengan harganya. 

Adapula landing page yang berisi informasi penting mengenai permasalahan yang audiens hadapi, informasi acara, dan lainnya. Lalu tersedia pilihan untuk mengisi formulir pemesanan, Call to Action (CTA) untuk melakukan registrasi, atau langsung tombol ajakan melakukan pembelian.

Jika konsumen tertarik, mereka akan mengikuti arahan yang kamu berikan, entah menekan tombol CTA untuk “Beli Sekarang”, “Order”, atau mengisi formulir kontak.

Setelahnya, konsumen akan berpindah ke halaman pemesanan produk dan melakukan pembayaran (jika mereka memilih membeli produk yang kamu tawarkan). Atau bisa pula pindah ke halaman lain yang berisi formulir (kalau mereka memilih mengisi formulir)

Agar arahan atau ajakan kamu bisa mempengaruhi konsumen, kamu perlu mendesain landing page semenarik.

Manfaat Landing Page Bagi Bisnis 

1. Meningkatkan Penjualan

Seperti referensi dari situs Hubspot yang sudah kamu baca di atas, telah dijelaskan bahwa bisnis yang memiliki landing page lebih mampu menciptakan banyak penjualan. 

Artinya, kamu yang menjalankan bisnis online, perlu banget membuat landing page. Mengapa? Baca penjelasannya di artikel berjudul Pentingnya Halaman Landing Page untuk Jualan Online.

2. Hemat Budget

Budget pemasaran seringkali menjadi kendala pelaku bisnis online untuk bersaing dengan kompetitor atau perusahaan besar lainnya. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan website beserta landing page yang dapat menghemat biaya promosi. 

Kalau saat ini belum memiliki website, kamu bisa belajar cara membuat website di platform belajar online QuBisa. Beberapa rekomendasi kursus online yang bisa kamu ikuti, antara lain:

3. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Iklan Berbayar

Penggunaan landing page yang profesional akan membantu kamu mencapai target pemasaran. Tak hanya berguna untuk meningkatkan brand awareness, namun landing page juga dapat meningkatkan efektivitas penggunaan iklan berbayar.

Kamu tinggal pasang iklan berbayar di Instagram, Facebook, atau Google ads, kemudian arahkan traffic kunjungan dari iklan ke landing page yang sudah kamu siapkan di situs web bisnis. Cara ini ampuh lho untuk meningkatkan peluang mendapatkan pelanggan potensial.

4. Meningkatkan Lead Conversion

Landing page dapat mendatangkan leads atau pelanggan potensial. Nah, kalau hal ini yang terjadi, kamu tinggal siapkan formulir data kontak untuk mengumpulkan alamat email, preferensi konsumen, dan nomor telepon mereka. 

Data leads ini nantinya bisa kamu gunakan untuk melakukan segmentasi pasar dan melakukan pengelompokkan, mana pelanggan yang telah membeli produk dan mana yang belum.

Selanjutnya, gunakan data tersebut untuk melaksanakan strategi pemasaran yang lebih baik. Misalnya dengan memberikan penawaran produk terbaru, potongan harga spesial atau promosi lainnya.

Untuk meningkatkan lead conversion, kamu bisa meletakkan tombol CTA di awal atau akhir landing page. Posisi ini dianggap strategis yang membantu dalam mendapatkan konversi.

landing page wordpress

Cara Membuat Landing Page dengan WordPress

Membuat landing page sangat mudah. Anda hanya perlu memiliki website. Pada contoh cara membuat landing page kali ini, kamu bisa mencoba menggunakan platform WordPress. Berikut langkah-langkahnya: 

1. Login WordPress

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke dashboard WordPress dengan memasukkan username dan password

2. Buat Halaman Landing Page

Pada dashboard WordPress, buatlah halaman baru. Caranya? Klik pages, kemudian add new. Isi judul landing page dan klik publish

3. Mengarahkan Halaman Landing Page

Setelah itu, arahkan halaman utama tampilan website kamu ke halaman landing page. Klik settings, kemudian klik reading. Setelah beberapa saat, kamu akan diarahkan ke halaman landing page

Selanjutnya, klik your homepage displays dan pilih A static page. Pada bagian homepage, pilih halaman landing page yang baru saja dibuat, klik save changes. Landing page kamu pun siap untuk digunakan. 

Landing page adalah pintu yang mengantarkan pelanggan untuk mengenal bisnis sekaligus melakukan pembelian. Itulah sebabnya, kamu perlu membuat halaman ini semenarik mungkin sehingga membuka peluang terjadinya konversi. 

Jika ingin mempelajari lebih jauh terkait landing page ini, cobalah untuk mengikuti kelas keterampilan digital milenial (KDM), maupun keterampilan sukses milenial (KSM) di QuBisa.

QuBisa merupakan platform belajar online Indonesia yang bisa membantu kamu meningkatkan skill, terutama di dunia digital. Kamu juga dapat mengakses banyak pembelajaran melalui video microlearning, webinar gratis, serta kursus online gratis.

Setelah memahami apa itu landing page, manfaat, dan cara membuat landing page, pahami juga hal berikutnya yang juga penting dalam kegiatan promosi dan pemasaran, yaitu Penyebab Kegagalan Marketing.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua