Unduh Aplikasi QuBisa
Analisis Laporan Keuangan untuk Pengambilan Keputusan
Artikel
Finance

Analisis Laporan Keuangan untuk Pengambilan Keputusan

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Laporan keuangan perusahaan memiliki peranan penting untuk mengetahui perkembangan sebuah perusahaan. Melalui laporan ini, Anda bisa mengetahui apakah perusahaan mendapatkan keuntungan atau justru kerugian dalam kurun waktu tertentu.

Umumnya dalam finance dan accounting terdapat beberapa data yang ada pada laporan keuangan, seperti neraca, laporan laba/kerugian, laporan arus kas, dan catatan lain terkait laporan keuangan. Data tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk sebagai acuan dalam mengambil kebijakan perusahaan serta membangun ekosistem untuk pertumbuhan perusahaan

Karena bagaimanapun, kinerja keuangan yang baik dapat mencegah fraud pada perusahaan serta menjadi salah satu penentu kesuksesan perusahaan dalam meraih keuntungan. Jika Anda adalah pemilik perusahaan yang ingin mendapatkan keuntungan, maka sangat disarankan untuk menyusun laporan keuangan secara berkala.

Apa Tujuan Laporan Keuangan Dibuat ?

Laporan keuangan dibuat tentunya bukan tanpa tujuan yang jelas. Ini diharapkan dapat membantu perusahaan menjadi lebih baik, memiliki keuangan yang sehat, dan bisa mencapai tujuan utama, yakni keuntungan dan perluasan atau pengembangan bisnis. 

Lalu, setiap periode tertentu, Anda perlu melakukan analisis laporan keuangan oleh manajemen untuk mengetahui kondisi perusahaan dan sebagai modal pengambilan keputusan atau making decision. Berikut ini beberapa tujuan dari dibuatnya laporan keuangan.

Mengetahui Kondisi Keuangan Perusahaan

Dalam mengelola sebuah perusahaan, sektor keuangan harus menjadi fokus utama yang perlu diperhatikan. Hal ini menyangkut berbagai hal, seperti kepercayaan investor, kelangsungan perusahaan, hingga nasib karyawan. 

Dengan mengetahui kondisi keuangan terkini, nantinya bisa dilakukan pengambilan keputusan setelah dilakukan analisis laporan keuangan. Hasilnya nanti tak menutup kemungkinan perlu adanya perubahan di dalam perusahaan demi memperbaiki suatu masalah yang menyebabkan keuangan terganggu.

analisis laporan keuangan perusahaan membuat Anda mengetahui kondisi keuangan perusahaan

Dalam proses mencari akar penyebab munculnya permasalahan keuangan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

Kalau laporan keuangan perusahaan dalam keadaan baik, investor juga tidak akan ragu menanamkan modal dan berinvestasi di perusahaan Anda. Ini akan memberikan dampak yang positif karena perusahaan bisa mendapatkan dana segar untuk mengembangkan bisnis.

Kepercayaan Publik Meningkat

Sebuah perusahaan akan lebih dipercaya oleh publik jika memiliki laporan keuangan yang baik. Misalnya ketika ada seseorang menanamkan modal ke perusahaan yang memiliki laporan keuangan yang baik, tentu akan merasa lebih tenang. Berbeda jika laporan keuangan tidak tersusun dengan benar, kepercayaan orang tersebut juga akan berkurang. 

Umumnya, perusahaan-perusahaan besar memberikan dokumen laporan keuangannya secara publik. Maka dari itu, dalam menyusun laporan keuangan harus sesuai dengan standar yang ada.

analisis laporan keuangan bisa untuk bahan evaluasi keuangan dari perusahaan

Sebagai Bahan Evaluasi

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, perusahaan perlu melakukan evaluasi untuk mengetahui kondisi perusahaan. Tahapannya bisa dimulai dengan melakukan analisis laporan keuangan terbaru. Dengan begitu, akan diketahui apakah perusahaan memiliki keuangan yang baik atau tidak. Keuangan memang bisa disebut sebagai inti dan penentu perjalanan perusahaan. 

QuBisa sebagai aplikasi belajar online untuk fresh graduate, pekerja, juga para profesional serta umum, juga menyediakan berbagai kursus online dalam bentuk microlearning mengenai keuangan, antara lain:

Jika dari laporan keuangan diketahui perusahaan mengalami kerugian, manajemen bisa bergegas melakukan evaluasi, apakah ada terjadi kecurangan, pelayanan pelanggan yang buruk, retur produk tinggi, penjualan menurun, dan sebagainya. Melakukan evaluasi dapat membantu mengambil langkah tepat untuk memperbaiki kualitas pelayanan dan produk agar perusahaan mendapatkan keuntungan. 

Nah itulah pentingnya analisis laporan keuangan bagi perusahaan untuk pengambilan keputusan paling tepat demi pengembangan perusahaan yang berkesinambungan. Jadi, mengelola perusahaan tidak hanya berfokus ke produk atau jasa yang ditawarkan saja. Dari sisi internal juga perlu memperhatikan kondisi keuangannya dalam keadaan baik atau tidak.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua