Unduh Aplikasi QuBisa
7 Kebiasaan yang Wajib Dimiliki untuk Peningkatan Produktivitas Kerja
Artikel
Motivation

7 Kebiasaan yang Wajib Dimiliki untuk Peningkatan Produktivitas Kerja

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Orang sukses adalah orang yang bisa bekerja dengan lebih produktif dan efisien. Hal ini sudah banyak terbukti dan mau tidak mau bagi yang ingin sukses tentu perlu bisa melakukan peningkatan produktivitas kerja pula. 

Mengikuti kebiasaan orang-orang seperti ini akan membantu Anda memaksimalkan produktivitas kerja Anda dan mencapai hal-hal hebat dalam hidup. Produktif adalah mampu menghasilkan banyak pekerjaan dengan hasil yang terbaik dan mengoptimalkan efisiensi waktu. Tapi ingat, produktif tidak berarti melakukan pekerjaan secara multitasking.

Anda mungkin sekarang bertanya-tanya, bagaimana orang sukses, seperti pengusaha, CEO, atlet, atau selebritis, bisa bekerja setiap hari dengan energi yang tidak ada habisnya? Bagaimana mereka bisa antusias dan bisa mencapai target seperti yang telah mereka tetapkan? Pastinya mereka telah menguasai strategi bekerja produktif.

Orang produktif tentu memiliki rahasia sendiri dan mempunyai rutinitas harian atau ritual tertentu yang berbeda dengan orang lainnya. Pengukuran produktivitas kerja mereka selalu berbanding lurus dengan pencapaian yang mereka dapatkan. Mereka cenderung meniti karir dengan memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin. Lantas, apa saja kebiasaan orang sukses yang bisa meningkatkan produktivitas kerja?

7 Kebiasaan untuk Peningkatan Produktivitas Kerja

Buku yang dikarang Stephen R. Covey berjudul The 7 Habits of Highly Effective People membongkar rahasia yang harus Anda miliki jika ingin menjadi orang yang produktif. Buku ini juga sering digunakan para motivator dalam seminar dan hampir semua orang setuju dengan ajaran yang disampaikan Stephen R., Covey.

Buku ini pertama kali diterbitkan tahun 1989 dan telah terjual 25 juta eksemplar di seluruh dunia. Dalam buku ini menjelaskan pandangan Covey tentang cara Anda memandang dunia sepenuhnya didasarkan pada persepsi Anda sendiri. Untuk mengubah situasi tertentu menjadi lebih baik, Anda harus mengubah diri Anda. Untuk mengubah diri, Anda harus mampu mengubah pola pikir.

Covey menambahkan bahwa menjadi produktif adalah menjadi orang yang efektif dan efisien. Lantas apa perbedaan efektif dan efisien? Efektif menurut Covey, keseimbangan antara hasil yang diperoleh dengan mempertahankan proses untuk mencapai hasil tersebut. Sedangkan efisien, artinya berapa banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan menghemat waktu dan tenaga serta biaya.

Dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana kesuksesan bisa didapat dari etika kepribadian di mana kesuksesan hadir karena kepribadian seseorang, citra publik, sikap, dan perilaku. Hal ini berbeda dengan pemahaman sebelumnya yang menitik beratkan kesuksesan pada etika karakter yang meliputi keberanian, kerendahan hati, kesetiaan, keadilan, kesabaran, dan lain sebagainya. 

7 Kebiasaan untuk Memiliki Kinerja Produktif

Berikut rangkuman 7 kebiasaan yang dilakukan oleh orang produktif yang terdapat dalam buku Stephen R. Covey.

Be Proactive (Menjadi Proaktif)

Pada kebiasaan ini, Covey mengajarkan Anda bertanggung jawab atas pilihan Anda dan bagaimana cara Anda melanjutkan hidup. Anda memiliki kemampuan untuk mengaudit diri Anda sendiri, memutuskan bagaimana Anda menilai diri sendiri, dan situasi yang ada di sekitar Anda. Oleh itu, kebiasaan yang pertama diajarkan oleh Covey adalah jadilah proaktif.

Proaktif berbeda dengan reaktif. Orang reaktif cenderung mengambil sikap pasif yang berujung pembatasan diri. Sebaliknya, orang proaktif biasanya mengambil sikap positif untuk membuat dirinya tetap berada pada jalur pola pikir yang benar.

Contoh cara orang proaktif dan reaktif dalam merespon situasi adalah sebagai berikut:

  • Reaktif – Pekerjaan ini tidak cocok untuk saya.
  • Proaktif – Saya menerima tantangan ini dan mencari cara untuk menyelesaikannya.

Untuk bisa menjadi orang yang proaktif, Anda bisa fokus mengerjakan hal-hal yang Anda anggap mampu untuk diselesaikan.

Begin with the End in Mind (Mulailah dengan Tujuan Akhir)

Berusaha untuk menjadi lebih fokus tidak ada gunanya jika tidak tahu mengapa Anda melakukannya dari awal. Anda harus benar-benar menyadari tujuan akhir agar bisa menyelesaikannya dengan baik. Anda harus tahu, alasan Anda ingin lebih produktif di tempat kerja. Dengan cara ini, Anda bisa fokus dalam keadaan paling berisik sekalipun.

First Things First (Dahulukan yang Utama)

Anda harus fokus pada hal-hal yang menjadi prioritas Anda, dan yang memungkinkan Anda mencapai target yang telah ditetapkan. Jangan terganggu dengan hal-hal mendesak yang bersifat tidak penting. Kalau Anda ingin sukses, maka terapkan first things first ini dan bekerjalah dengan skala prioritas.

Think Win-Win (Berpikir Menang-Menang)

Berupaya untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan bagi Anda sendiri dan ketika Anda dalam hubungan dengan orang lain, baik dalam hubungan profesional, pekerjaan, project tertentu, dan sebagainya. Anda harus paham bahwa kemenangan untuk semua orang akan bertahan lama dibandingkan dengan kemenangan satu orang saja. Berpikir menang-kalah memang bisa membuat Anda merasa berhasil, namun akan berdampak negatif pada hubungan Anda dengan pihak yang satunya di masa yang akan datang.

Seek First to Understand, then to be Understood (Berusaha memahami lebih dulu baru dipahami)

Berusahalah untuk mendengar dengan empati, sehingga Anda bisa dipengaruhi oleh orang yang bercerita. Hal ini akan menimbulkan timbal balik, Anda juga dapat mempengaruhi mereka ketika Anda berbicara. Hindari interupsi jika pihak lain sedang menyampaikan permasalahan atau pendapat. Menumbuhkan rasa saling menghormati, saling peduli, dan dapat memecahkan masalah dengan positif perlu dilakukan dan dijadikan kebiasaan.

 

Sinergy (Sinergi)

Covey melihat bersinergi dengan orang lain adalah cara untuk merangkul perbedaan. Ketika Anda bersinergi dengan rekan Anda, maka Anda dapat mendengar satu sama lain, berempati, dan dapat bekerja sama untuk mencapai hasil yang maksimal.

Sharpen Saw (Mengasah Gergaji)

Mempertajam gergaji maksudnya Anda perlu fokus pada kesehatan. Dengan kata lain, menyeimbangkan energi yang dihabiskan untuk bekerja dengan waktu istirahat yang sesuai, makan teratur, berolahraga, dan tetap termotivasi, perlu terus dilakukan agar bisa bekerja dengan produktif. 

Memiliki produktivitas kerja yang tinggi memang keinginan setiap orang dan bisa dijadikan budaya kerja produktif yang dilakukan setiap hari. Oleh itu, Stephen R. Covey membagikan 7 kebiasaan yang bisa Anda lakukan untuk menjadi orang produktif, yaitu dengan cara menjadi proaktif, memiliki tujuan akhir, dahulukan prioritas, berpikir menang-menang, pahami orang lain terlebih dahulu, bersinergi dan mengasah gergaji atau fokus pada kesehatan diri. 

 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua