Unduh Aplikasi QuBisa
5 Tips Sukses Coaching yang Harus Anda Ketahui
Artikel
Teaching & Academics

5 Tips Sukses Coaching yang Harus Anda Ketahui

Punto Wicaksono05 May 233 menit membaca

Coaching merupakan kegiatan memberi suatu ilmu atau pemahaman dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan seseorang. Dalam mengajar atau memberi pemahaman pada orang lain juga tidak dilakukan sembarangan.

Trend coaching saat ini memang semakin meningkat. Meski pandemi, aktivitas coaching masih tetap bisa berjalan karena bisa dilakukan secara online atau virtual coaching. Kini, banyak juga pemula yang mulai berani menjalani pekerjaan satu ini. Baik pemula atau profesional, tentu penting mengetahui ilmu atau tips sukses coaching agar event berjalan lancar dan ilmu bisa sampai ke audiens dengan tepat, bahkan bisa direalisasikan dalam kehidupan.

Umumnya, coaching melatih seseorang untuk bisa bekerja dengan baik, menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri, beradaptasi dengan cepat, serta bisa mengaktualisasikan ide dan pemikirannya. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan ICF menunjukkan jika ada manfaat coaching pada bisnis, di antaranya bisa meningkatkan performa kerja hingga 70%, meningkatkan manajemen waktu sebesar 57%, meningkatkan manajemen bisnis sebesar 61%, serta meningkatkan efektivitas kerja tim sebesar 51%.

Tips Sukses Coaching untuk Bisnis atau Perusahaan

Coach yang baik harus bisa memberikan feedback serta mampu melakukan komunikasi dua arah, agar peserta yang mendengarkan dapat mengambil pelajaran yang disampaikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sesi coaching, mulai dari persiapan materi, pengenalan audiens, kebutuhan audiens akan personal growth dan team growth, dan sebagainya. Jika Anda seorang coach yang ingin memberi materi penting untuk peserta, lakukan tips berikut ini:

Tips Sukses Coaching

Memberi Kejelasan

Tips sukses coaching pertama, Anda perlu tahu materi apa yang dibutuhkan oleh audiens dan sampaikan materi tersebut dengan jelas, Maka, siapkan materi yang spesifik. Kemudian ketika memulai sesi, buatlah percakapan dengan pembukaan yang positif. Karena awal yang baik membuat acara coaching Anda lebih menyenangkan.

Fokus pada Perubahan Mindset dan Perilaku Peserta Coaching

Tips sukses lainnya, fokus pada perubahan mindset serta perilaku audiens. Buatlah peserta menyadari posisinya di tempat kerja agar mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, menyelesaikan target, serta memastikan SOP berjalan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan perusahaan.

Anda juga bisa memberi tema coaching karyawan yang dapat mengubah mindset mereka untuk menjadi pemimpin yang mempunyai karakter, emosi, dan kebiasaan yang baik. Sampaikan materi dengan baik agar pendengar bisa merealisasikan ilmu yang Anda beri dalam dunia nyata.

Konfirmasi

Konfirmasi dalam hal ini artinya Anda harus memperhatikan suasana coaching. Biasanya, saat penyampaian umpan balik suasananya akan lebih sensitif. Di saat yang sama, Anda juga perlu memperhatikan gerak tubuh dan perilaku para audiens, untuk mengetahui apakah mereka dapat diajak berdiskusi atau tidak.

Ajukan Pertanyaan ke Peserta

Untuk menghasilkan percakapan yang hebat, Anda bisa mengajukan pertanyaan yang bisa memancing antusias peserta. Anda bisa gunakan metode coaching menggunakan proses bertanya 3W & 1H yang efektif dalam sesi coaching. Mengajukan pertanyaan juga dapat membantu Anda membangun hubungan yang kuat dengan audiens. 

Dalam proses ini, jangan lupa perhatikan dengan baik, mana audiens yang mempunyai kemampuan bagus, memiliki rasa penasaran tinggi dan sikap positif, serta memiliki kemauan untuk mencari tahu lebih baik terkait materi yang sedang Anda bawakan. Untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa pula menerapkan performance coaching dengan konsep GROW model.

mengajukan pertanyaan yang bisa memancing antusias peserta

Lakukan Coaching di Waktu yang Tepat

Tips sukses coaching terakhir, lakukan coaching di waktu yang tepat. Anda bisa mempersiapkan waktu yang memungkinan semua audiens bisa hadir dan menyimak dengan penuh konsentrasi selama sesi coaching. Jangan lupa untuk melakukan coaching dengan penuh semangat dan optimistis. Rasa percaya diri dan optimistis serta semangat yang Anda bawa bisa membuat peserta coaching juga merasa semangat dalam menerima materi. 

Itulah 5 tips sukses coaching yang bisa Anda ketahui. Agar sesi coaching bisa berlangsung sukses dan memberi dampak sesuai harapan, Anda sebagai coach bisa melakukan upgrade skill secara rutin dengan mengikuti pelatihan coaching, meningkatkan presentation skill, belajar effective communication, dan sebagainya. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua