Verbal Vs NonVerbal dalam proses komunikasi

Microlearning

Dapatkan Poin Hingga 15

Dilihat 1184 kali

9 Apr 21

41

Dewi Rachmawati

Lecturer & Management at LSPR Communication & Business Institute

Selengkapnya Sembunyikan

Dalam menjalani kehidupan ini, pasti dibutuhkan komunikasi. Lalu apa yang dimaksud dengan komunikasi? Komunikasi adalah penyampaian makna, baik antara orang dengan orang, orang dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.

 

Proses komunikasi adalah adanya sesuatu yang akan disampaikan dari pengirim ke penerima. Proses komunikasi terbagi menjadi komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Dalam penelitian, komunikasi verbal hanya sekitar 35%. Sedangkan komunikasi nonverbal memiliki presentasi 65% karena lebih banyak digunakan dan bisa disampaikan dengan beragam cara.

 

Komunikasi verbal adalah penyampaian makna yang diucapkan langsung lewat mulut. Contoh komunikasi verbal ketika seseorang menyampaikan langusng suatu pesan kepada orang lain lewat ucapan. 

 

Sedangkan komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan ucapan, namun melalui facial expressions, tone of voice, movement, appearance, eye contact, gesture, dan posture. Contoh komunikasi nonverbal dapat terlihat lewat ekspresi wajah seseorang dalam suatu situasi. Lalu apa sajakah perbedaan komunikasi verbal dan non verbal? Temukan jawabannya dalam video microlearning pada aplikasi belajar online QuBisa berikut ini.

 

Sobat QuBisa, jangan lupa mempelajari kursus online gratis dan kursus online berbayar biaya terjangkau lainnya, untuk terus mengembangkan kemampuan dan skill seputar pengembangan diri dan pengembangan karir:

 

 

 

0 Komentar
Buat komentar kamu disini...
TUTUP
Ke Atas