3 Perilaku yang Mewarnai Komunikasi

Microlearning

Dapatkan Poin Hingga 15

Dilihat 1058 kali

12 Apr 21

34

Dewi Rachmawati

Lecturer & Management at LSPR Communication & Business Institute

Selengkapnya Sembunyikan

Komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan komunikasi pasti dilakukan oleh semua orang setiap harinya. Baik komunikasi dengan keluarga, komunikasi dengan lingkungan kerja, komunikasi negosiasi dan komunikasi lainnya.

 

Dalam proses mendapatkan win-win solution di suatu rapat atau negosiasi, biasanya akan terjadi 3 perilaku dalam komunikasi. Pertama, permisif. Apa arti permisif? Permisif adalah mementingkan orang lain dan mengorbankan kepentingan diri sendiri. Biasanya individu permisif kurang percaya diri dan tidak berani menghadapi konflik secara konstruktif. Kedua, agresif. Agresif adalah kebalikan dari permisif. Mereka akan mementingkan diri sendiri walau harus mengorbankan orang lain.

 

Ketiga, asertif. Apa itu asertif? Sikap asertif adalah respons terbaik, karena semua kepentingan terpenuhi tanpa mengorbankan siapa pun. Individu yang asertif biasanya memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 

 

Anda bisa mendapatkan berbagai macam tips tentang komunikasi yang baik dan dampak komunikasi dengan menyaksikan video microlearning di aplikasi belajar online QuBisa:

 

 

 

0 Komentar
Buat komentar kamu disini...
TUTUP
Ke Atas