Unduh Aplikasi QuBisa
15 point

Perbedaan Personal Branding dengan Pencitraan

2.9k views · 20 May, 2022

Share
Lively Academy

Lively Academy

Apakah personal branding dan pencitraan itu sama? Personal branding adalah citra yang dibangun seseorang untuk memperlihatkan keunikan yang dimiliki. Sementara pencitraan adalah cara membentuk citra mental pribadi. Personal branding dan pencitraan sebenarnya memiliki makna yang sama, tetapi sifatnya yang berbeda. Pencitraan dikenal sebagai hal yang negatif, sebab seseorang menciptakan sesuatu padahal tidak seperti kenyataan. Sebaliknya, personal branding merupakan proses kreatif yang dibangun secara positif dan sesuai dengan kenyataan yang ada.

Personal branding lebih patut untuk dilakukan ketimbang pencitraan. Apalagi saat ini personal branding menjadi strategi yang kuat dalam membangun image pribadi maupun usaha yang dijalani, seperti halnya mendaftar beasiswa. Saat ini, Anda bisa lolos beasiswa karena personal branding yang Anda ciptakan. Personal branding adalah sesuatu yang bertumbuh dan bisa ditumbuhkan. Hal ini tak berbeda dengan interview kerja yang mana pewawancara penerima beasiswa juga akan cek background para pendaftar.

Para calon mahasiswa akan dilihat seperti apa personal branding yang ditumbuhkan, apakah ia memiliki keahlian tertentu atau tidak memiliki pengalaman organisasi apa pun. Bisa jadi ini akan menghambat Anda untuk bertahan karena harus bersaing dengan ribuan orang. Oleh karena itu, penting memiliki kelebihan yang bisa ditumbuhkan dan diasah, sehingga menjadi trade mark.

Bagaimana membangun personal branding yang baik? Anda bisa melakukan storytelling. Storytelling adalah kegiatan menyampaikan cerita. Anda bisa mulai dengan menceritakan pengalaman-pengalaman Anda terhadap sesuatu. Bagaimana jika belum menemukan personal branding? Be yourself, personal branding bisa berkembang sehingga Anda tidak perlu takut. Jika belum menemukan personal branding yang sesuai, bukan berarti Anda gagal.

Ada berbagai tips menumbuhkan personal branding yang bisa Anda jadikan sebagai pembelajaran di platform e-learning QuBisa:

0Comments

no profile