Mekanisme Uji Kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Beserta Durasi Waktu

Microlearning

Dapatkan Poin Hingga 15

Dilihat 1669 kali

27 Aug 20

34

GNIK

Gerakan Nasional Praktisi HR Senior

Selengkapnya Sembunyikan

Untuk membuat praktisi MSDM di seluruh Indonesia kompeten harus diberikan pelatihan berbasis standard kompetensi. Ada beberapa tahapan pelaksanaan Uji Kompetensi yang biasa dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

 

Yang pertama adalah pemeriksaan bukti atau portofolio. Untuk mengecek apakah portofolio tersebut memenuhi kriteria yang berkualitas, maka dilakukanlah wawancara klarifikasi portofolio. Saat wawancara terasa belum cukup, selanjutnya diadakan observasi terhadap praktik sertifikasi kompetensi yang diakui.

 

Selanjutnya akan ada tes tertulis sertifikasi berupa latihan Uji Kompetensi, test lisan hingga penyelesaian kasus. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan keseluruhan proses adalah sekitar 2 hingga 3 jam, tergantung dari kompetensi dan sertifikasi yang diujikan.

 

Simaklah video berikut ini untuk lebih mengetahui tentang Uji Kompetensi di Lembaga Sertifikasi Profesi dan Lembaga Sertifikasi Kompetensi. Pelajari juga video lainnya seputar Pengembangan Karir pada platform belajar online QuBisa:

 

 

 

0 Komentar
Buat komentar kamu disini...
TUTUP
Ke Atas