Unduh Aplikasi QuBisa
Yuk, Kenali Penyebab Reading Slump dan Cara Mengatasinya
Personal Development

Yuk, Kenali Penyebab Reading Slump dan Cara Mengatasinya

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Pernahkah kamu mendengar istilah reading slump? Istilah yang terkenal di kalangan book lover ini menggambarkan kondisi seseorang yang kehilangan minat membaca buku atau kesulitan berkonsentrasi saat membaca buku. Yuk, kenali penyebab reading slump dan cara mengatasinya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Reading Slump?

Para pecinta buku biasanya akan meluangkan waktu khusus setiap hari untuk membaca buku. Bahkan di tengah kesibukan, saat menunggu antrian, atau dalam mobil saat melakukan perjalanan, kamu akan menemukan jeda waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk membaca. Bagi book lover, hidup akan terasa hampa jika tak membaca buku.

Suatu ketika, kamu bisa saja kehilangan minat untuk membaca, padahal tidak ada kegiatan lain yang sedang kamu lakukan. Atau ketika berusaha menyelesaikan satu halaman buku saja, kamu mengalami kesulitan untuk fokus. Jika kamu mengalami kondisi ini, bisa jadi kamu sedang mengalami reading slump. Reading slump adalah kondisi saat seseorang kehilangan motivasi untuk melakukan hal yang disukai, yaitu membaca buku.

Penyebab reading slump bisa bermacam-macam tergantung situasi dan kondisi yang sedang dihadapi oleh orang yang mengalami, misalnya: terlalu sibuk dengan rutinitas dan tumpukan deadline, manajemen waktu yang buruk, terlalu lelah, sedang ada masalah pelik yang harus segera diselesaikan, sedang stres, dan sebagainya. 

Penyebab berikutnya, perhatian kamu teralihkan dengan adanya kegiatan lain yang lebih menarik, seperti kecanduan gadget, lebih senang scrolling di media sosial, atau lebih asyik bermain games. Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi reading slump?

Tips Mengatasi Reading Slump

kehilangan minat untuk membaca

Distraksi Gadget dan Memanfaatkan Audiobook

Distraksi yang paling sering membuat orang malas membaca, salah satunya kebiasaan berselancar di media sosial, bermain game di ponsel, atau aktivitas lain yang menggunakan gadget. Bahkan saking tak terpisahkannya, kamu bisa mengalami stres dan merasa tertekan jika berjauhan dengan ponselmu. 

Jika kamu mengalami hal ini, maka kamu bisa mulai memanfaatkan audiobook. Cara ini membuat kamu tetap berdekatan dengan ponsel, bisa melakukan multitasking di ponselmu, sambil mendengarkan isi buku. Pengertian audiobook adalah rekaman isi buku yang dibacakan oleh seseorang atau sekelompok orang, dengan intonasi yang menarik dan menyenangkan. Dengan cara ini, siapa tahu kamu jadi termotivasi untuk kembali rutin membaca buku.

Bergabung dengan Komunitas Pembaca Buku

Ketika kehilangan semangat membaca buku, coba cari komunitas pembaca buku sesuai dengan genre yang kamu sukai. Misalnya, kamu suka membaca buku non fiksi, maka cari komunitas pembaca non fiksi. Bergabung dengan komunitas dan berinteraksi dengan sesama penyuka buku biasanya membantu untuk mengembalikan motivasi membaca buku.

Kamu bisa saling bertukar informasi mengenai buku terbaru, buku yang menarik untuk dibaca, atau malah mendapatkan tips mengatur ritme membaca buku agar tidak menimbulkan rasa bosan dan jenuh. Jangan lupa, ikuti pula kegiatan di komunitas yang biasanya seru, seperti bertukar buku, reading challenge, dan sebagainya. Ini cara terbaik untuk mengembalikan semangat kamu untuk kembali membaca buku.

membaca ulang buku favorit

Ganti Suasana Tempat Membaca

Mood yang kurang baik bisa berasal dari lingkungan atau suasana di sekitarmu dan membuat kamu jadi malas melakukan berbagai aktivitas, termasuk membaca. Jika sebelumnya kamu lebih sering membaca di kamar tidur, coba ganti tempat membaca, misalnya membaca di teras belakang ditemani segelas teh manis hangat atau kopi kesukaan. 

Sesekali, kamu juga bisa pergi ke perpustakaan wilayah yang ada di kotamu. Selain bisa menemukan bacaan lain selain koleksi yang kamu punya, siapa tahu kamu bisa bertemu sesama penyuka kegiatan membaca dan membaca buku bersama. Tempat lain yang bisa jadi pilihan, ada banyak kafe yang memang dibangun untuk pecinta buku. Biasanya, suasana kafe ini memang diatur untuk meningkatkan kenyamanan membaca. 

Baca Ulang Buku Favorit

Untuk memancing minat baca yang hilang agar kembali bersemangat, kamu bisa membaca ulang buku favorit. Jika terlalu berat membaca buku dengan teks yang padat dan jumlah halaman yang tebal, kamu bisa baca buku yang bahasannya ringan, seperti novel, kumpulan cerpen, kumpulan kisah inspiratif, san sebagainya. Atau pilih novel grafis saja yang lebih banyak ilustrasi menarik dan teks yang pendek, namun penuh motivasi.

Mencoba Eksplorasi Genre Baru

Salah satu penyebab reading slump bisa karena rasa bosan dengan jenis bacaan yang selama ini kamu baca. Membaca buku seharusnya menjadi kegiatan pengisi waktu luang yang kaya manfaat, memberi pencerahan, sekaligus penghiburan. Bahkan, buku bisa jadi pemberi solusi untuk masalah yang sedang kamu hadapi. Itu sebabnya, jangan biarkan kondisi reading slump mengikis habis kecintaanmu pada kegiatan membaca buku. 

Kalau butuh rekomendasi buku nonfiksi yang memotivasi, coba cari tahu lebih banyak ringkasan berbagai buku menarik dari video microlearning di aplikasi belajar online QuBisa ini: 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua