Unduh Aplikasi QuBisa
Waktu Terbaik Posting Jualan di WA
Artikel
Social Media Marketing

Waktu Terbaik Posting Jualan di WA

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Berjualan secara online dengan memanfaatkan berbagai media, termasuk berjualan di WhatsApp menjadi tren sekaligus solusi yang banyak digunakan orang di masa kini. Aplikasi perpesanan online itu bahkan sudah menjelma menjadi platform favorit untuk menawarkan barang atau jasa. Banyak pebisnis online bahkan berpendapat kalau berjualan di WhatsApp (WA) memiliki peluang yang sama tingginya dengan berjualan di e-commerce atau media sosial.

Peluang Bisnis Menggunakan WhatsApp

Terbukanya peluang bisnis online menggunakan WhatsApp berkaitan dengan banyaknya pengguna aplikasi milik Facebook tersebut. Tak main-main, dilansir Katadata terungkap fakta bahwa di tahun 2020 lalu, jumlah pengguna aktif bulanan atau Monthly Active User (MAU) aplikasi WA mencapai dua miliar pengguna di seluruh dunia

Sedangkan di Indonesia pada tahun 2019 lalu, ada sekitar 171 juta pengguna internet atau 64,4% dari seluruh total penduduk negeri ini. Dengan 83% di antara pengguna internet itu adalah pengguna WA. Fakta yang dilansir website resmi Kominfo ini tentu semakin menjadi penguat alasan kenapa banyak orang memilih berjualan online di WA.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa menjalankan bisnis online dan menghasilkan penjualan yang banyak menggunakan WhatsApp?

kapan waktu terbaik posting jualan di WhatsApp ada 3 waktu

Tips Laris Posting Jualan di WA

Pagi Hari Sebelum Beraktivitas

Saran waktu terbaik pertama untuk jualan di WhatsApp adalah di pagi hari. Anda sebaiknya posting jualan di WA antara pukul 05.00 - 06.00. Pada waktu ini, orang-orang yang baru bangun tidur akan langsung mengambil ponsel dan mengecek WA, sebelum mereka bersiap-siap untuk beraktivitas. Kemas postingan Anda dalam bentuk kalimat penyemangat, sapaan, atau kisah inspirasi. Gunakan strategi promosi secara soft selling untuk menarik perhatian dan minat mereka pada isi pesan yang Anda kirimkan. 

Baru sekitar pukul 07.00 - 08.00, unggahlah foto produk Anda di WhatsApp dengan menyebutkan keunggulan dan benefit apa yang akan orang dapatkan jika membeli produk Anda saat ini juga. Bagus lagi, kalau Anda menyertakan kode promo atau potongan harga yang akan mengundang mereka untuk sesegera mungkin melakukan pembelian produk atau memesan jasa yang Anda tawarkan.

Siang Hari Waktu Istirahat

Kalau melihat statistik di beberapa e-commerce, jam makan siang merupakan momen yang tepat untuk mempromosikan jualan. Ya, pada jam istirahat siang kebanyakan orang asyik membuka smartphone sambil beristirahat menikmati makan siang mereka atau segelas kopi, seraya berselancar di internet, atau membuka aplikasi WA pada bagian story WA. Maka, pilih konten visual yang memukau lengkap dengan harga dan sedikit keunggulan produk. Sertai pula penggunaan copywriting untuk meningkatkan penjualan.

Tips lain agar bisa sukses berjualan online menggunakan WhatsApp, pelajari teknik marketing melalui kursus online gratis maupun kursus online berbayar dengan harga terjangkau yang disediakan QuBisa.com, seperti:

membuka online shop dan tips jualan di whatsapp dengan memperhatikan waktu promosi

Sore Hari Ketika Bersantai

Kapan waktu terbaik posting jualan melalui WhatsApp berikutnya? Mungkin banyak yang sepakat bahwa sore hari adalah jawabannya. Dibandingkan pagi atau siang hari, sore hari sekitar pukul 15.00 - 18.00 ketika semua orang bersantai menjadi saat tepat untuk mempromosikan produk dengan prospek closing yang lebih baik. 

Sedangkan jika target konsumen Anda adalah Ibu Rumah Tangga, maka posting produk saat petang, yakni pukul 17.00 - 18.00 karena di waktu ini para ibu sudah dalam kondisi bersantai setelah menyiapkan makan malam, dan biasanya sekarang sedang duduk-duduk bersantai mainan ponsel sambil menunggu pasangan atau anak pulang ke rumah.

Malam Hari Jelang Tidur

Sama seperti kondisi di media sosial, malam hari juga bisa jadi pilihan pemilik online shop untuk menawarkan produk. Anda bisa memilih waktu untuk mengunggah produk jualan antara 19.00 hingga 21.00. Dalam waktu dua jam, upayakan memposting materi jualan yang langsung disambungkan dengan link media sosial atau marketplace, sehingga ketika calon konsumen berminat pada produk yang Anda tawarkan, mereka bisa langsung melakukan pembelian. 

Bagaimana? Tidak sulit bukan sebetulnya melakukan jualan di WhatsApp? Asalkan Anda tahu betul jam-jam potensial untuk berjualan, tentu saja akan memaksimalkan omzet. Ada banyak sekali kisah sukses penjual yang mampu membuat produknya laku keras padahal hanya melakukan promosi di WA, dengan strategi posting di jam-jam yang berkualitas. Jadi, pada pukul berapa Anda hendak berjualan di WA?

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua