webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

LIHAT DETAIL

Kenapa Upskill dan Reskill Sangat Penting?

Career Development | 23 Jul 6 menit membaca
Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu
Selengkapnya Sembunyikan
Kenapa Upskill dan Reskill Sangat Penting?

Kembali lagi pada narasi bahwa kehidupan setelah pandemi Covid-19 berakhir akan benar-benar berubah dan sudah pasti makin canggih. Hal ini karena masyarakat dunia makin terbiasa dengan internet, dan sudah tersedia banyak sekali penyedia kursus online gratis bertebaran. Daripada menjadi tidak produktif, Anda bisa memanfaatkan waktu di rumah saja lewat kegiatan upskill serta tentunya reskill.

Alasan Kenapa Upskill dan Reskill Penting

Supaya Anda makin yakin, berikut adalah sejumlah alasan kenapa kegiatan peningkatan dan mempelajari keterampilan diri ini sangat penting:

Mengenal Potensi Diri

Alasan pertama kenapa Anda harus mulai mempelajari keterampilan baru adalah bisa membuat Anda makin paham kekuatan yang ada di dalam diri. Ada banyak sekali manusia yang gagal bersaing hanya karena merasa rendah diri, dan tak mempunyai kelebihan. Padahal faktanya, setiap orang punya potensi diri masing-masing yang butuh diasah lebih atau melakukan tahapan upskill dan reskill supaya makin menonjol.

Misalkan saja Anda sangat gemar menulis. Sehari-hari menuliskan pengalaman atau melakukan penilaian di sebuah blog pribadi. Anda kemudian mencoba memberanikan diri untuk mengikuti lomba blog, tapi masih saja gagal oleh orang lain. Merasa tidak bakat dalam menulis? Belum tentu. Karena bisa saja kemampuan menulis Anda yang belum maksimal dan tidak diarahkan secara tepat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti kelas menulis atau blogging online, mulai dari belajar menulis buku, mengapa menulis buku, bagaimana caranya. Atau bisa pula belajar bagaimana cara membuat konten menjadi viral, baik secara tulisan dan visual. Termasuk bagaimana cara agar blog dilirik Google, yang akhirnya membuat blog makin tinggi pengunjungnya. Hal-hal ini bisa disebut sebagai upskill dalam bidang kepenulisan.

Persaingan dunia kerja semakin luas

Bersaing di Lingkungan Lebih Luas

Ada yang bilang kalau ingin maju dan berkembang, harus tinggalkan zona nyaman. Kondisi ini berlaku di dunia kerja, di mana Anda dibebaskan masuk ke perusahaan lain yang skala bisnisnya lebih luas. Hanya saja supaya bisa bersaing di antara para pencari kerja, keterampilan yang Anda miliki harus lebih baik lewat proses reskill dan upskill yang tentunya sangat membantu.

SDM Makin Berkualitas

Ada dua orang yang sama-sama lulus dari perguruan tinggi yang sama dan di tahun ajaran yang sama. Namun ketika kedua orang ini melamar pekerjaan, tentu yang punya keterampilan lebih baik dan berkualitas bakal dipilih perusahaan. Bagaimana untuk menjadi seseorang yang punya kualitas lebih baik? Melalui tahapan reskill atau upskill yang tepat.

Berikut ini beberapa microlearning dan kelas pengembangan karir yang tersedia di QuBisa.com, dan bisa membantu Anda untuk mempelajari skill baru atau meningkatkan keahlian yang sudah ada, misalnya:

Memiliki Kemampuan Berbahasa Asing

Merasa kalau kemampuan bahasa Inggris dan nilai ujian bagus sudah lebih dari cukup? Mungkin kalau lingkupnya hanya jenjang sekolah menengah, itu sudah cukup. Tetapi kalau target Anda adalah ingin kuliah hingga bekerja di luar negeri, bahasa Inggris tidak bisa jadi patokan. Anda bisa melakukan tahapan reskill dengan cara mempelajari keterampilan baru.

Contohnya, Anda ingin bekerja atau kuliah di Jepang, ada baiknya mempelajari bahasa Jepang baik dalam urusan speaking atau writing. Dengan begitu, peluang untuk bisa bertahan hidup di Jepang lebih besar daripada cuma mengandalkan bahasa Inggris. Tak cuma bahasa, Anda juga bisa mempelajari masakan-masakan Jepang dan budaya supaya mempercepat kemampuan beradaptasi dan bertahan hidup.

Pentingnya reskilling untuk diri Anda

Bagaimana? Sudah percaya kalau upskill dan reskill itu sangat penting? Untuk itulah jika Anda ingin bisa bersaing di lingkungan yang lebih luas, mempunyai kualitas diri yang lebih baik, mampu bertahan dan percaya pada diri sendiri. Segera pelajari dan tingkatan keterampilan diri sendiri dengan mengikuti kursus online gratis, kursus online berbayar, paket pelatihan, dan webinar gratis yang secara rutin diselenggarakan platform belajar online terbaik QuBisa. Ini adalah satu-satunya cara agar Anda makin istimewa di mata orang lain.

Artikel Terkait

Ke Atas