Unduh Aplikasi QuBisa
Tampil Formal dengan Tutorial Hijab yang Mudah
Artikel
Beauty & Makeup

Tampil Formal dengan Tutorial Hijab yang Mudah

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 236 menit membaca

Sebagai perempuan berhijab, Anda pasti menginginkan tampil sopan, namun tetap modis. Lalu, masalah muncul saat Anda harus menghadiri acara formal yang menuntut performa maksimal. Selain butuh persiapan khusus, model hijab yang tidak bervariasi pasti membuat Anda bosan. Sebenarnya, mendapatkan tampilan modis saat menghadiri acara formal bukan hal yang sulit. Anda bisa mencoba tips dan  tutorial hijab formal yang mudah berikut.

Tips Tampil Modis dalam Balutan Hijab Formal

Perhatikan Paduan Warna secara Keseluruhan

Agar tampil stylish saat berhijab, Anda bisa memilih paduan warna yang serasi antara hijab dengan outfit yang dikenakan. Anda juga dapat menggunakan bantuan color wheel atau roda warna agar lebih mudah dalam menentukannya.

Color wheel merupakan lingkaran warna yang terdiri dari warna primer, sekunder, dan tersier. Ada beberapa metode mengkombinasikan warna pakaian menggunakan bantuan roda warna yang dapat dipilih, di antaranya:

  • Padukan warna yang letaknya bersebelahan, misal kuning dengan oranye atau jingga.
  • Bisa juga memadukan yang posisinya berseberangan, seperti hijau dan merah. Namun, untuk menghindari kesan heboh, Anda bisa menggunakan warna turunannya. Misalnya hijau muda dengan merah yang cenderung gelap, seperti burgundy, merah anggur.
  • Pilihan lainnya adalah memadukan yang letaknya membentuk sudut 90 derajat, seperti warna hijau dengan kuning.

Selain menggunakan bantuan color wheel, Anda bisa menggabungkan sesama warna monokrom dalam tampilan Anda. Tak harus memadukan warna hitam dan putih, paduan warna biru muda dengan warna biru tua juga tepat. Paduan warna yang tepat pada pakaian Anda dapat meningkatkan percaya diri melalui self esteem.

Tambahkan Aksesoris Pendukung

Penambahan aksesoris saat berbusana muslim dalam nuansa hijab formal sangat membantu mempermanis penampilan. Soal ukuran aksesoris, Anda bisa menyesuaikan dengan selera atau kesukaan Anda. Hanya saja, Anda harus memperhatikan penggunaannya. Jangan sampai semua aksesoris digunakan dalam waktu bersamaan. Ini mencegah Anda menghadirkan kesan berlebihan. 

Perlu Anda ingat, saat Anda nyaman menggunakan sesuatu, otomatis rasa percaya diri akan meningkat, terpancar dengan sendirinya. Anda juga harus memperhatikan tentang Corporate Grooming for Woman. Selain itu, pemilihan warna favorit akan mencerminkan kepribadian Anda, termasuk warna aksesoris yang dipilih.

Gunakan Make Up yang Tepat

Sebagai upaya dalam menambah rasa confident Anda, jangan lupa memperhatikan riasan wajah. Untuk menutupi ketidaksempurnaan kulit, misal tekstur yang tidak rata atau kulit yang sedang mengalami inflamasi akibat jerawat, Anda dapat menutupinya dengan produk make up yang tepat.

Berbagai produk beauty dan make up, seperti cushion, BB cream, CC cream juga bisa diandalkan saat acara formal berlangsung dalam waktu yang tidak terlalu lama. Misal sesaat setelah pulang kerja. Cushion dapat dipakai seperti bedak padat, namun dengan kemampuan coverage seperti menggunakan foundation. Begitupun BB cream dan CC cream.

Padu padankan outift dan hijab yang digunakan

Perhatikan Kenyamanan saat Berhijab

Kenyamanan adalah faktor utama agar Anda percaya diri dalam setiap penampilan. Terlebih saat acara formal yang juga dihadiri oleh tokoh penting. Pastikan Anda menggunakan hijab yang tidak licin agar bentuk hijab tak mudah berubah. Mengenakan hijab yang licin berpotensi membuat rambut Anda keluar, sehingga mengganggu penampilan.

Tak hanya menghindari hijab formal yang licin, pastikan saat Anda mengikat hijab ke leher, Anda membuatnya tidak terlalu kencang, serta gunakan pakaian dengan ukuran yang pas. Lebih baik jika longgar, agar memudahkan Anda bergerak.

Perhatikan Bahan Hijab Sesuai dengan Tema Acara

Saat menghadiri acara formal, Anda dapat menggunakan hijab yang memiliki karakteristik berkilau atau beraksen manik, sehingga hijab akan menampilkan kesan mewah. Kemudian bahan hijab yang terasa dingin, ringan dan tak mudah kusut. Pilihlah kain yang berasal dari serat alam. Beberapa contoh serat alam yang bisa Anda pilih, yaitu kain sutra asli dan tencel. Dengan begini Anda bisa menampilkan Clean Hijab Formal.

Tips Tetap Nyaman Saat Memakai Hijab Segi Empat

  • Gunakan dalaman jilbab dengan ukuran pas. Ukuran ciput terlalu sempit bisa membuat kepala pusing.
  • Siapkan jarum pentul kecil dengan ujung tajam. Ujung tajam akan mudah ditusukkan tanpa berpotensi merusak kain. Sementara ukuran kecilnya akan membuat kesan lebih rapi.
  • Gunakan scrunchie untuk mengikat rambut. Selain mengikat rambut agar tidak berantakan, scrunchie juga dapat menyeimbangkan tampilan wajah dan kepala bagian belakang.

Tutorial Hijab untuk Acara Formal yang Clean dan Simple

Tampil gaya dengan hijab segi empat saat datang ke acara formal cukup mudah dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Lipat hijab segi empat menjadi bentuk segitiga, kenakan seperti biasa dengan sisi kanan lebih pendek dibanding sisi kiri. 
  • Ambil hijab sisi kanan, lingkarkan ke bagian dalam hijab.
  • Ambil bagian depan sisi kiri, rentangkan, satukan kedua ujung yang telah direntangkan di bagian belakang. 
  • Sematkan bros dan rapikan.
menggunakan hijab segiempat

Alternatif lain gaya hijab dengan aksen pita pada model hijab segitiga:

  • Pasang hijab segi empat seperti biasa sebagai langkah awal.
  • Tarik salah satu ujung hijab ke belakang, ikat bagian belakang agar memberikan kesan clean.
  • Letakkan sisa ujung hijab tersebut di depan dan buat bentuk pita.

Ketiganya akan memberikan tampilan hijab clean, klasik, dan rapi, sehingga cocok untuk acara formal. Nah, kini Anda  tak perlu bingung lagi karena sudah mendapatkan tutorial hijab yang cocok untuk menghadiri acara formal. 

Jika Anda menginginkan referensi lainnya terkait penampilan formal, cobalah mempelajarinya melalui kursus online gratis dan webinar online di QuBisa. Misalnya saja, How to Look Good on Camera, Corporate Grooming for Man, penampilan saat menghadiri wawancara kerja, dan kiat simpel menjaga kesehatan kulit.

QuBisa merupakan platform belajar online yang menyediakan berbagai paket kursus pengembangan diri, dan kursus leadership online yang membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan digital milenial, dan soft skill to power kill.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua