Unduh Aplikasi QuBisa
Network Engineer: Tugas dan Tanggung Jawabnya
Artikel
Network & Security

Network Engineer: Tugas dan Tanggung Jawabnya

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Tugas dan tanggung jawab network engineer adalah mengelola dan memastikan stabilitas jaringan internet dalam sebuah perusahan. Posisi network engineer sangat penting dalam perusahaan dan dibutuhkan demi mencegah sekaligus menyelesaikan permasalahan terkait kendala jaringan.

Pengertian Network Engineer

Apa itu network engineer? Profesi network engineer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, membangun, hingga mengelola jaringan untuk memastikan jaringan internet maupun lokal net di perusahaan dapat bekerja dengan baik. 

Seorang network engineer harus memahami dan menguasai skill seputar IT, seperti bahasa pemrograman sederhana, IoT (Internet of Thing), bandwidth management, dan lain sebagainya. Pekerjaan dari seorang network engineer juga biasanya berhubungan dengan jaringan, seperti server, router, switch, dan firewall. Secara umum, berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab network engineer.

Tugas dan Tanggung Jawab Network Engineer

mengorganisasikan setiap jaringan yang dibutuhkan

Membuat Desain Jaringan

Membuat desain jaringan atau network architecture adalah salah satu tugas dan tanggung jawab profesi network engineer. Pada tahapan ini, Anda akan diminta untuk membuat kerangka dari mulai komponen fisik yang dibutuhkan, bagaimana cara mengorganisasikan setiap jaringan yang dibutuhkan, dan konfigurasi fungsional dari masing-masing jaringan yang akan digunakan.

Selain itu, Anda juga harus mampu mengkomunikasikan kepada pihak perusahaan untuk mengetahui kebutuhan jaringan untuk semua individu, bagian, divisi, bahkan hal lain dalam kelancaran penggunaan jaringan secara umum. Hal ini guna menghindari jaringan yang down saat digunakan. Anda juga diharuskan mampu mempresentasikan panduan penggunaan yang benar untuk mencegah kesalahan penggunaan jaringan. 

Bertanggung Jawab Terhadap Jaringan 

Seorang network engineer bertugas dalam segala hal terkait pemasangan dan konfigurasi peralatan jaringan, termasuk di dalamnya akselerator WAN, LAN, server proxy, router, DHCP, DNS, dan lain-lainnya. Jika terjadi masalah, tentu saja Anda yang akan bertanggung jawab untuk mencari sumber masalah dan mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan secepat mungkin. 

Seorang network engineer juga harus memberikan laporan secara berkala kepada pihak yang berwenang di perusahaan untuk pemantauan dan mempermudah saat controlling, sehingga adanya kerusakan jaringan dapat segera terdeteksi dan dibenahi.

menciptakan jaringan yang efisien dan aman

Menciptakan Jaringan yang Efisien dan Aman

Tugas dan tanggung jawab network engineer selanjutnya adalah menciptakan jaringan yang efisien dan aman. Pada beberapa perusahaan, kendala utama penggunaan jaringan internet yang aman adalah tingginya biaya yang harus dikeluarkan. 

Kebanyakan penggunaan jaringan internet yang aman memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan yang biasa saja. Otomatis biaya operasional penggunaan dan perawatan jaringan akan mempengaruhi neraca keuangan perusahaan. Oleh karena itu, perlu ditemukan alternatif lain. Hal inilah yang kemudian perlu dipikirkan network engineer untuk menciptakan jaringan internet yang efisien, tidak berbiaya mahal, tetapi tetap aman dalam penggunaannya. 

Saat ini, sudah cukup banyak perusahaan yang akhirnya menciptakan sistem keamanan jaringan sendiri yang mampu melindungi karyawan pengguna jaringan internet dan data-data penting perusahaan.

Pengadaan Logistik

Profesi network engineer juga bertanggung jawab terhadap keseluruhan pengadaan logistik dalam menunjang penggunaan jaringan internet perusahaan, termasuk di dalamnya berhubungan dengan supplier peralatan jaringan dalam skala besar.

Terdapat 3 hal utama sebagai dasar pertimbangan dalam pembelian peralatan penunjang jaringan internet, di antaranya yaitu kualitas alat yang akan dibeli, lama waktu penggunaan alat yang akan dibeli atau usia maksimal alat,serta biaya, termasuk didalamnya biaya pembelian dan perawatan alat. Apabila telah memenuhi ketiga pertimbangan tersebut calon supplier dapat diajukan untuk bekerja sama dengan perusahaan. 

Tugas dan tanggung jawab network engineer tidak dapat dianggap sepele karena terkait kelancaran pekerjaan dari karyawan lain. Penguasaan keterampilan digital sangat dibutuhkan di era disrupsi ini. Jika Anda tertarik menekuni profesi network engineer, sebaiknya Anda mulai mempelajari kompetensi apa saja yang dibutuhkan agar dapat menjadi network engineer yang handal.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua