Unduh Aplikasi QuBisa
Trend Bisnis Online di Tahun 2022 yang Wajib Anda Tahu
Artikel
Entrepreneurship

Trend Bisnis Online di Tahun 2022 yang Wajib Anda Tahu

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Dua tahun terakhir, terutama saat Indonesia berada dalam masa pandemi Covid-19, trend bisnis online mengalami peningkatan yang signifikan. Banyak pelaku usaha mulai mengalihkan arah bisnisnya dari offline menjadi online. Di saat yang sama, konsumen yang terpaksa harus di rumah saja akhirnya lebih memilih berbelanja secara online.

Di tahun ini, tahun 2022, peluang bisnis online masih terbuka lebar dan menjanjikan peluang keuntungan besar pula. Jika Anda pemilik bisnis dan hendak memulai bisnis online di era digital, Anda perlu memilih dan menentukan jenis bisnis yang sesuai dengan kondisi pasar. Kira-kira bisnis online tahun 2022 ini apa saja yang menjanjikan dan bisa menghasilkan keuntungan besar?

Trend Bisnis Online yang Menjanjikan Keuntungan di Tahun 2022

Produk Hobi

Di tengah situasi pandemi, banyak sekali perubahan yang terjadi di dalam masyarakat. Berbagai hobi baru pun bermunculan karena adanya social distancing. Keberadaan berbagai hobi akhirnya membuka peluang bisnis baru yang menguntungkan di tahun 2022. Dengan kata lain, kalau saat ini Anda hendak merintis dan memulai bisnis baru, Anda bisa mencoba menjual produk yang berhubungan dengan hobi tertentu yang saat ini sedang digemari banyak orang.

Misalnya, saat ini banyak yang gemar berkebun karena WFH membuat mereka punya banyak waktu luang di rumah. Anda bisa membuka bisnis yang produknya berupa perlengkapan berkebun, bibit tanaman, berbagai jenis pot lucu, dan sebagainya. Atau karena saat ini kesadaran menjaga kebugaran tubuh menjadi trend baru dalam masyarakat, maka memulai bisnis yang menjual perlengkapan dan peralatan olahraga memungkinkan Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih menjanjikan.

Prinsipnya, Anda bisa pilih jenis hobi yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat. Mereka pasti akan membutuhkan benda-benda yang bisa menunjang hobi tersebut.

trend bisnis online tahun ini salah satunya menjual peralatan berkebun

Kuliner

Perkembangan bisnis kuliner juga masih sangat pesat dan menjadi salah satu produk favorit, mengingat makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Untuk bisa sukses menjalankan bisnis kuliner, syaratnya Anda harus bisa menciptakan produk yang menarik, enak, sehat, harga terjangkau, dan kemampuan mengelola serta menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

Lakukan survey dan cari tahu kebutuhan masyarakat luas atau permasalahan yang mereka hadapi. Jadikan produk Anda sebagai solusi yang membantu konsumen menyelesaikan masalah sekaligus memenuhi kebutuhan mereka. Apalagi sekarang jasa ekspedisi semakin lengkap dan canggih. Produk kuliner bisa dijual ke berbagai daerah dengan metode pengiriman yang cepat dan terpercaya. Otomatis, jangkauan pemasaran bisnis Anda pun jadi semakin luas sehingga bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan.

Untuk Anda yang baru memulai bisnis, ada beberapa microlearning yang bisa Anda pelajari di aplikasi belajar online QuBisa, terkait bisnis, di antaranya:

peluang bisnis terbaru produk kesehatan dan kuliner makanan sehat

Produk Kesehatan

Masa pandemi yang berlangsung amat panjang membuat masyarakat lebih concern dengan masalah kesehatan, menerapkan pola hidup sehat, dan pola makan sehat, demi meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya hal ini akan memengaruhi tren bisnis 2022 di mana produk kesehatan menjadi sangat diminati. Jenis produknya pun bisa sangat bervariasi, mulai dari minuman kesehatan, makanan sehat, katering diet, dan sebagainya. Nah, Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu, kebutuhan produk kesehatan mana yang sangat dibutuhkan masyarakat, namun masih sedikit pelaku usaha yang menyediakan produknya.

Layanan Jasa

Ide bisnis tahun 2022 yang memiliki kemungkinan mendapatkan keuntungan besar adalah layanan jasa. Bukan menghadirkan produk berupa barang, namun jenis bisnis ini lebih berfokus pada menyediakan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, jasa kebersihan atau disinfektan. Apalagi di zaman yang serba cepat seperti sekarang, kebanyakan orang cenderung memilih sesuatu yang mudah dan praktis. Itulah mengapa layanan jasa akan memiliki banyak peminat. Contoh lainnya, jasa antar makanan, jasa titip belanja, jasa kirim produk kuliner, dan lain sebagainya. 

Bisnis Hampers

Pilihan bisnis lainnya yang bakal jadi bisnis online favorit di tahun ini adalah bisnis hampers. Peluang bisnis ini memang sudah terbuka lebar sejak beberapa tahun lalu. Namun di tahun 2022 ini tampaknya bisnis hampers akan semakin melambung. Salah satu alasannya, adanya pengaruh tren saling memberi hampers di berbagai momen spesial.

Apalagi sekarang media sosial semakin ramai digunakan. Banyak orang membagikan foto hampers yang diterima lewat media sosial. Ini membuat tren bagi-bagi hampers semakin merebak dan jasa yang menyediakan layanan pembuatan hampers akan semakin dicari.

Itulah 5 pilihan bisnis tahun 2022 yang dinilai punya peluang besar dan bisa mendatangkan keuntungan. Tentunya semua ide bisnis ini tak akan ada artinya jika tidak dimulai dan dikelola dengan baik. Pengelolaan yang baik akan sangat membantu bisnis berkembang pesat dan mendatangkan lebih banyak keuntungan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua