Unduh Aplikasi QuBisa
Transformasi Teknologi dan Digital Mindset
Artikel
IT Development

Transformasi Teknologi dan Digital Mindset

Monica Anggen24 Jan 234 menit membaca

Era digital dengan perkembangannya yang pesat seperti sekarang, sering kali dikenal sebagai transformasi teknologi digital. Istilah ini mengacu pada berbagai aspek, termasuk teknologi dalam berbisnis, industri, pemerintahan, hingga UMKM. Transformasi tersebut menjadi suatu efek dari perkembangan teknologi yang disertai digital mindset.

Masa tersebut merupakan perubahan dari suatu sistem yang mulanya berjalan konvensional. Melalui transformasi digital yang semakin modern, hampir seluruh bidang industri mengalami berbagai peningkatan. Hal ini bisa dilihat melalui sisi efektivitas maupun efisiensi, operasional hingga anggaran perusahaan. 

Hubungan transformasi teknologi dan digital mindset juga mampu mengubah aspek perolehan informasi, proses produksi, hingga pemanfaatan kembali. Itulah pentingnya, mengapa Anda harus mengenali dan memahami bagaimana mindset digital.

Kenali Apa Itu Digital Mindset

Digital mindset sering kali diartikan sebagai pemanfaatan teknologi untuk media eksplorasi. Pemanfaatan transformasi tersebut menjadi upaya untuk mencapai mindset yang lebih maju. Salah satu media teknologi yang menunjang dan menjadi kunci inovasi adalah platform digital. 

transformasi teknologi

Beberapa dari Anda mungkin beranggapan bahwa melakukan inovasi maupun perubahan teknologi adalah hal yang sulit. Tapi bagi Anda yang paham mengenai mindset digital, tentu beranggapan bahwa mempelajari inovasi adalah hal yang sederhana dan diperlukan untuk menambah keterampilan sukses milenial dan keterampilan digital milenial.

Contohnya saja ketika ada generasi X yang mengalami kesulitan saat belajar menggunakan teknologi. Bahkan mereka pun mulai belajar dari sang anak yang umumnya generasi milenial dan generasi Z yang sudah paham akan penggunaannya. 

Situasi ini menggambarkan tentang adanya kesenjangan teknologi antar generasi. Di mana terdapat perbedaan kenyamanan dan penguasaan di dalamnya. Apalagi ketika suatu generasi cenderung masih berusaha beradaptasi dan generasi lain berkembang dengan sendirinya. 

Namun, lain halnya dengan sekarang ini, ketika hampir semua orang sudah bisa akses digital. Meski pada kenyataannya, tidak semua orang paham dan mampu mengembangkan mindset digital. 

Mindset seperti ini dimiliki oleh individu yang tertarik dengan inovasi terkait teknologi informasi. Sebagai contoh, ketika zaman dulu belum ada platform media sosial, big data analytics dan artificial intelligent, cloud, hingga robot yang terdistorsi seperti sekarang ini. 

Kesiapan Transformasi Teknologi dan Digital Mindset

Transformasi teknologi yang ada saat ini memang berkembang pesat. Namun, keberadaan teknologi bukanlah patokan dari transformasi. Melainkan, diperlukan pola pikir yang tepat untuk bisa berubah dan beradaptasi. 

Maka dari itu, dibutuhkan tools untuk mencapai transformasi digital, yang salah satunya bisa memanfaatkan teknologi. Pemanfaatan teknologi yang tepat akan membuat keberadaannya bisa dijadikan media berinovasi. Siapa pun harus selalu ahead of the curve dan bukan hanya menggunakan teknologinya saja. 

Namun, adaptasi ini harus memiliki perubahan dalam banyak aspek. Seperti halnya produktivitas bisnis yang naik, income meningkat, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, maka sangat penting untuk memahami konsep inovasi yang bisa saja terjadi setiap saat. 

Jadi tinggalkanlah ide yang pertimbangannya memerlukan waktu sangat lama. Jangan sampai ide tersebut sudah tidak lagi sesuai atau relevan dengan perkembangan zaman. Selain itu, Anda juga harus menyelami bagaimana kebutuhan dan hal-hal penting yang terjadi sekarang.

Misalkan saja di bidang bisnis yang melibatkan kebutuhan pelanggan. Pastikan bahwa Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan terkini. Memang, mewujudkan digital mindset bukanlah hal yang mudah. Diperlukan waktu pembelajaran dan proses adaptasi hingga siap untuk menerapkan dan mencoba inovasinya.

pola pikir digital mindset

Namun yang pasti kita harus selalu memiliki pola pikir untuk berkembang dan terbuka terhadap hal-hal baru. Termasuk mengenai transformasi teknologi saat ini yang hampir tidak bisa dihindari di zaman modern seperti sekarang. 

Anda bisa #BelajarGakRibet dengan QuBisa terkait transformasi teknologi dan digital mindset ini melalui kursus online dan webinar gratisnya. Ada juga program QuBisa Goes to Campus yang cocok untuk mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebelum masuk ke dunia kerja.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua