Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Traveling yang Aman dan Menyenangkan
Artikel
Travel

Tips Traveling yang Aman dan Menyenangkan

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 234 menit membaca

Traveling secara mandiri tanpa menggunakan agen perjalanan tentu saja bisa dikatakan menguntungkan, meski kadang agak riskan. Ya, di satu sisi traveling secara mandiri atau menjadi backpacker lebih menghemat biaya dalam membayar jasa penyedia travel atau jasa pemandu wisata. Hanya saja, traveling secara mandiri ini butuh persiapan matang kalau tak ingin perjalanan jadi berantakan. 

Dengan kata lain, Anda perlu mempersiapkan segalanya dengan baik ketika hendak bepergian seorang diri atau bersama keluarga. Persiapan yang perlu dilakukan, mulai dari peralatan traveling, lokasi tujuan yang jelas, penginapan, harga makanan di lokasi wisata, dan segala kemungkinan lainnya. 

Nah, bagaimana tips melakukan perjalanan seru dengan aman dan nyaman? Berikut tips traveling yang harus diketahui sebelum bepergian jauh ke luar kota, luar pulau, atau bahkan ke luar negeri.

Tips Traveling Agar Perjalanan Lancar

Atur Barang Bawaan

Tips traveling mudah, aman, dan nyaman yang pertama, Anda harus pandai dalam membawa barang bawaan. Apalagi jika menggunakan maskapai penerbangan. Jangan sampai bagasi Anda terlalu membludak. Hal ini bisa membuat Anda mengalami kelebihan muatan dan terkena charge tambahan. Atur barang bawaan sesuai lamanya Anda menghabiskan waktu bepergian. Lalu, siapkan juga space untuk kemungkinan membeli oleh-oleh yang akan Anda bawa dari lokasi berlibur.

Pergi Saat Bukan Musim Liburan

Tips bepergian mudah dan murah, pergilah di saat bukan musim liburan, karena ini bisa menghemat budget sekaligus menambah kenyamanan. Apalagi saat Anda pergi ke tempat liburan terkenal, yang mana pada musim liburan cenderung terlalu padat. Berlibur bukan saat musim libur juga bisa membuat Anda bisa lebih menikmati lokasi wisata secara private, tak perlu mengalami kemacetan, terlalu penuh manusia, dan harga tiket perjalanan pun jauh lebih murah.

Persiapkan Detail Lokasi Tujuan

Tips traveling menyenangkan selanjutnya, Anda perlu membuat itinerary atau daftar kegiatan dan detail lokasi wisata yang ingin dikunjungi. Misalnya, Anda ingin mengunjungi kota Yogyakarta selama satu minggu, maka Anda harus membuat list atau daftar objek wisata mana yang akan dikunjungi. Jangan sampai ketika baru tiba di Yogyakarta, Anda baru menyiapkan atau memilih akan bepergian ke mana. Hal ini akan membuang waktu liburan dengan sia-sia.

Merencanakan detail setiap rencana perjalanan saat travelling

Siapkan Dana Cadangan

Ketika berlibur sendirian atau bersama keluarga, baik di Indonesia bahkan menjadi backpacker international di luar negeri, Anda harus tetap miliki dana cadangan. Uang saku cadangan sangat penting untuk disiapkan jika ingin bepergian nyaman. Jangan sampai Anda mengalami kekurangan uang untuk makan, jalan-jalan ke objek wisata, menyewa penginapan, bahkan ongkos pulang. 

Dana cadangan juga bisa membantu ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya kecelakaan yang tidak ditanggung asuransi. Apalagi jika Anda bepergian di masa pandemi seperti sekarang ini.

Tentukan Lokasi Menginap, Akomodasi, dan Transportasi Jauh-jauh Hari

Tips terakhir untuk membuat liburan Anda menyenangkan adalah dengan menentukan lokasi menginap, akomodasi, dan transportasi yang akan digunakan selama liburan dari jauh-jauh hari. Bahkan jika perlu, Anda sudah membuat rencana detail lengkap dengan anggaran biayanya. Contohnya, kendaraan mulai dari berangkat, selama di tempat liburan, hingga pulang kembali harus menjadi satu perhatian ekstra. Jangan lupakan juga untuk selalu mengecek harga hotel menginap dan lakukan booking agar tak mendapatkan harga mahal.

Bagaimana? Kini Anda sudah punya gambaran lengkap mengenai persiapan yang perlu dilakukan saat hendak bepergian ke luar daerah atau luar negeri karena sudah ada tips traveling di atas yang bisa dijadikan rujukan. 

Jika Anda ingin rutin pergi berlibur tanpa mengganggu keuangan untuk kebutuhan sehari-hari, maka Anda perlu belajar mengelola keuangan. Baik itu keuangan pribadi, maupun keuangan keluarga. Anda bisa mempelajarinya melalui kursus online Tips Jitu Mengelola Keuangan Pribadi secara Efektif seharga Rp. 80.000,- di QuBisa.

Platform belajar online QuBisa juga menyediakan berbagai kursus online gratis, dan webinar pengembangan diri terkait cara mengatur keuangan, dan belajar investasi. Bahkan, jika Anda memiliki keterampilan membuat konten video edukasi, buat saja video mengenai perjalanan yang Anda lakukan ke berbagai kota dan negara. Beri tips juga yang bisa jadi panduan bagi siapa pun yang mau traveling sendirian. Anda bisa mendapatkan uang total jutaan rupiah dengan mengikuti lomba video microlearning festival. Nah, kapan lagi kan Anda bisa bagi ilmu dapat hadiah. Jangan lewatkan kesempatan ini.

Pergi travelling tidak di saat hari libur agar dapat menikmati perjalanan dan tujuan
No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua