Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Jitu Riset Keyword untuk Dapat Page One
Artikel
Web Development

Tips Jitu Riset Keyword untuk Dapat Page One

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Riset kata kunci memegang peranan penting dalam proses pembuatan konten yang SEO friendly, baik untuk blog maupun website. Apalagi dengan pemilihan keyword atau kata kunci yang tepat inilah, Anda bisa memenangkan persaingan konten di search engine besar seperti Google. Bahkan kalau konten Anda berhasil mendapatkan posisi pertama di halaman pencarian Google, maka konten tersebut bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung ke situs Anda. 

Apa yang harus dilakukan dalam proses riset keyword? Bagaimana cara riset keyword yang benar agar memenangkan persaingan di pencarian? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda!

Tips Mendapatkan Posisi Terbaik di Mesin Pencari dengan Menerapkan Cara Riset Keyword yang Benar

Tujuan Utama Penting Ditetapkan Terlebih Dahulu

Apa tujuan Anda ingin mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari? Mengapa melakukan riset keyword penting bagi Anda? Dua pertanyaan ini perlu Anda cari tahu dulu jawabannya. Apakah pemilihan dan penggunaan kata kunci yang tepat diharapkan bisa mendatangkan pengunjung dan meningkatkan traffic, ingin mendapatkan lebih banyak user organic dan audiens, atau bisa juga karena ingin menciptakan konversi dan penjualan.

Menetapkan tujuan yang ingin dicapai akan menjadi faktor penentu saat Anda melakukan riset keyword. Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan visitor yang banyak untuk konten evergreen dan memiliki blog tentang bisnis, Anda bisa mencari kata kunci yang berhubungan dengan ide bisnis atau tips, trik, dan tutorial. Dengan begitu artikel blog atau website Anda akan lebih mudah mendatangkan visitor. 

Sementara jika tujuan Anda melakukan riset keyword untuk mendapatkan calon pembeli potensial, maka kata kunci yang Anda harus bidik adalah keyword jenis transaksional, seperti jual, harga murah, dan sebagainya.

Menerapkan ilmu SEO dengan baik

Tentukan Kata Kunci Utama

Langkah kedua dalam proses analisis kata kunci, Anda perlu menentukan kata kunci utama yang berhubungan erat dengan bisnis Anda. Kata kunci utama biasanya terdiri dari satu hingga dua kata, dan dikenal juga dengan sebutan short tail keyword

Contohnya, QuBisa adalah platform belajar online. Maka kata kunci yang memungkinkan menjadi kata kunci utama, seperti belajar online, kursus online, pembelajaran daring, e-learning, personal development, pengembangan karir, dan sebagainya. 

Mengenali jenis bisnis secara spesifik tentunya akan membuat Anda jadi lebih mudah dalam menentukan kata kunci utama yang bisa menggambarkan bisnis Anda secara jelas. Baru kemudian menyisipkan kata kunci tersebut pada konten yang Anda buat, baik dalam bentuk website, blog, media sosial, bahkan untuk aplikasi mobile. 

Kata Kunci Turunan

Long tail keyword atau kata kunci turunan adalah kata kunci yang lebih menjelaskan secara detail dari kata kunci utama yang sudah Anda tetapkan. Jika menggunakan contoh pada poin 2, maka untuk kata kunci utama belajar online bisa memiliki beberapa kata kunci turunan, seperti: platform belajar online Indonesia, aplikasi belajar online terbaik QuBisa, belajar online lebih mudah dan gratis hanya menggunakan smartphone, dan sebagainya. 

Untuk mencari keyword utama maupun keyword turunan, Anda bisa menggunakan berbagai tools pencarian kata kunci, seperti UberSuggest, Ahrefs, Moz dan sebagainya. Prinsipnya, semakin sering Anda melakukan riset kata kunci dan menemukan kata kunci terbaik yang berhubungan dengan bisnis atau personal branding yang Anda bangun, semakin banyak koleksi kata kunci yang Anda miliki. Buatlah daftarnya dan ketika membutuhkan, Anda lebih mudah untuk menggunakannya secara langsung tanpa perlu melakukan riset secara khusus lagi.

lakukan analisis atas kata kunci yang digunakan kompetitor

Pelajari Kompetitor

Ketika melakukan riset kata kunci, Anda tidak hanya fokus pada kata kunci milik Anda sendiri, namun juga harus melakukan analisis atas kata kunci yang digunakan kompetitor. Kemudian, Anda juga mempelajari dan menganalisis tingkat persaingan kata kunci di search engine. Kata kunci dengan volume pencarian besar dan tingkat persaingan rendah akan jauh lebih baik Anda gunakan daripada kata kunci yang memiliki tingkat persaingan tinggi, termasuk tingkat persaingan pada iklan

Setelah Anda dapatkan keyword yang sesuai, Anda bisa mengeksekusi keyword yang Anda dapatkan tersebut untuk dibuatkan konten kreatifnya. Demikian cara riset keyword yang benar atau tips jitu riset keyword untuk dapat page one, memenangkan hasil pencarian. Anda juga dapat mempelajari cara riset kata kunci lainnya melalui kursus online gratis search engine optimization dan kursus online berbayar harga terjangkau yang ada di platform belajar online QuBisa. Misalnya saja kursus online Panduan Mahir SEO Google untuk Pemula.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua