webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Restu B. Wicaksono :

Baper Terus

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Restu B. Wicaksono :

Baper Terus

LIHAT DETAIL

4 Tips Meraih Work Life Balance

Motivation | 19 Jul 4 menit membaca
Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu
Selengkapnya Sembunyikan
4 Tips Meraih Work Life Balance

Anda pasti sudah memahami betapa penting menjalani hidup yang seimbang, antara passion, talent, dan purpose. Jika ketiga hal tersebut seimbang, kebahagiaan jelas dapat Anda peroleh. 

Bayangkan saja, Anda gemar menulis tentu akan jauh lebih senang jika bisa bekerja sebagai penulis novel dan akhirnya meraih tujuan novel itu difilmkan oleh sutradara favorit. Bagaimana cara meraih work life balance sehingga bisa menjalani hidup dengan penuh semangat dan hati yang bahagia setiap hari?

4 Tips Meraih Work Life Balance

Masih menggunakan contoh sebagai penulis di atas. Anda sudah tahu kalau memiliki passion yang sangat besar dalam dunia menulis. Sayangnya, kegiatan tersebut tidak bisa memberi kehidupan yang baik bagi Anda, sehingga Anda pun mencoba bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang sosial hanya demi penghasilan rutin dan tunjangan.

Hari-hari Anda selanjutnya diisi dengan aktivitas pulang dan pergi ke kantor, kehidupan sosial, namun tidak lagi punya waktu untuk menulis. Apakah kehidupan yang seperti itu sungguh Anda inginkan? Apakah Anda akan bahagia? Mungkin beberapa tahun awal demikian, tapi akhirnya hidup akan menjadi jemu karena Anda terpaksa menjalani pekerjaan yang tak sesuai passion.

Nah, supaya akhirnya bisa memperoleh life work balance dari paduan ketiga hal di atas, beberapa tips berikut ini bisa Anda coba terapkan:

Menentukan Tujuan

Kalau disuruh memilih dari passion, talent dan purpose, mana yang harus diutamakan terlebih dulu agar hidup bisa bahagia? Jawabannya adalah purpose alias tujuan. Mengetahui secara tepat apa tujuan hidup atau purpose Anda sangat penting agar Anda tahu apa yang ingin Anda kejar dan membuat Anda bersemangat menjalani setiap detik yang Anda miliki. 

Dengan mengetahui tujuan hidup, Anda juga akan memiliki motivasi kuat untuk menetapkan top priority goals, memiliki visi dan misi yang jelas, bahkan Anda akan memiliki semangat dan bertahan dalam kehidupan meski ada banyak tantangan atau masalah menghadang.

Mengenali Bakat Diri

Ketika tujuan hidup sudah dimiliki, tips bahagia berikutnya adalah mengenali diri sendiri. Yap, jangan mudah pesimis jika orang lain mencapai hal lebih baik di rentang usia yang sama, karena memang talent alias bakat setiap orang berbeda. 

Kenali dan tunjukkan bakat Anda

Rekan Anda bisa saja pandai dalam marketing, sementara Anda begitu berbakat dalam design. Kedua hal ini jelas tak bisa dipaksakan satu sama lain. Ketika Anda yang handal design dipaksa untuk jadi jagoan marketing, tentu akan membuat hidup tertekan dan jelas tak bahagia

Karena itu, penting bagi Anda untuk memilih perusahaan atau pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan diri. Nanti jika pekerjaan itu dijalankan sesuai bakat, Anda akan terus berkembang dan menjadi profesional.

Memahami Gairah Hidup

Setelah tujuan dan bakat ditemukan, Anda perlu mengetahui apa gairah hidup kalau ingin bahagia. Percayalah, passion berbeda dengan mimpi saat Anda kecil dulu. Gairah ini bisa muncul saat Anda sudah berulang kali berpindah kerja, atau mungkin ketika Anda jatuh ke kegagalan. Tetapi berkat adanya passion yang kuat, Anda mampu bangkit dari kegagalan, serta tidak mudah menyerah. Dengan menemukan gairah hidup, kebahagiaan jelas didapat.

Bersosialisasi dengan orang lain

Bersosialisasi

Setelah mengetahui apa sih pengertian passion, talent dan purpose secara tepat, Anda juga harus paham bahwa bersosialisasi adalah kunci penting untuk hidup bahagia. Jangan batasi diri. Cobalah untuk bertemu dengan orang-orang baru, keluar dari zona nyaman dan berpikiran terbuka. Dengan begitu Anda akan memperoleh perspektif baru yang tentunya membuat hidup semakin seimbang. Selain itu, Anda bisa sekalian mengembangkan networking yang tentu bisa mendukung pencapaian kesuksesan Anda.

Artikel Terkait

Ke Atas