Unduh Aplikasi QuBisa
6 Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan pada Bisnis Online
Artikel
Sales & Marketing

6 Tips Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan pada Bisnis Online

Punto Wicaksono24 Jan 235 menit membaca

Keberadaan pelanggan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Itu sebabnya, penting bagi Anda para pemilik bisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan membuat pelanggan mempercayai bisnis online yang Anda jalankan. Apalagi saat ini, memang banyak terjadi penipuan dan scam di dunia bisnis online. Jangan sampai Anda jadi salah satunya, ya. Lalu,  bagaimana cara meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam bisnis online?

6 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Suatu bisnis yang bisa menjaga kepercayaan para pelanggannya akan memiliki banyak pelanggan yang loyal. Apalagi kalau didukung dengan pelayanan yang baik, kejujuran yang terjaga baik, atau bahkan mampu berinteraksi dan berkomunikasi baik dengan pelanggan. Jika semua ini Anda lakukan, niscaya loyalitas pelanggan akan meningkat dan bisnis pun bisa mendapatkan keuntungan sesuai harapan. Berikut ini 6 cara meningkatkan dan menjaga kepercayaan pelanggan untuk kelangsungan bisnis online Anda.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Memberikan Informasi Jujur Terkait Produk

Berjualan online artinya konsumen tidak bisa melihat produk yang Anda tawarkan secara langsung. Mereka hanya mengandalkan informasi sedetail mungkin terkait produk yang Anda sediakan. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait pemberian informasi produk dalam bisnis online, di antaranya:

  • Berikan informasi produk yang jujur dan detail, termasuk spesifikasi, ukuran, berat, bahkan fungsinya.
  • Buat deskripsi yang menarik, namun tetap sesuai dengan kenyataan produk dan tidak berlebihan.
  • Jika menjual barang elektronik, seperti gadget, produk elektronik rumah tangga, pastikan spesifikasi yang ditulis sesuai aslinya. Kejujuran seperti ini akan mendorong pelanggan untuk mempercayai Anda.

Memperhatikan Kualitas Foto

Bisnis sepi padahal barang yang Anda jual original dan berkualitas? Coba lihat kembali foto produk yang Anda tampilkan di media sosial, website, hingga di toko online atau e-commerce. Apakah foto tersebut berkualitas baik? Jika buram dan berasal dari tempat lain, segera ganti. Mengapa? Selain Anda bisa bermasalah terkait hak cipta foto, pelanggan juga jadi tidak yakin kalau produk yang Anda jual berkualitas baik, kalau foto produknya saja jelek. 

Apabila Anda seorang reseller atau dropshipper, Anda boleh-boleh saja menggunakan foto produk yang berasal dari situs web resmi. Akan tetapi, jauh lebih menarik kalau Anda menggunakan foto produk sendiri. 

Bagaimana cara membuat foto produk yang menarik? Anda bisa mempelajari tips membuat foto produk dan memanfaatkan smartphone untuk pengambilan gambar produk. Misalnya:

Membuat Sistem Belanja yang Mudah

Generasi milenial yang akrab dengan teknologi tentunya menginginkan proses pembelian barang secara online yang praktis dan mudah. Maka, pastikan alur belanja online di toko Anda dibuat sederhana, namun tetap aman. Jangan sampai proses pemesanan dan pembayarannya rumit dan memakan banyak waktu.

Lakukan Promosi secara Efektif sesuai Target Audiens

Proses Pengiriman Barang yang Aman dan Tepat Waktu

Dalam menjaga kepercayaan pelanggan, salah satunya adalah kualitas produk yang Anda kirimkan sesuai dengan ekspektasi pelanggan ketika menerima. Jangan sampai ketika barang sampai di tangan pelanggan, produknya malah cacat, patah, retak, atau hancur.

Untuk itu, pilih dan bekerja sama hanya dengan ekspedisi atau jasa kurir yang bisa dipercaya. Selain itu, pastikan produk sampai ke tangan pelanggan sesuai waktu yang dijanjikan. Jika ada kemungkinan terlambat, Anda bisa mengkomunikasikan terlebih dahulu dengan pelanggan.

Berkomunikasi dengan Pelanggan

Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan dengan cara menyediakan media yang memungkinkan pelanggan juga bisa menghubungi Anda dengan lebih mudah. Kebanyakan memang bisa melalui layanan call center dan email, namun alangkah baiknya kalau Anda menyediakan berbagai media sosial yang bisa Anda maksimalkan untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Komunikasi yang baik juga memungkinkan pelanggan memberikan feedback berupa kritik dan saran. Nantinya akan berguna untuk perkembangan bisnis atau produk Anda. Sesekali, gunakan fitur live streaming untuk lebih dekat dengan pelanggan. Saat melakukan live streaming, Anda bisa menjelaskan cara menggunakan produk yang benar supaya produk jadi lebih awet dan tahan lama, misalnya. 

Lakukan Promosi secara Efektif sesuai Target Audiens

Jika ingin pelanggan mempercayai bisnis online yang Anda jalankan, maka terapkan strategi promosi digital melalui kerja sama endorsement. Anda bisa mengajak blogger maupun influencer untuk bekerja sama membuat review positif berdasarkan pengalaman mereka menggunakan produk Anda. 

Dengan cara ini, pelanggan yang melakukan survei dengan browsing terlebih dahulu di internet atau media sosial, bisa semakin tertarik membeli produk Anda. Hal ini karena sudah tersedia review yang mengulas produk dengan baik dan membuat pelanggan jadi lebih percaya untuk berbelanja di bisnis online milik Anda.

Kepercayaan pelanggan sangat penting untuk membuat bisnis Anda terus berkembang. Jadi, terapkan 6 tips meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis online di atas. Semoga setelahnya, makin banyak pelanggan yang berbelanja di toko online Anda. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua