Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Mencari Kerja di LinkedIn
Artikel
Career Development

Tips Mencari Kerja di LinkedIn

Gilang Maulani24 Jan 234 menit membaca

Jika saat ini sedang mencari lowongan pekerja dan sedang berusaha melamar kerja, maka mencari kerja di LinkedIn dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda coba demi mendapatkan pekerjaan. LinkedIn itu apa? LinkedIn merupakan salah satu jejaring sosial yang dirancang khusus untuk komunitas profesional dan bisnis.

Kenapa Perlu Memiliki Akun LinkedIn? 

Ada beberapa keuntungan ketika Anda memiliki akun di LinkedIn. Beberapa di antaranya, Anda dapat membuat dan membangun profil yang profesional. Selain itu, Anda juga dapat memperluas jaringan dan memperoleh informasi terbaru terkait pekerjaan.

LinkedIn juga mempermudah Anda dalam mencari lowongan kerja, melamar pekerjaan, dan membuka peluang untuk direkrut oleh perusahaan. Hal ini dikarenakan ketika Anda melakukan update informasi pribadi, akan terlihat skill apa saja yang Anda miliki. LinkedIn juga dapat membantu Anda untuk tetap terkoneksi dengan teman, relasi, bahkan mungkin orang yang baru Anda kenal, sehingga bisa berbagi informasi terkait info peluang kerja dan tips melamar kerja ke sesama komunitas.

Tips Mencari Kerja di LinkedIn

Secara ringkasnya, memiliki akun di LinkedIn dan berada di dalam komunitas profesional adalah salah satu cara cepat dapat kerja. Ada beberapa tips untuk Anda dalam mencari pekerjaan di LinkedIn.

linkedin itu apa dan tips cari kerja di linkedin

Tentukan Bidang yang Anda Inginkan

Ketika membuat akun di LinkedIn, Anda akan diminta mengisi beberapa data diri untuk profil akun. Pastikan data yang berkaitan dengan informasi yang perlu dilihat oleh perekrut lengkap. Jangan lupa untuk menambahkan foto profil LinkedIn yang formal akan tetapi ramah untuk tetap terlihat professional.

Jika memang bermaksud cari kerja di LinkedIn, Anda harus memilih suatu bidang pekerjaan yang Anda kuasai dan inginkan. Bekerja sesuai bidang kemampuan dan passion membuat Anda lebih menikmati pekerjaan yang Anda jalani sehingga kinerja menjadi lebih produktif.

Ketika telah mengetahui bidang pekerjaan yang Anda minati, akan lebih mudah bagi Anda dalam mengisi profil di LinkedIn, sekaligus terhubung dengan banyak pihak yang relevan dengan profil pribadi Anda, termasuk perusahaan, ketersediaan lowongan pekerjaan, bahkan komunitas. Dengan cara ini, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan semakin besar.

Mengubah Headline dan Membuat Elevator Pitch

Ketika Anda berpindah tempat kerja atau berganti jabatan pekerjaan, sebaiknya Anda meng-update profil dan headline Anda. Hal ini cukup penting untuk membuat perekrut mengetahui pengalaman kerja yang Anda miliki. Headline LinkedIn Anda mencerminkan kemampuan dan kapasitas yang Anda miliki sehingga memungkinkan perekrut akan memilih Anda untuk posisi yang mereka tawarkan.

Selain itu, Anda juga perlu untuk membuat elevator pitch. Elevator pitch adalah rangkuman atau resume mengenai pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan yang Anda miliki. Semakin banyak pengalaman kerja yang Anda miliki, maka akan terlihat skill yang Anda kuasai. Hal tersebut tentunya menjadi nilai lebih untuk Anda.

Poin yang menjadi dasar pembuatan elevator pitch, di antaranya mengenai value yang Anda miliki untuk perusahaan, sertakan juga kelebihan yang Anda miliki, namun tidak dimiliki orang lain. Jangan lupa, gunakan kata kunci yang sesuai.

bergabung dengan komunitas merupakan salah satu cara melamar pekerjaan

Bergabung dengan Grup atau Komunitas

Di dalam LinkedIn terdapat banyak grup atau komunitas sesuai dengan skill yang masing-masing orang kuasai. Bergabung dengan grup maupun komunitas sangat penting bagi Anda yang sedang cari kerja di LinkedIn. Pilihlah grup sesuai dan relevan dengan kemampuan dan minat Anda. Semakin aktif Anda dalam grup tersebut, semakin banyak informasi yang akan Anda dapatkan.

Memiliki komunitas dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama adalah keuntungan lainnya.  Akan tetapi, Anda tetap perlu memperhatikan kalimat pesan yang Anda kirimkan. Buatlah pesan yang baik dan jalinlah komunikasi yang profesional.

Tips penting lain terkait upaya agar sukses cari kerja di LinkedIn, juga bisa Anda ketahui dengan melakukan belajar online di aplikasi siap kerja QuBisa, yang materinya, antara lain:

Cari kerja di LinkedIn  merupakan salah satu tips melamar kerja yang dapat Anda terapkan. LinkedIn dapat diakses secara gratis, sehingga Anda bebas membuat akun tanpa perlu membayar lagi. Namun kalau Anda ingin mendapatkan fitur premium, baru Anda upgrade akun Anda dengan membayar sejumlah biaya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua