Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Mempelajari Rumus Grammar Bahasa Inggris
Artikel
Language

Tips Mempelajari Rumus Grammar Bahasa Inggris

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Belajar grammar bahasa Inggris bukan hanya tentang materi simple present tense saja, karena ada banyak topik lain yang harus dikuasai agar kemampuan berbahasa Inggris Anda lebih mumpuni.

Grammar bahasa Inggris memang sering jadi momok yang menakutkan dan membosankan untuk dipelajari, baik bagi siswa sekolah hingga orang dewasa, yang baru belajar bahasa Inggris. Padahal faktanya, grammar bisa jadi topik menyenangkan untuk dikaji jika Anda tahu tips dan cara yang tepat mempelajari rumus grammar bahasa Inggris.

Manfaat Belajar Grammar Bahasa Inggris

Lantas, untuk apa sih Anda harus belajar bahasa Inggris? Grammar bahasa Inggris umumnya digunakan dalam writing atau speaking skill yang bersifat formal, seperti berkomunikasi dengan klien, surat-menyurat perusahaan atau business writing, academic writing, dan lain sebagainya. Namun dalam situasi informal, grammar juga dibutuhkan. Nah, penguasaan grammar tentu akan membantu Anda menguasai bahasa Inggris, apalagi di masa sekarang bahasa Inggris dibutuhkan untuk menunjang karir atau melanjutkan pendidikan.

Saat ini, perkembangan teknologi memudahkan Anda untuk belajar grammar online melalui webinar gratis, kursus online gratis, atau aplikasi tertentu. Aplikasi ini menyediakan berbagai topik grammar, mulai dari materi yang paling mudah, seperti part of speech, tenses, hingga yang lebih kompleks seperti kalimat pengandaian atau kalimat majemuk.

Belajar tenses tentu ada rumus grammar khusus yang memudahkan Anda mempelajarinya, misalnya topik mengenai materi simple present tense. Anda harus mengetahui bentuknya, bagaimana ketentuan penggunaan, serta bagaimana perubahan kata kerja pada subjek orang ketiga tunggal.

Belajar grammar online, tidak hanya menjelaskan teori, penggunaan dan ketentuannya saja, tetapi juga menyediakan latihan-latihan yang harus diselesaikan untuk menguji sejauh mana pemahaman Anda tentang suatu materi.

Tips Mudah Mempelajari Rumus Grammar Bahasa Inggris

Agar belajar grammar bahasa Inggris lebih seru dan tidak menakutkan lagi, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Belajar dari Hal Kecil

Mulailah belajar grammar bahasa Inggris dari topik yang paling mudah, seperti part of speech yang meliputi pronoun (kata ganti), noun (kata benda), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), determiner, preposition (kata depan), dan conjunction (kata hubung). Kemudian, Anda bisa melanjutkan ke materi berikutnya, seperti penggunaan possessive pronoun (kata ganti kepemilikan), kata kerja tunggal dan jamak, dan seterusnya.

Mengapa harus belajar dari hal kecil dan mudah? Hal ini semacam anak tangga bagi Anda untuk mempersiapkan background knowledge agar menjadi lebih mudah mempelajari materi lain, seperti materi simple present tense, simple past tense, present continuous tense, dan sebagainya.

Belajar Memahami Struktur Kalimat

Setelah belajar materi dasar, Anda bisa melanjutkannya dengan belajar tenses. Belajar grammar Bahasa Inggris akan lebih mudah jika Anda sudah memahami struktur atau formula tenses tertentu. Tenses adalah tata bahasa yang berpusat pada penggunaan kata kerja mengikuti waktu tertentu. Umumnya, ada tiga tenses dasar dalam bahasa Inggris, yaitu present, past, dan future, yang kemudian dikembangkan menjadi 16 tenses lain.

Dalam belajar tenses, Anda harus memahami fungsi, waktu dan formula yang digunakan. Misalnya, materi simple present tense rumus yang digunakan adalah

Subject + Verb1 + s/es + Object/Complement

Anda juga harus paham penentuan kata kerja dalam tenses ini, apakah singular verb (kata kerja tunggal) atau plural verb (kata kerja jamak). Kata kerja tunggal digunakan ketika mengikuti subjek orang pertama dan kedua tunggal serta orang ketiga jamak (I, You, We, They). Jika subjeknya berupa orang ketiga tunggal (She, He, It) kata kerja yang digunakan adalah kata kerja jamak atau kata kerja dasar ditambah s/es.

Memahami Verb 1, 2, 3 serta Regular dan Irregular Verb

Dalam bahasa Inggris, kata kerja dibagi menjadi 3 kategori berdasarkan waktu, yaitu verb 1 (digunakan untuk present tense), verb 2 (digunakan untuk past tense), dan verb 3 (digunakan untuk perfect tense).

Berdasarkan jenisnya, kata kerja dibagi menjadi 2, yaitu regular verbs dan irregular verbs. Regular Verbs adalah kata kerja biasa di mana kata kerja kedua dan ketiga berubah dengan penambahan -ed/-ied saja di belakangnya. Contohnya:

Verb 1

Verb 2

Verb 3

Call

Called

Called

Visit

Visited

Visited

Study

Studied

Studied

Fry

Fried

Fried

 

Sedangkan irregular verbs adalah kata kerja yang tidak beraturan sehingga kata kerja kedua dan ketiga tidak ditambahkan -ed/-ied. Bahkan ada beberapa irregular verbs yang tidak mengalami perubahan bentuk sama sekali. Contohnya:

Verb 1

Verb 2

Verb 3

Go

Went

Gone

Do

Did

Done

Bring

Brought

Brought

Put

Put

Put

Cut

Cut

Cut

 

Belajar dari Platform yang Tepat

Seperti yang dibahas sebelumnya, saat ini sudah tersedia situs kursus online atau aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk belajar grammar bahasa Inggris. Dengan belajar grammar online, Anda dapat belajar secara otodidak di mana saja, dan kapan saja. Beberapa platform bahkan menyediakan layanan bertanya pada mentor jika Anda memiliki kendala. Selain aplikasi grammar, Anda juga bisa menggunakan kamus bahasa Inggris yang berguna menambah perbendaharaan kosakata bahasa Inggris Anda.

 

Perbanyak Mengerjakan Soal

Teori tidak ada gunanya jika tidak diimbangi dengan latihan yang banyak. Kunci belajar grammar adalah latihan mengerjakan soal berulang-ulang. Practice doesn’t make something perfect because nobody is perfect. Yet practices can make you better (latihan tidak akan membuat sesuatu menjadi sempurna, karena tidak ada yang sempurna. Tapi, latihan akan membuat Anda menjadi lebih baik).

Oleh sebab itu, untuk menguasai grammar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat, doronglah diri Anda menyelesaikan berbagai bentuk tugas dan materi mulai dari yang dasar hingga yang lebih kompleks, seperti soal structure pada TOEFL.

Yang perlu Anda ingat, belajar grammar itu sangat luas dan bukan hanya tentang materi tenses, Business English, dan sebagainya. Untuk itu, Anda harus menumbuhkan niat dan tekad yang kuat untuk mempelajarinya. Anda juga bisa mengikuti kursus online bahasa Inggris, seperti bahasa Inggris untuk pemula, bahasa Inggris untuk menengah, dan sebagainya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua