Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Memilih Tempat Kursus Pemrograman Java
Artikel
Programming Languages

Tips Memilih Tempat Kursus Pemrograman Java

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Di zaman serba canggih seperti sekarang, di mana hampir seluruh aktivitas bergantung pada penggunaan komputer serta smartphone, maka belajar bahasa pemrograman Java menjadi penting. Terutama, bagi Anda yang ingin berkarir sebagai programmer atau software developer.

Perlu Anda ketahui, program Java berperan penting dalam berjalannya sebuah aplikasi. Lalu, di mana Anda bisa menemukan kursus pemrograman Java terbaik?

Memilih Tempat Kursus untuk Belajar Pemrograman Java Terbaik

Untuk mencari tempat kursus pemrograman coding Java, Python, maupun Android, sangat mudah dan tersedia begitu banyak pilihan. Hampir di banyak kota besar terdapat tempat kursus IT. Namun, mungkin Anda bertanya-tanya, adakah di antara tempat kursus tersebut yang bisa diandalkan? Mengingat, tak semua tempat les menerima kursus pemrograman Java untuk pemula.

Agar Anda tak tertipu dengan tempat kursus abal-abal, mari kenali terlebih dahulu ciri-ciri tempat kursus untuk pemrograman Java terbaik!

Telah Dikenal Luas sebagai Tempat Kursus Java Terbaik

Ciri tempat kursus untuk mempelajari pemrograman Java terbaik, yaitu telah dikenal luas oleh masyarakat. Tak terkecuali, masyarakat di sekitarnya. Tak sekadar dikenal luas, namun juga mempunyai reputasi sistem pengajaran yang baik. 

Selain itu, pastikan tempat kursus tersebut memiliki sistem belajar jarak jauh atau online course agar proses belajar tak berhenti hanya karena terhalang jarak dan waktu atau padatnya kesibukan sehari-hari.

kursus online prmorgraman java untuk pemula

Memiliki Banyak Lulusan yang Kompeten

Memiliki banyak lulusan dan kompeten yang siap bekerja pun bisa menjadi ciri bimbingan belajar yang baik. Anda bisa melihat atau menelusuri bukti melalui banyaknya lulusan yang berhasil dalam bidang pemrograman Java yang dijalani dan telah bekerja pada bidang sesuai skill-nya.

Memberikan Materi yang Mudah Dipahami

Pada kursus pemrograman Java untuk pemula, tentu Anda membutuhkan tutor yang bisa memberikan materi yang mudah dipahami. Misalnya saja, pembahasan seputar bahasa Java Fundamental. Pastikan tempat kursus ini mempunyai skema atau jadwal pembelajaran yang pasti.

Biasanya, calon peserta kursus bisa mendapatkan skema atau rencana materi apa saja yang akan diberikan dari awal pengajaran. Beberapa di antaranya bahkan diperlihatkan saat pendaftaran. Hal ini, akan memudahkan Anda untuk mendapatkan gambaran seberapa padat dan efektif materi yang akan diberikan.

Selain itu, jika pembelajaran dilakukan secara online, Anda pun harus memperhatikan tips belajar programming online agar materi tetap terserap dengan baik.

Tempat Kursus yang Mengedepankan Praktik Dibandingkan Teori

Saat mengikuti kursus atau pelatihan, beberapa materi umumnya membutuhkan banyak praktik daripada teori. Apalagi dalam hal teknis, seperti pemrograman Java. Praktik pemrograman menjadi hal yang diutamakan dibandingkan hanya fokus pada pemberian materi saja.

Praktik akan membuat peserta kursus bisa lebih cepat paham serta mampu menemukan permasalahan-permasalahan baru dalam proses pembelajaran, sekaligus mendapatkan solusinya. Perbandingan antara praktik dan teori ini bisanya sekitar 80:20 atau 80 persen praktik, 20 persen teori. 

materi kursus pemrograman Java secara online gratis

Materi Belajar Pemrograman Java

Materi yang umumnya dipelajari saat kursus pemrograman Java dimulai dengan hal-hal atau istilah fundamental. Kemudian berlanjut hingga mempraktikkan bagaimana membuat coding (pemrograman) pada Java. Adapun materi yang biasanya diberikan, antara lain:

  • Java basic, berupa penjelasan mengenai bahasa dasar, bahasa Java fundamental programming, struktur dasar, tipe data, string, serta operator. Bukan itu saja, dalam kursus pemrograman Java ini juga diperkenalkan mengenai percabangan, perulangan, array, serta fungsi input output.
  • Object oriented programming, meliputi class dan object, member, methods, access modifier, interface, inheritance, dan juga encapsulation.
  • Common class, merupakan class - class atau bagian per bagian yang biasanya digunakan dalam pengembangan program, di antaranya collection, generic, exception, date time, input output serta casting.
  • Studi kasus, meliputi suatu studi kasus dalam membuat program tertentu dengan menghitung suhu air, bangun datar, hingga huruf vokal dan konsonan.

Itu hanya sebagian kecil saja yang biasa dipelajari dalam pada kursus pemrograman Java. Namun untuk lebih jelasnya, ada baiknya Anda mencoba untuk mengikuti salah satu kursus tersebut. 

Pilih tempat kursus yang memungkinkan Anda bisa belajar kapan saja dan dari mana saja, misalnya mengikuti kursus online gratis atau kursus online mengenai pemrograman Java. Salah satu tempat kursus yang direkomendasikan, misalnya QuBisa platform belajar online Indonesia. Siapa tahu dari mengikuti kursus tersebut, Anda bisa memiliki bekal yang cukup dalam mengembangkan pengetahuan di bidang coding atau pemrograman Java selanjutnya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua