Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Membuat Konten Viral di Media Sosial
Artikel
Social Media Marketing

Tips Membuat Konten Viral di Media Sosial

Monica Anggen17 Apr 244 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Ketika memutuskan terjun di dunia digital, sebaiknya kamu tahu cara dan tips membuat konten viral di media sosial

Menciptakan konten yang relevan, menarik, dan berpotensi viral di media sosial memungkinkan kamu membangun hubungan yang kuat dengan audiens, dan meningkatkan keberhasilan strategi konten secara keseluruhan. 

Simak tipsnya secara lengkap di artikel QuBisa ini, yuk

7 Cara Bikin Konten Viral di Media Sosial

Konten yang viral dan menarik perhatian banyak orang tak hanya mendapatkan perhatian yang besar, tetapi juga dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan pengikut serta engagement

Nah, supaya konten yang kamu buat bisa viral, kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Kenali Target Audiens

Sebelum menciptakan konten, kamu wajib tahu siapa sih target audiens yang mau kamu jangkau. Mengenali audiens di sini bisa dilakukan dengan melakukan riset terkait demografi, minat, dan preferensi mereka. Kenapa hal ini penting?

  • Mengenali minat dan preferensi audiens memungkinkan kamu membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan audiens. 
  • Tahu secara pasti apa kebutuhan dan keinginan audiens juga sangat membantu dalam menciptakan konten yang lebih personal, menarik lebih banyak perhatian, mendapatkan view dan like lebih banyak, dan akhirnya menjadi viral.
  • Demografi audiens sangat membantu dalam pengembangan strategi konten yang lebih efektif, pemilihan topik konten yang sesuai audiens. Inilah yang kemudian bisa memancing respons positif, meningkatkan kemungkinan terjadinya interaksi dan mendapatkan lebih banyak engagement.

2. Buat Konten Bermanfaat

Untuk membuat konten viral, pastikan kamu membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat. Bentuknya bisa beragam, misalnya berisi informasi yang berharga dan bisa menjadi solusi bagi pembaca untuk mengatasi mereka.

Selain itu, konten juga bisa berisi pengetahuan baru, tips praktis, ulasan produk, konten berbentuk cerita inspiratif, menghibur, dan masih banyak lagi.

Tipe konten seperti ini umumnya bisa membuat orang tertarik hingga mau membaca atau menonton tayangan konten video hingga selesai. 

Misalnya saja konten berbentuk artikel tentang Tips Membuat Feed Menarik dengan Instagram Carousel. Tentunya konten ini memberi manfaat yang besar bagi orang yang sedang mencari panduan membuat konten Instagram.

Prinsipnya, coba buat konten yang bisa membuat media sosial lebih hidup, ramai pengunjung, hingga bisa membuat audiens mau berinteraksi di konten tersebut.

3. Manfaatkan Topik Trending

Cara berikutnya untuk membuat konten viral di media sosial, kamu bisa mulai mencari topik yang sedang trending, mengangkat tema  yang memang sedang happening atau ramai diperbincangkan oleh netizen.

Carinya di mana? Coba lihat di Google Trends, For Your Page atau FYP di TikTok, Instagram Explore, dan sebagainya. 

Contohnya, kamu bisa menonton microlearning yang sudah QuBisa sediakan, seperti Ide Konten Kreatif di Social Media

Cara lainnya, coba pelajari kompetitor dan lihat bagaimana cara mereka membuat konten. Pelajari konten viral yang berhasil mereka buat.

cara kerja platform media sosial

4. Pelajari Platform yang Digunakan

Ketika membuat konten viral di media sosial, kamu juga harus paham cara kerja platform media sosial yang mau kamu gunakan. Hal ini karena setiap platform media sosial memiliki karakter dan algoritma tersendiri. 

Saat mau menayangkan konten digital marketing di Facebook, maka pelajari sebaik mungkin tentang kinerja platform tersebut, mulai dari Kapan Waktu Terbaik Posting Jualan di Facebook hingga Teknik Funneling di Facebook.

Sementara kalau ingin menayangkan konten di Instagram atau Twitter, maka cara kerja konten di kedua platform tersebut haruslah kamu pelajari, seperti cara menuliskan caption, menggunakan hashtag, dan sebagainya.

5. Buat Konten yang Lengkap

Tak sekadar menarik, isi dari konten pun harus lengkap, detail, dan bernilai. Contohnya saat mau membuat konten berbentuk artikel.

Pastikan panjang artikel minimal 750 kata, lengkap dengan ulasan yang lengkap, mengandung kata kunci, terdapat referensi, gambar pendukung, dan sebagainya.

Artikel viral yang lengkap akan memberikan kepuasan bagi pembaca, bahkan jika dirasa bermanfaat maka akan mendorong mereka membagikan artikel tersebut kepada lebih banyak orang.

Kalau membuat konten video untuk tayang di YouTube, implementasinya berbeda lagi. Tentunya kekuatan konten bisa menjadi viral terletak pada durasi, hook, dan pembukaan video yang menarik serta mengundang rasa penasaran.

6. Fokus pada Target

Ingin semua konten yang dibuat jadi viral? Boleh saja hal ini menjadi target. Tetapi ingat, pastinya ada target lain yang juga ingin kamu capai selain hanya sekadar viral, kan? 

Misalnya karena ingin membangun personal branding, mendapatkan lebih banyak leads, meningkatkan penjualan, dan sebagainya. Nah, fokuslah pada tujuan utama yang ingin kamu capai dari pembuatan konten.

Artikel viral yang lengkap

Pada prinsipnya kalau ingin bisa mencapai target apa pun, terutama terkait digital branding atau pemasaran menggunakan konten, pastikan kamu memiliki keterampilan digital milenial (KDM) serta keterampilan sukses milenial (KSM). Keduanya bisa kamu pelajari di QuBisa, platform belajar online Indonesia. 

Di platform ini, kamu bahkan dapat mengikuti kursus online gratis dan berbayar, webinar terbaik, dan hingga mengikuti pelatihan dan pengembangan SDM di perusahaan.

7. Unggah Konten Secara Konsisten

Konsistensi menjadi kunci sukses penerapan strategi sosial media marketing. Artinya, mengunggah dan menayangkan konten di media sosial haruslah punya jadwal yang konsisten.

Mengunggah konten secara konsisten juga memberi banyak manfaat, seperti:

  • Menunjukkan dedikasi dan komitmen kamu dalam membuat dan mengelola konten di media sosial.
  • Membangun kepercayaan sehingga membuat audiens lebih terlibat dan mau berinteraksi secara aktif dengan konten di media sosial kamu.
  • Jangkauan konten menjadi luas karena algoritma media sosial cenderung mengutamakan akun yang konsisten mengunggah konten.

Nah, kamu sudah tahu tips dan cara membuat konten menjadi viral di media sosial. Apakah tips di atas bisa juga untuk membangun branding? Ya, tentu saja. Namun kamu tetap perlu melengkapi pengetahuanmu dengan membaca artikel berikut Cara Membuat Konten Viral untuk Meningkatkan Branding.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua