Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Membuat Channel YouTube dan Jadi Content Creator
Artikel
Social Media Marketing

Tips Membuat Channel YouTube dan Jadi Content Creator

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Saat ini platform YouTube menjadi ladang bisnis yang basah dan banyak dicari. Mulai dari remaja, ibu muda, orang biasa hingga publik figur berbondong-bondong membuat channel YouTube. Bukan tanpa alasan, sebab hanya dengan menjadi content creator YouTube, Anda sudah bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah dalam waktu relatif singkat.

Content creator adalah seseorang yang menghasilkan konten, baik berupa tulisan, video, suara atau gabungan dari beberapa diantaranya. Menjadi content creator atau youtuber kian diminati karena hanya perlu menggali kreativitas. 

Bisa dikatakan, Anda hanya perlu mencari ide konten kreatif untuk social media Anda, serta menampilkan konten unik, menarik, bahkan menjadi trendsetter. Intinya, Anda perlu membuat sosial media Anda menjadi lebih hidup.

Cara ini, dapat mendatangkan banyak viewer. Jika banyak audiens yang nonton, akan banyak pula penghasilan yang Anda dapatkan. Mendatangkan penghasilan dapat terjadi, jika Anda daftar adsense, sehingga bisa menikmati royalti.

Langkah Mudah Membuat Channel YouTube

Menjadi seorang content creator YouTube, saat ini dianggap sebagai langkah mudah dalam memperoleh penghasilan. Bagaimana tidak, semua orang bisa membuat konten sembari berkumpul dengan keluarga atau kawan, bahkan saat liburan. Sebab itulah, banyak yang menjadikannya sebagai sumber penghasilan tambahan.

Jika Anda juga tertarik menjadi youtuber atau content creator, Anda perlu tahu pula cara sukses jadi konten kreator sampai dapat cuan di YouTube. Namun sebelum itu, Anda harus memulainya dengan memiliki channel YouTube. 

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk membuat channel YouTube bagi seorang content creator pemula. Mari simak langkah-langkahnya!

Buat Akun YouTube

Pastikan sebelum membuat akun YouTube, Anda sudah memiliki akun Google terlebih dahulu. Hal yang harus dipahami, akun YouTube berbeda dengan channel YouTube. Akun YouTube merupakan jalur untuk bisa mengakses channel YouTube, sedangkan channel YouTube merupakan brand yang berisikan konten karya Anda.

Anda dapat membuat akun YouTube dengan menggunakan akun Google. Buka akun YouTube, baik dari aplikasi atau dari browser. Kemudian, login menggunakan akun Google. Dengan begitu, Anda sudah masuk di akun YouTube serta siap membuat channel.

Buat Channel YouTube

Saat sudah login ke akun YouTube, Anda telah memiliki channel YouTube bawaan sesuai nama akun Google. Untuk membuat channel baru dengan nama yang Anda inginkan, ikuti tahapan berikut ini.

  • Klik ikon channel yang ada di sudut kanan atas, atau foto profil sesuai akun Google Anda.
  • Klik atau pilih ikon gear untuk pengaturan. Lanjutkan dengan pilih add new channel, atau buat channel baru di bagian bawah.
  • Buat nama untuk channel Anda tersebut. Gunakan nama yang unik dan mudah diingat.
  • Klik create, maka channel YouTube Anda sudah berhasil dibuat.
  • Lengkapi informasi seperti deskripsi channel yang sesuai dengan konten ciptaan Anda nantinya. Foto profil dan juga tautan ke media sosial Anda lainnya.

Perhatikan Beberapa Hal Berikut Saat Membuat Channel YouTube

  • Buat judul yang menarik dan menyertakan kata 'video' agar lebih mudah ditemukan viewer. Disarankan untuk tidak memakai lebih dari 1000 karakter dalam judul maupun deskripsi channel. Gunakan bahasa yang interaktif serta tidak membingungkan.
  • Sertakan keywords pada judul, terutama yang banyak dicari dalam mesin pencarian. Dengan begitu, konten Anda akan lebih mudah muncul dan ditemukan viewer.
  • Buat konten yang unik serta menarik agar dapat menarik viewer. Jangan lupa untuk monetisasi channel Anda sehingga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, baik melalui per klik atau per view iklan. Anda juga bisa beriklan di YouTube ads yang merupakan YouTube marketing.
  • Langkah ini bisa membantu Anda menjangkau viewer dan menambah pendapatan. Terlebih jika Anda memiliki usaha yang tengah dikembangkan. Cara ini cukup efektif serta potensial.

Setelah memahami cara membuat channel Youtube berikut tips dalam pembuatannya. Anda sudah bisa berkreasi untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari sana. Jangan lupa, pastikan Anda sudah tahu cara membuat konten menjadi viral. Kemudian, lakukan upload konten yang menarik, unik, serta bermanfaat, secara rutin. Hindari konten yang menimbulkan kontroversi serta ciptakan ciri khas Anda sendiri.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua