Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Membangun Bisnis Start-Up
Business

Tips Membangun Bisnis Start-Up

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Sebagian orang yang sedang membangun bisnis start-up memiliki tantangan tersendiri ketika meluncurkan produk pertamanya. Namun, bagi Anda yang baru memulai bisnis ini, jangan takut dan tetap optimis. Jika dibarengi dengan usaha, pasti Anda akan bisa melewati segala rintangan yang muncul dalam proses membangun bisnis start-up

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membangun Bisnis Start-Up

Banyak orang yang memberikan tips peluncuran produk untuk start-up pertama kalinya hanya berfokus pada persoalan pemasaran saja. Padahal, Anda juga perlu menyiapkan hal lainnya agar bisnis start-up Anda berjalan dengan baik. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat membangun bisnis start-up.

Menyiapkan Produk

Hal pertama yang harus Anda pahami saat baru memulai adalah memahami bagaimana budaya kerja di perusahaan start-up. Jika sudah, selanjutnya harus menyiapkan produk utama bisnis ini. 

Mulailah dengan menyiapkan nama brand yang unik dan mudah diingat oleh banyak orang. Penentuan nama ini merupakan hal yang sangat penting karena dengan nama tersebut orang akan mengenal, kemudian membeli atau menggunakan produk Anda. 

Produk yang diluncurkan sebaiknya merupakan solusi atas permasalahan yang banyak dihadapi oleh orang lain. Artinya, Anda harus benar-benar memahami produk Anda secara utuh, sehingga bisa memberikan value yang sesuai kepada masyarakat.

Siapkan desain produk yang berkaitan dengan logo dan warna produk. Menentukan desain logo dan warna membutuhkan perhatian khusus, mengingat keduanya menjadi branding Anda untuk jangka panjang. Usahakan membuat desain logo yang sederhana, namun eye-catching, dan bisa langsung menghubungkan orang yang melihatnya dengan bisnis start-up Anda.

Tentukan Target Pelanggan

Sebagian orang yang baru memulai membangun start-up lupa menentukan target pasar mereka. Penentuan target pelanggan sangat penting agar produk Anda dapat dipasarkan di tempat yang tepat demi menjaring calon pembeli potensial. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah menentukan harga dan kualitas produk, serta promosi yang perlu dilakukan. 

Anda dapat menentukan target pelanggan dengan cara membuat asumsi terkait demografi dan status sosial konsumen potensial Anda, apakah dari kalangan bawah, menengah, atau atas. Anda juga bisa mengamati persaingan pasar hingga memanfaatkan analytics tools tertentu untuk mendapatkan data yang lebih akurat.  

Di dalam perusahaan, manfaatkan berbagai kemudahan teknologi agar perkembangan menjadi lebih cepat. Hal tak boleh dilupakan adalah membangun tim kerja yang solid, sistem kerja, pengembangan Human Resource, dan sistem manajemen lainnya yang diperlukan. Di saat yang sama, pelajari how start-up company disturb technology and HR practices agar bisa memenangkan persaingan di dunia digital. 

Kuasai Teknik Branding Produk

Anda perlu memberikan merek produk yang unik agar mudah diingat dan melekat di hati para konsumen. Anda perlu mengarahkan segala kreativitas Anda untuk menghasilkan sebuah brand produk yang mengesankan bagi para pembeli maupun calon pembeli. 

Jika Anda berhasil membuat pembeli mengingat dan puas dengan produk Anda, mereka akan melakukan pembelian lagi dan merekomendasikannya ke orang lain, hingga produk Anda akan dikenal banyak orang. Teknik branding produk ini sangat esensial karena dengan branding yang bagus, produk Anda akan semakin melejit. 

Manfaatkan Video dan Konten Visual Lain

Saat ini, konten visual menjadi tren pemasaran digital. Salah satu konten visual yang paling populer adalah konten video. Konten visual lebih menarik perhatian audiens karena mudah dipahami, menghibur, dan jika unik bisa membuat mereka betah menonton, bahkan menunggu-nunggu kemunculan konten berikutnya. 

Tambahkan pula di dalam konten Anda, hal-hal terkait brand atau bisnis yang Anda jalankan, layanan yang tersedia, manfaat layanan atau produk yang Anda tawarkan, informasi penting dan menarik lainnya, cara penggunaan, bahkan tips dan trik.

Pilih Tempat Periklanan Terbaik

Tujuan utama saat melakukan periklanan adalah mengenalkan tentang start-up Anda dan produk apa yang Anda tawarkan. Nah, Anda perlu memilih platform iklan yang tepat agar target pelanggan yang Anda inginkan tercapai. Dengan melakukan periklanan yang tepat, maka akan meningkatkan brand awareness pada produk Anda.

Memilih tempat beriklan yang tepat juga bisa memangkas biaya promosi. Saat ini, iklan digital lebih disukai dan lebih mampu meningkatkan brand awareness sebuah produk. Anda juga bisa mengajak influencer untuk bekerja sama mengenalkan produk Anda kepada followers mereka. Namun, pastikan Anda menganalisis terlebih dahulu bahwa pengikut mereka adalah target yang tepat untuk produk Anda.

Membangun sebuah start-up tentu bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, namun Anda bisa memulainya dengan optimis dan menerapkan beberapa tips peluncuran produk untuk start-up Anda nantinya. Jika nanti ada rintangan yang menghambat, hadapi dan selesaikan. Biasanya, setiap tantangan atau hambatan yang muncul akan selalu disertai dengan solusi. Jangan lupa, terus lakukan personal development, mulai dari 3 Strategi Membangun Bisnis Auto Pilot, Performance Management System, mempelajari administrasi pengupahan jika Anda mempekerjakan banyak orang dalam bisnis start-up Anda, dan sebagainya.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua