Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Komunikasi di Tempat Kerja dan Mengatasi Atasan yang Sulit
Artikel
HR Management

Tips Komunikasi di Tempat Kerja dan Mengatasi Atasan yang Sulit

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Apakah saat ini Anda sedang bekerja di suatu instansi atau perusahaan dan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan atasan yang sulit? Komunikasi di tempat kerja yang nyaman dan kondusif memang menjadi faktor penentu seorang karyawan betah dan bisa bekerja secara produktif. Komunikasi di sini berlaku antar karyawan dan komunikasi dengan atasan.

Mengalami masalah atau ketidakcocokan komunikasi antar karyawan tentu saja hal yang wajar. Tapi bagaimana kalau persoalan ini terjadi antara Anda dengan atasan? Pasti Anda akan merasa serba salah. Tidak jarang, ada karyawan yang lebih memilih berhenti kerja karena tidak sanggup mengatasi konflik dengan atasan.

Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keadaan dan menjalin kembali hubungan yang lebih baik dengan atasan, salah satunya dengan memahami gaya komunikasi, menggunakan komunikasi persuasif, paham tentang 3 faktor komunikasi, dan sebagainya.

Tips Komunikasi di Tempat Kerja agar Terjalin Hubungan Baik dengan Atasan

Membangun komunikasi yang efektif di tempat kerja memang perlu dilakukan oleh semua individu di dalam perusahaan, termasuk oleh Anda tentunya. Komunikasi efektif ini bisa dipelajari sehingga untuk dapat berkomunikasi dengan atasan yang sulit pun dapat dilakukan dengan baik. Untuk lebih jelasnya, berikut tips komunikasi di tempat kerja agar terjalin hubungan baik dengan atasan yang sulit.

Tips Komunikasi di Tempat Kerja dan Mengatasi Atasan yang Sulit

Ubah Mindset

Tanamkan dalam pikiran, bahwa Anda tidak akan mengambil kesimpulan apa pun mengenai atasan yang bersikap kurang ramah terhadap Anda. Anda perlu mencari tahu lebih banyak mengenai atasan tersebut dan mengapa dia bersikap seperti itu. 

Dengan kata lain, Anda harus lebih dulu mengubah dan mengelola mindset Anda, agar tak salah persepsi dengan atasan. Atau bisa jadi, atasan tidak menyadari kesalahan yang sudah dilakukannya dan belum memahami dengan benar peran atasan di dalam kerja tim. 

Prinsipnya, mengelola mindset Anda sendiri akan sangat membantu memahami sudut pandang dan alasan seseorang bersikap kurang menyenangkan. Bisa jadi ini hanya karena salah paham dan kurang komunikasi. Maka terapkan rumus bertutur kata baik. Siapa tahu saja, sikap atasan yang sulit bisa jadi melunak melihat cara Anda menghadapinya dengan tutur kata yang baik. 

Mempelajari Sumber Masalah

Sesekali, Anda harus lebih menurunkan ego ketika menghadapi masalah dengan atasan. Pikirkan kembali, apakah persoalan ini adalah murni karena atasan yang sulit, ataukah Anda yang terlalu baper. Anda juga harus tahu perbedaan permasalahan dan persoalan tersebut, demi bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Jika rekan kerja lain mengalami hal yang sama, mungkin saja kesalahan memang ada pada atasan. Lebih baik Anda tidak menghiraukan hal tersebut dan tetap fokus memperbaiki komunikasi di tempat kerja.

Tetaplah fokus pada pekerjaan dan jangan terlalu memasukkannya ke hati. Bersikap dan tunjukkan komunikasi seolah tidak ada apa-apa. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang ketika bekerja, tanpa adanya bayang-bayang atasan yang menyulitkan.

tips komunikasi di tempat kerja

Bahas Permasalahan dengan Atasan

Tips melakukan pendekatan komunikasi dengan atasan bisa dengan cara meminta waktu untuk berbicara empat mata. Bicarakan terus terang mengenai hal-hal yang menjadi pikiran Anda, namun hindari penggunaan kata “masalah” dan “sikap atasan.” Lebih baik kemukakan alasan yang menjadi poin masalah yang terjadi, tanpa terkesan menyalahkan atasan. Anda juga bisa mengajak atasan untuk berdiskusi mengenai cara menghasilkan ide brilian bagi pengembangan perusahaan tempat Anda bekerja.

Jangan Melampiaskan Kekesalan

Ada satu hal penting yang tidak boleh Anda lakukan ketika ingin memperbaiki komunikasi di tempat kerja dengan atasan. Jangan sampai Anda melampiaskan kekesalan kepada atasan yang justru menambah masalah semakin rumit.

Ingatlah bahwa pelampiasan tidak bisa dijadikan sebagai cara berbicara dengan atasan. Meski sikap atasan membuat hati sering kesal, lebih baik minta waktu dan ajak bicara. Dari bicara ini nanti Anda bisa menggali lebih dalam sikap, perilaku, dan mungkin alasan kenapa atasan melakukan hal tersebut.

Buat Atasan Menyukai Anda

Atasan yang menyulitkan, ternyata tidak hanya disebabkan oleh ketidaksukaannya pada Anda. Bisa jadi, memang inilah karakter atau sifat bawaannya. Jika memang seperti ini, lebih baik cobalah meluluhkan hati atasan. Buatlah ia menyukai Anda, sehingga pekerjaan semakin lancar dan penuh semangat. Jika Anda mengetahui cara disukai customer, maka cara ini pun bisa Anda terapkan agar atasan menyukai Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua