Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Jitu Lolos Interview Kerja Pertama Kali
Artikel
Recruitment & Selection

Tips Jitu Lolos Interview Kerja Pertama Kali

Punto Wicaksono19 Mar 234 menit membaca

Apakah kamu baru pertama kali mengikuti interview kerja? Jika iya, maka kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai. 

Sebab, di artikel ini akan membahas secara lengkap tentang tips jitu lolos interview kerja pertama kali, mulai dari mempelajari daftar pertanyaan interview yang sering diajukan rekruter, mempelajari profil perusahaan, penampilan yang tepat untuk datang ke interview kerja, dan tips lainnya. 

Yuk, langsung saja baca penjelasannya di bawah ini.

1. Mempelajari Daftar Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Rekruter

Agar Anda dapat bersikap penuh percaya diri saat wawancara kerja, tak ada salahnya untuk mengenali beberapa pertanyaan yang bisa saja muncul. Mempelajari jenis-jenis pertanyaan, akan membantu Anda melewati proses interview dengan lancar. Berikut beberapa di antaranya.

  • Bisa ceritakan tentang diri Anda?
  • Kenapa Anda mengajukan lowongan untuk posisi ini?
  • Apa kelebihan dan kekurangan Anda?
  • Apa saja yang Anda ketahui mengenai perusahaan ini?
  • Apa rencana Anda di tiga sampai lima tahun kedepan?
  • Apa yang membuat kami yakin untuk menerima Anda?
  • Jika harus bertugas ke luar kota dalam waktu lama, apakah Anda bersedia?
  • Kapan Anda bisa bergabung dengan kami?
  • Berapa gaji yang Anda inginkan?
  • Ada yang kurang jelas dan ingin Anda tanyakan?

Kendati terdengar sederhana, faktanya sederet pertanyaan saat interview di atas juga bisa membuat calon pekerja gugup. Apalagi bagi kamu yang mungkin tidak terbiasa berbicara di depan orang asing.

Sebagai latihan, pelajari beberapa artikel berikut tentang pertanyaan interview dan jawabannya: 

lolos interview di perusahaan impian tentu adalah suatu kebanggaan

2. Pelajari Profil Perusahaan secara Lengkap

Tips paling dasar untuk lolos wawancara kerja adalah mempelajari secara detail terkait hal-hal yang berhubungan dengan perusahaan. Mulai dari kapan perusahaan berdiri dan lokasi tepatnya. 

Kamu juga perlu mempelajari sejarah perusahaan dan budaya kerjanya sehingga kamu memiliki gambaran seperti apa budaya kerja perusahaan, termasuk bagaimana kesejahteraan pegawai hingga visi misi bisnis.

Tak hanya perihal informasi perusahaan saja. Ada baiknya kamu juga mencari informasi terkait job desc atau beban kerja pada posisi yang dilamar. Kamu bisa mencari tahu informasi ini melalui karyawan yang bekerja di sana, atau mencari informasi di media sosial dan website resmi perusahaan.

3. Berpenampilan Menarik Ketika Datang ke Interview Kerja

Percayalah, penampilan atau personal grooming memegang peranan penting saat wawancara. Untuk itu, kamu harus menyiapkan pakaian yang warnanya sesuai, sepatu, hingga tas yang hendak dipakai untuk interview. Jangan asal dalam memilih gaya berpakaian, karena wajib disesuaikan dengan ketentuan perusahaan. 

Rapikan rambut dan pastikan kuku bersih. Boleh juga mengenakan wewangian supaya tubuh wangi, bersih, terlihat rapi, dan Anda semakin percaya diri. 

Jika menggunakan hijab, usahakan agar clean hijab look formal. Caranya bagaimana? Anda bisa mempelajari tutorial hijab formal. Bisa juga mengikuti tips jitu berpenampilan saat wawancara di platform e-learning QuBisa.

4. Jawab Pertanyaan dengan Fokus, Tenang, dan Percaya Diri

Dalam proses wawancara kerja, normal jika kamu diminta menjelaskan tentang diri kamu. Ingat, jelaskan kemampuan diri dengan tenang, termasuk kelebihan dan kekurangan. 

Jangan sampai kamu terdengar terlalu sombong terkait kemampuan atau terlalu malu mengenai kekurangan. Perusahaan akan mempertimbangkan kemampuan kamu berkomunikasi lho. 

Anda harus bisa bersikap profesional dan serius, apalagi saat wawancara

5. Berlatih Menjawab Pertanyaan

Agar bisa menjawab pertanyaan interview kerja dengan lancar, tak ada salahnya untuk melatih diri. Cobalah menjawab jenis pertanyaan yang kerap muncul saat interview kerja yang sudah dijelaskan di awal untuk menambah rasa percaya diri. Kamu juga bisa belajar interview lewat carrier buddy program.

6. Bersikap Profesional

Hal terakhir yang wajib kamu lakukan jika memang ingin berhasil memperoleh pekerjaan dalam tahapan wawancara ini adalah bersikap profesional. 

Terlepas dari besar atau kecilnya perusahaan hingga instansi yang dilamar, kamu harus bisa bersikap profesional dan serius, apalagi saat wawancara. Jika perlu, lakukan kontak mata dengan pihak yang memberikan interview supaya terlihat percaya diri, meyakinkan.

7. Berperilaku dan Memiliki Etika yang Baik

Jangan terlalu banyak tersenyum apalagi sampai tertawa tanpa menjawab pertanyaan. Perilaku tersebut bisa dilihat oleh HRD sebagai bentuk ketidakprofesionalan. Jika dibiarkan, kondisi seperti ini bisa membuat kamu tidak bisa lolos interview.

Selain itu, matikan ponsel selama proses wawancara agar tidak mengganggu, dan jangan sampai menerima panggilan telepon juga di depan rekruter yang masih melakukan interview. Ini bisa dianggap kamu tak memiliki etika lho.

Dari 7 tips jitu lolos interview kerja bagi yang baru pertama kali interview di atas, ada satu hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan. Datanglah tepat waktu ke lokasi interview! Bagaimana jika terlambat? Wah, kamu harus baca artikel ini untuk mengatasinya: Kamu Telat Datang Interview Kerja? Lakukan 5 Hal Ini!

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua