Unduh Aplikasi QuBisa
7 Tips Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan
Artikel
Content Marketing

7 Tips Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan

Jasmi30 Jan 236 menit membaca

Bagian copywriting yang pertama kali dibaca oleh audiens adalah headline atau judul. Itu sebabnya, kamu harus membuat judul atau headline yang menarik pada copy iklan untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, kamu perlu menggunakan tagline atau slogan yang mudah diingat, menggunakan kalimat persuasif, menonjolkan benefit yang akan audiens dapatkan, dan sebagainya. Yuk, baca penjelasan lengkap tips copywriting untuk meningkatkan penjualan di artikel ini.

7 Tips Copywriting Efektif untuk Iklan yang Dapat Meningkatkan Penjualan

Melalui copywriting, Anda bisa dengan mudah memasang iklan di berbagai macam media online. Proses penulisannya memang membutuhkan trik khusus yang berbeda dengan jenis tulisan lainnya demi menarik perhatian audiens, sekaligus mendorong mereka melakukan tindakan tertentu yang Anda sarankan. Agar tulisan Anda memberi pengaruh besar, terapkan 5 langkah bikin copywriting yang efektif berikut ini:

Headline Harus Menarik

Judul atau headline harus dibuat semenarik mungkin, sehingga memunculkan rasa “terpenuhi” karena menjawab rasa frustasi pembaca, sekaligus mendorong rasa penasaran mereka untuk mencari tahu lebih banyak. Lalu, mereka pun membaca isi tulisan Anda secara keseluruhan.

Maka langkah selanjutnya, Anda harus memastikan judul dan isi tulisan harus relevan dan bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalah yang pembaca hadapi. Pada akhirnya, pembaca pun melakukan tindakan yang Anda sarankan, setelah mereka selesai membaca copywriting Anda. 

Gunakan Kata-kata yang Lebih Personal

Membangun keakraban dengan audiens adalah hal penting berikutnya yang perlu Anda lakukan kalau ingin materi iklan Anda sukses. Untuk itu, Anda perlu menggunakan kata-kata yang lebih personal, menciptakan kesan yang mendalam, dan menunjukkan kalau Anda mengenal audiens dengan baik. 

Caranya bagaimana? Langsung gunakan kalimat yang straight to the point. Misalnya menyebutkan nama pelanggan dengan hangat saat mengirimkan email marketing. Ceritakan dulu “permasalahan” yang banyak orang hadapi (yang mungkin juga dihadapi audiens). Gunakan gaya storytelling untuk mempengaruhi sisi emosi audiens. 

Lalu, tunjukkan solusinya dengan bahasa yang mudah dipahami, tak berbelit-belit, serta apa yang seharusnya audiens lakukan supaya masalah mereka bisa selesai dengan baik. 

tips membuat copywriting efektif untuk meningkatkan penjualan

Jelaskan Benefit yang Audiens akan Dapatkan

Bisnis yang sukses dan dicintai konsumen adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan mereka. Alih-alih menonjolkan keunggulan produk dengan cara jualan secara hard selling, alangkah baiknya kalau Anda menjelaskan benefit atau manfaat yang akan audiens dapatkan jika melakukan saran Anda. Saran di sini bisa berarti mengisi survey, subscription (berlangganan), melakukan pembelian produk, dan lainnya.

Untuk bisa menjelaskan manfaat bagi audiens, tentu saja Anda perlu menguasai jenis produk dan menemukan keunikannya, kemudian hubungkan dengan kebutuhan pelanggan. Sudut pandang pengolahan tulisan memegang peranan penting, terutama saat Anda membandingkan produk Anda dengan produk kompetitor. Hindari menjelek-jelekkan produk pesaing dan tetap fokus pada keunggulan produk Anda tanpa harus menyebutkan kalau produk tersebut memang unggul.

Ungkapkan Fakta dan Data untuk Memperkuat Isi Copywriting

Demi membangun kepercayaan dan ketertarikan audiens, Anda perlu menambahkan fakta dan data terkait isi tulisan. Itu makanya, Anda perlu melakukan riset dan mencari isu yang tepat sesuai dengan rasa frustasi audiens. Lebih bagus lagi kalau fakta dan data yang Anda sajikan berbentuk angka yang bisa lebih mudah audiens temukan ketika mereka membaca iklan Anda.

Oh ya, setelah menyajikan data, jangan lupa tambahkan relevansi antara data, masalah yang audiens hadapi, dan solusi yang tersedia sehingga masalah tersebut bisa selesai. Penyajian data yang relevan akan membantu meningkatkan kepercayaan audiens terhadap produk dan bisnis Anda.

Tagline atau Slogan yang Unik Bikin Produk Lebih Mudah Diingat

Tagline adalah kalimat singkat, sederhana, dan mudah diingat mengenai apa sih yang produk Anda tawarkan bagi audiens. Agar lebih mudah memahaminya, coba Anda sebutkan tagline berikut ini milik brand apa saja?

  • Life is never flat.
  • Just do it.
  • Think different.
  • How low can you go?
  • Mulai aja dulu.
  • Pasti ada jalan.

Dengan adanya tagline yang unik dan mudah diingat, audiens pasti akan lebih mudah mengingat produk sekaligus brand bisnis Anda.

tips copywriting untuk konversi penjualan

Gunakan Call to Action (CTA) dengan Tepat

Call to action atau CTA adalah suatu gambar (tombol untuk diklik), teks (tulisan) atau bentuk saran lain yang perlu audiens lakukan. Nah, Anda perlu menggunakan dan menempatkan CTA yang tepat untuk mendorong audiens mengambil action tertentu yang Anda sarankan, serta sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Untuk membuat CTA yang tepat dalam tulisan copywriting, Anda bisa menggunakan kata perintah, kata ajakan, power word yang mendesak audiens, atau kalimat yang memancing emosi dan mengundang rasa penasaran.

Contoh: 

  • Beli 1 Gratis 1, Hanya Hari ini. Klik "Beli" sekarang!
  • Dapatkan Voucher Belanja 100rb. Yuk, Isi Survey ini!

Masih butuh penjelasan lengkap mengenai penggunaan Call to Action? Anda bisa mempelajarinya pada tulisan lain di platform belajar online QuBisa ini, antara lain:

Analisis dan Evaluasi secara Berkala

Langkah terakhir untuk mewujudkan copywriting yang sukses, Anda harus mau melakukan analisis dan evaluasi secara berkala terhadap hasil tulisan. Beberapa hal yang perlu Anda amati, yaitu efektivitas tulisan, jangkauan pembaca, view, interaksi, jumlah click, dan sebagainya. 

Jika hasilnya belum memenuhi harapan, maka Anda perlu mengulang 6 langkah di atas untuk membuat copy iklan yang lebih baik. Memang menulis copywriting butuh latihan agar sukses. Di sisi lain, Anda juga harus mengenal audiens Anda dengan baik, termasuk selera, gaya tulisan iklan, dan bentuk konten seperti apa yang mereka sukai.

Setelah mengetahui tips copywriting untuk meningkatkan penjualan, maka selanjutnya Anda juga perlu menerapkan formula penulisan copy yang tepat dan teknik copywriting yang jitu. Cek langsung pada 2 artikel berikut ini ya: 7 Formula Copywriting yang Wajib Kamu Tahu dan 7 Rekomendasi Teknik Copywriting Jitu untuk Promosi Bisnis.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua