Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Berpikir Lebih Kreatif
Artikel
Creativity

Tips Berpikir Lebih Kreatif

Monica Anggen24 Jan 233 menit membaca

Kreativitas dalam bekerja merupakan hal yang sangat penting. Tanpa kreativitas, akan sulit bagi seseorang untuk mengembangkan usaha atau menyelesaikan suatu pekerjaan. Sebenarnya, kreativitas dapat dilatih. Ada beberapa cara meningkatkan kreativitas berpikir yang dapat membantu menemukan ide-ide inovatif, termasuk mencari cara tercepat menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang optimal.

Cara Meningkatkan Kreativitas Berpikir

Anda yang saat ini sedang merasa bingung tentang bagaimana cara meningkatkan kreativitas dalam berpikir, kini bisa merasa lega. Tips yang akan disampaikan di sini merupakan tips sederhana, namun apabila dilakukan secara serius maka akan memberikan hasil yang memuaskan. Inilah beberapa tips menarik agar Anda bisa berpikir lebih kreatif dan inovatif.

Membaca Buku

Tips berpikir kreatif untuk inovasi yang pertama, yaitu membaca buku. Orang-orang yang senang membaca buku cenderung memiliki pikiran yang lebih terbuka dan kreatif. Di dalam buku terdapat beragam informasi menarik yang akan menambah wawasan dan pola pikir.

Bagi yang sebelumnya tidak menyukai buku, sekarang cobalah untuk membaca buku secara rutin setiap hari dengan tema apa saja yang sesuai dengan keinginan. Misalnya, Anda ingin menjadi orang yang lebih kreatif dalam bisnis, bacalah buku yang berkaitan dengan bisnis. Kebiasaan Anda membaca buku, juga dapat membantu Anda nantinya memiliki kemampuan membaca karakter manusia.

Menonton Film Berkualitas

Tips meningkatkan kreativitas berpikir, bisa pula dengan menonton film berkualitas. Ada begitu banyak film yang tersedia, mulai dari film bergenre romantis, action, horor dan lain sebagainya. Dari banyaknya pilihan film yang ada, coba pilih film-film yang bisa meningkatkan kualitas berpikir.

Beberapa contoh film berkualitas, antara lain film sejarah, animasi, film bertema teknologi, science fiction, dan lain sebagainya. Dengan memilih film yang berkualitas atau yang mendorong Anda ikut berpikir selama menonton, maka bisa meningkatkan kemampuan berpikir. Terkadang, seseorang bisa mendapatkan ide yang menarik dari menonton film.

Membaca buku meningkatkan kemampuan berpikir

Mengunjungi Tempat yang Bisa Merelaksasi Pikiran

Terlalu sering di dalam ruangan tanpa melihat dunia luar juga bisa membuat pikiran lebih tertutup. Agar Anda semakin kreatif, kunjungi tempat yang indah, misalnya saja berlibur ke pantai.

Keluar dari zona nyaman, akan sangat membantu meningkatkan kemampuan berpikir serta menjadi salah satu tips berpikir kreatif yang efektif. Berkunjung ke alam bebas atau ke tempat-tempat yang bisa merelaksasi pikiran bisa membuat pikiran terasa lebih segar. Ketika pikiran lebih rileks, Anda jadi lebih mudah untuk menemukan ide-ide menarik.

Menulis

Seseorang yang senang menulis biasanya juga memiliki ide atau kreativitas yang tinggi. Anda bisa mulai membiasakan diri menulis sesuatu dengan tema yang sesuai dengan keinginan. Ketika Anda menulis, itu artinya Anda juga membaca. Akan lebih efektif apabila Anda memiliki blog pribadi yang bisa digunakan untuk menyalurkan ide atau tulisan.

Kalau semakin sering menulis dan Anda jadi penasaran bagaimana cara kreatif jadi menulis? Ada bisa belajar dari teman yang berprofesi sebagai penulis, ikut kursus menulis online, ikut komunitas menulis dan sebagainya. Selain itu, juga ada banyak video tutorial mengenai cara mengasah kemampuan menulis di Qubisa.com.

Berkumpul dengan orang kreatif

Berkumpul dengan Orang-orang Kreatif

Kreativitas berpikir dapat ditingkatkan apabila Anda senang berkumpul dengan orang-orang kreatif. Lingkungan sangat berpengaruh terhadap pola pikir seseorang. Perbanyak teman yang memiliki kreativitas tinggi agar Anda juga tertular dengan pola pikir lincah seperti cara mereka berpikir.

Apabila Anda terlalu banyak berkumpul dengan orang yang malas mengembangkan diri, Anda juga akan cenderung stagnan. Kebanyakan pebisnis memiliki lingkungan yang mendukung mereka untuk bisa berpikir kreatif. Hal ini membuktikan, memiliki teman yang inovatif dan kreatif merupakan hal yang penting.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan kreativitas berpikir yang efektif. Sebenarnya, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan mengikuti kursus online mengenai Tips Berpikir Lebih Kreatif dan Penuh dengan Inovasi. Semoga 5 tips di atas bisa meningkatkan kreativitas dalam berpikir dan artikel ini menjadi bermanfaat bagi Anda.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua