Unduh Aplikasi QuBisa
Tips Memilih Tempat Kursus Digital Marketing Terbaik
Artikel
Digital Marketing

Tips Memilih Tempat Kursus Digital Marketing Terbaik

Punto Wicaksono27 Jan 247 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Menurut laporan yang diterbitkan Smart Insight, peluang bekerja di ranah digital marketing masih terbuka lebar. Apalagi di Indonesia banyak pebisnis UMKM hingga perusahaan besar mengandalkan internet untuk mempromosikan dan menjual produk secara online. 

Jika saat ini kamu menjadi salah satu orang yang ingin berkarir sebagai digital marketer dan sedang mencari tempat kursus digital marketing terbaik, kamu wajib banget baca artikel ini sampai selesai.

Peluang Kerja Digital Marketing

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna internet yang sangat masif. Itu sebabnya, ketika pemerintah mencanangkan program digitalisasi, maka terbuka peluang kerja di dunia digital hingga kurang lebih 600 ribu talenta setiap tahun.

Kebutuhan tersebut meliputi tenaga kerja dengan level dasar hingga profesional. Sementara ketersediaan tenaga kerja yang menguasai skill digital hanya berkisar antara 150 ribu hingga 200 ribu per orang.

Nah, buat kamu yang baru lulus kuliah, apa pun jurusan dan bidang studi yang kamu ambil, kalau kamu memiliki skill digital, maka potensi kamu diterima bekerja di perusahaan ternama akan semakin besar.

Atau bagi kamu yang ingin switching career, dan ingin pindah posisi ke bidang digital marketing, sudah tentu banyak peluang bagus juga yang bisa kamu ambil. 

Istimewanya lagi profesi digital marketing itu adalah bisa bekerja secara full time di suatu perusahaan, bekerja secara hybrid, hingga bisa pula menjadi freelancer di beberapa perusahaan. Kebayang dong, berapa besar penghasilan yang bisa kamu dapatkan setiap bulannya?

Berminat menjadi digital marketing dan sedang mencari kursus digital marketing terbaik di Indonesia? Kalau iya, klik dulu banner di bawah ini untuk info selengkapnya:

9 Tips Memilih dan Ciri Tempat Kursus Digital Marketing Terbaik

1. Proses Pendaftaran Mudah

Kemudahan proses pendaftaran menjadi faktor pertama yang perlu kamu perhatikan saat memilih tempat kursus. 

Misalnya, kamu cukup masuk ke platform atau aplikasi kursus, membuat akun, memilih kelas, melakukan pembayaran, dan tinggal menunggu kelas dimulai. Dengan proses pendaftaran yang mudah, jelas akan mengefisienkan waktu yang kamu miliki. 

2. Ada Sertifikat & Sertifikasi BNSP

Sertifikat menjadi bukti tertulis bahwa kamu sudah mengikuti suatu kursus dengan baik dan dengan hasil yang baik. Artinya, kamu memang bisa dikatakan telah memiliki keterampilan dan skill di bidang yang kamu pelajari.

Sementara sertifikasi BNSP menjadi acuan kalau kemampuan kamu telah diakui oleh para ahli profesional (yang menguji ketika proses pengambilan sertifikasi). 

Sertifikasi BNSP ini diakui secara nasional lho, sehingga saat melamar kerja, sertifikat ini bisa menjadi nilai tambah untuk kemampuan kamu di mata calon perusahaan.

3. Ada Jaminan Kerja

Ciri tempat kursus digital marketing terbaik berikutnya, ada jaminan kerja. Maksudnya, setelah kamu berhasil menyelesaikan rangkaian sesi belajar di tempat kursus tersebut, kamu akan disalurkan ke perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan skill digital marketing.

Salah satu tempat kursus digital marketing yang menyediakan kelas bootcamp dengan jaminan kerja adalah QuBisa. 

Hingga hari ini, peserta kursus yang mengikuti pelatihan digital marketing di Qubisa kurang lebih 600+ orang dan 400+ di antaranya sudah direkrut perusahaan rekanan QuBisa dan langsung mendapatkan pekerjaan. 

Kamu mau juga menjadi salah satu peserta yang langsung mendapatkan pekerjaan begitu selesai mengikuti bootcamp? Langsung daftar saja di sini: Bootcamp Digital Marketing dengan Jaminan Kerja.

4. Biaya Terjangkau

Biaya kursus perlu menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk melakukan pendaftaran. Apalagi jika level kamu masih pemula, ditambah belum bekerja.

Meski begitu, cukup banyak tempat kursus digital marketing yang berani memberikan jaminan uang kembali kalau kamu tidak mendapatkan pekerjaan lho. 

Jadi dengan harga misalnya 3 juta Rupiah, ada jaminan kerja, dan uang bisa kembali kalau kamu tak kunjung mendapatkan pekerjaan, rasanya harga segitu sangat worth it

Dengan catatan, kamu wajib mengikuti syarat dan ketentuan agar layak menjadi kandidat potensial yang dicarikan kerjaan di bidang digital marketing ya.

fasilitas kursus digital marketing

5. Fasilitas yang Tersedia

Periksa juga mengenai fasilitas yang tersedia di tempat kursus digital marketing.  Jika diselenggarakan secara offline, alangkah baiknya kamu berkunjung ke lokasi penyelenggaraan kursus.

Sementara jika online, periksa ada tidaknya rekaman dari setiap sesi kelas, sehingga kamu bisa mengulang pelajaran kapanpun kamu butuhkan. Lalu cek juga, ada tidaknya modul, asesmen, materi tentang pengembangan karir dan karakter, sesi mentoring, dll. 

Semua ini akan membantu meningkatkan keahlian dan value kamu sebagai seorang yang ahli di bidang digital marketing.

6. Baca Review & Cari Referensi

Untuk tahu mana tempat kursus digital marketing terbaik, ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu, seperti membawa berbagai review mengenai tempat kursusnya di internet atau di media sosial.

Bisa pula dengan mencari informasi di website official tempat kursus, bertanya pada alumni yang sudah menyelesaikan kursus atau bootcamp di tempat tersebut, dan lainnya. Selain itu, coba ikuti dua atau tiga webinar terbaik yang diselenggarakan tempat kursus.

Semua cara di atas bisa memberi gambaran kepada kamu mengenai tempat kursus yang ingin kamu ikuti kelasnya, dan bisa membuat kamu semakin yakin untuk belajar digital marketing.

7. Jam Belajar

Pilihlah tempat kursus yang memiliki jam belajar sesuai kebutuhan kamu. Misalnya kelas berlangsung pada antara jam 19.30 - 21.00 wib, sehingga siang harinya kamu masih bisa melakukan aktivitas lain. Misalnya kuliah, kursus keterampilan lain, bekerja, dan sebagainya.

8. Durasi Belajar

Selain memperhatikan ada tidaknya rekaman untuk setiap sesi, materi belajar, fasilitas, ada tidaknya sertifikasi, lihat pula durasi belajarnya.

Banyaknya teknik dan jenis digital marketing akan sangat sulit dikuasai hanya dalam 1-2 hari sesi kursus. Bahkan untuk waktu 7 hari pun akan berat lho.

Idealnya, durasi belajar antara 10-12 sesi belajar dan penyelenggaraan kelas misalnya 3 kali dalam seminggu. Selain belajar bersama mentor secara langsung, kamu juga akan mendapatkan pre & post assessment, ujian, serta praktik, yang membantu meningkatkan penguasaan kamu terhadap materi yang dipelajari.

9. Pengajar Profesional dan Kredibel

Terakhir, cari informasi siapa yang menjadi pengajar di kursus digital marketing yang mau kamu ikuti. Cari tahu juga bagaimana latar belakangnya, profesi dan pekerjaannya, hingga kredibilitas sang pengajar.

Alangkah baiknya kalau pengajar di bootcamp atau kursus digital marketing memang punya pengetahuan dan pengalaman mumpuni menerapkan berbagai strategi digital marketing.

Belajar Online Digital Marketing

Di Mana Kita Bisa Belajar Digital Marketing?

1. QuBisa

Qubisa adalah platform belajar online yang menyediakan kursus serta bootcamp digital marketing terbaik.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika belajar dan mengikuti kursus digital marketing di sini, antara lain:

  • Ada jaminan dapat kerja atau 100% uang kembali, jika dalam kurun waktu 6 bulan setelah selesai belajar kamu belum mendapatkan pekerjaan.
  • Career mentoring di mana kamu akan mendapatkan panduan karir dari mentor praktisi dan direkrut dari perusahaan ternama untuk mengembangkan CV, portofolio, dan persiapan interview kerja.
  • Pre & Post Assessment untuk mengukur kemampuan dan minat kamu bekerja di bidang digital marketing.
  • Sertifikasi BNSP yang diakui nasional
  • Semua tugas atau project yang kamu kerjakan selama belajar bisa menambah portofolio kamu.
  • Bisa langsung belajar dari expert dan para ahli di industri digital marketing.
  • Mendapatkan pelatihan leadership, creative and critical thinking, growth mindset, design thinking, emotional intelligence, hingga impactful influencing skills.

Kamu bisa membaca informasi lengkap, bahkan langsung melakukan pendaftaran dengan klik link ini: Bootcamp Digital Marketing.

2. Google Skillshop

Google Skillshop adalah layanan kursus digital marketing yang disediakan Google. Di sini, kamu bisa belajar mengenai pemasaran menggunakan produk Google, seperti YouTube, Google Analytics, Google Ads, hingga Authorized Buyers. 

Google Skillshop yang sebelumnya bernama Academy for Ads menjadi tempat belajar pemasaran yang menyeluruh dan bisa dipelajari oleh siapa pun, mulai dari pemula hingga mereka yang sudah berpengalaman. Kursus bisa diakses melalui skillshop.exceedIms.com.

3. Google Digital Garage

Tempat belajar digital marketing berikutnya yang bisa kamu pilih, yaitu Google Digital Garage. Kursus kelas ini juga salah satu fasilitas dari Google bagi pengguna internet yang mau meningkatkan skill digital.

Di sini, kamu bisa mempelajari 26 modul, kemudian mengerjakan soal untuk mengukur kemampuan di sesi kelas Fundamental of Digital Marketing. Google Digital Garage menyediakan sertifikat bagi yang bisa mengikuti kursus hingga akhir. Kursus bisa diakses di learndigital.withgoogle.com.

Kebutuhan akan talenta digital yang terus naik bisa kamu jadikan peluang karir. Agar mampu menjawab kebutuhan pasar, kamu perlu memiliki skill digital marketing yang mumpuni.  Salah satu caranya dengan mempelajari skill tersebut di tempat kursus digital marketing terbaik. Jika sudah siap mengikuti kursus, terapkan Tips Sukses Ikut Kursus Digital Marketing Online.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua