Unduh Aplikasi QuBisa
Teknik Delegasi untuk Meningkatkan Performa Tim
Leadership

Teknik Delegasi untuk Meningkatkan Performa Tim

Monica Anggen24 Jan 233 menit membaca

Tidak ada manusia yang benar-benar sempurna sehingga bisa mengerjakan semua pekerjaan. Itu sebabnya, banyak pebisnis yang mengatakan bahwa kegagalan utama dalam mengembangkan usaha bisa disebabkan faktor ketidakmampuan mendelegasikan tugas. Semua pekerjaan mau dikerjakan sendiri dan akhirnya karena kebanyakan, jadi berantakan.

Pebisnis atau pemimpin yang merasa hebat dan mampu melakukan segalanya bisa jadi ada dan memang memiliki kemampuan tersebut. Namun, kalau Anda ingin mencapai suksesi atas kesuksesan yang luar biasa, Anda tidak membutuhkan tenaga Supermen, tetapi lebih membutuhkan SuperTeam. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang saat ini sedang membangun bisnis atau menjadi pemimpin di suatu tim kerja, menerapkan teknik delegasi untuk meningkatkan performa tim. 

Apa Itu Delegasi?

Dalam menjalankan bisnis atau perusahaan, dibutuhkan kemampuan manajemen yang bagus serta keterampilan delegasi. Saat Anda memiliki kemampuan delegasi yang berkualitas, Anda bersama seluruh anggota tim bisa seiring sejalan meningkatkan performa kerja demi tercapainya tujuan bersama. 

Sebagai langkah awal, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai Rahasia Tim yang Unggul dan 5 Karakteristik Utama Tim yang Unggul. Jika sudah mempelajari kedua materi tersebut, maka selanjutnya, Anda bisa lanjut membaca cara meningkatkan performa tim yang perlu untuk Anda ketahui.

Fakta yang saat ini sering terjadi, banyak orang salah mengartikan tentang delegasi dan memerintah. Keduanya memang terkesan sama, akan tetapi sebenarnya merupakan hal yang berbeda. Mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain adalah memberikan wewenang kepada karyawan untuk mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya bisa Anda lakukan.

Mendelegasikan tugas juga bisa diartikan, Anda memberi kepercayaan kepada orang lain untuk melakukan suatu tugas dan yakin mereka bisa mengerjakannya dengan optimal dan bertanggung jawab. Dalam delegasi ini, ada harapan yang juga disertakan, yaitu meningkatkan performa tim sehingga semua individu di dalamnya bertumbuh bersama.

Tapi perlu diperhatikan, mendelegasikan tugas bukan berarti Anda lepas tanggung jawab dan terbebas dari beban tugas tersebut. Anda tetap perlu membagi tugas disesuaikan dengan ciri-ciri karyawan dan kemampuan mereka masing-masing, kemudian memberi bimbingan, masukan dan saran, bahkan jika diperlukan tak segan memberi bantuan. 

Jadi, bagaimana cara meningkatkan performa tim agar seluruh anggota tim bisa menjadi tim kerja yang unggul?

Cara Meningkatkan Performa Tim dengan Keterampilan Delegasi

Setelah mengetahui tentang apa itu delegasi, selanjutnya tinggal memahami bagaimana cara meningkatkan keterampilan delegasi. 

Kepercayaan Kunci Penting di Dalam Tim Kerja

Cara meningkatkan performa tim yang pertama, adanya rasa saling percaya antara pemimpin dan seluruh anggota tim, kemudian antara satu orang dengan orang lainnya di dalam tim. Tanpa ada rasa percaya, bekerja bersama di dalam suatu tim pasti akan sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk membangun kepercayaan ini terlebih dahulu di dalam tim kerja Anda. 

Prinsipnya, setiap orang di dalam tim bisa membangun rasa percaya tadi. Pemimpin yang percaya kepada anggota timnya tentu juga akan mendapatkan hal sebaliknya, bisa dipercaya dan diandalkan oleh seluruh anggota tim. Anggota tim yang diberi kepercayaan, biasanya juga akan menjadi lebih percaya diri dengan kemampuannya serta dengan kemampuan tim, kemudian jadi lebih nyaman juga dalam menyampaikan aspirasi atau ide-ide terbaik bagi penyelesaian pekerjaan dan pengembangan tim secara keseluruhan. 

Kalau sudah ada rasa saling percaya, maka semua yang terlibat di dalam tim bisa bekerja dengan lebih optimal tanpa ragu dan menjadi lebih produktif. 

Pembagian Tugas Disesuaikan dengan Kemampuan

Teknik delegasi tugas berikutnya, Anda sebagai pemimpin perlu mengenali kemampuan tiap-tiap orang di dalam tim kerja Anda. Orang yang pandai dalam desain, tentu akan lebih produktif bekerja di bidang yang dikuasainya daripada bidang pemrograman, misalnya. Sementara anggota tim lain yang lebih senang menjalin hubungan dengan banyak orang, bisa jadi lebih nyaman di bidang marketing, humas, atau public relation

Dengan mengenali kemampuan tiap anggota tim, pendelegasian tugas pun menjadi lebih tepat sasaran, bahkan tim Anda bisa bekerja lebih produktif dengan hasil yang optimal. Untuk itu, sesuaikan suatu jenis pekerjaan dengan kemampuan yang dimiliki oleh orang yang mendapatkan tugas untuk mengerjakannya. Di saat yang sama, Anda juga perlu kemampuan membangun hubungan yang baik di dalam tim dan manajemen konflik yang mungkin terjadi. 

Deskripsi Tugas Harus Jelas

Supaya performa tim tetap terjaga atau bahkan bisa semakin meningkat, Anda perlu menyampaikan deskripsi tugas secara jelas dan detail saat melakukan delegasi pekerjaan. Teknik delegasi yang satu ini sungguh perlu Anda terapkan. Misalnya dengan mengadakan meeting tim, kemudian melakukan presentasi untuk tiap-tiap pekerjaan, detail pekerjaan, mensinergikan pekerjaan, KPI yang hendak dicapai, target atau goals keseluruhan tim, dan sebagainya. Semuanya sudah harus didiskusikan di awal pembagian pekerjaan. 

Berikan pula waktu untuk mendiskusikan semuanya bersama-sama dan memberi kesempatan kepada seluruh anggota tim untuk mengemukakan pendapat mereka masing-masing terkait beban kerja yang dibagikan. Intinya, semua sudah didiskusikan sejak awal sebelum memulai suatu project sampai akhirnya semua juga sepakat menyelesaikan pekerjaan itu bersama-sama dengan hasil yang baik.

Berikan Tenggat Waktu

Meningkatkan performa kerja tim berhubungan erat dengan kemampuan tim menyelesaikan seluruh pekerjaan dengan baik, optimal, dan sesuai batas waktu. Dan agar sinergi seluruh pekerjaan bisa terkumpul pada waktu yang sama, Anda sebagai pemimpin perlu menetapkan deadline atau tenggat waktu dengan lebih spesifik. 

Adanya batas waktu ini, akan mendorong setiap orang di dalam tim untuk mengelola waktu mereka dengan baik sehingga tugas selesai sesuai jadwal yang ditentukan. Untuk memantau progres setiap orang di dalam tim, Anda bisa mengajak tim secara bersama-sama memilih satu orang untuk bagian reporting dan analisis pekerjaan. Usahakan sebelum pekerjaan diserahkan kepada klien, pekerjaan sudah maksimal hasilnya. 

Masih ada banyak teknik delegasi dan pengembangan atau peningkatan performa kerja tim yang bisa Anda pelajari di artikel lain di dalam website Qubisa. Anda juga bisa mempelajarinya dari pelatihan cara Tepat Melakukan Delegasi untuk Membangun Performa Team atau pelajari Manajemen Talenta, Sistem Karir dan Suksesi agar pendelegasian tugas yang Anda lakukan jadi makin maksimal.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua