Unduh Aplikasi QuBisa
7 Rekomendasi Teknik Copywriting Jitu untuk Promosi Bisnis
Artikel
Digital Marketing

7 Rekomendasi Teknik Copywriting Jitu untuk Promosi Bisnis

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Kondisi bisnis saat ini memang berada dalam persaingan yang sangat ketat. Fakta yang tak bisa dipungkiri, banyak bisnis besar yang sudah menjalankan bisnis sedemikian lama di Indonesia, akhirnya terpaksa menutup sebagian gerai atau seluruh gerai mereka akibat tak mampu bertahan dengan tingginya tingkat persaingan bisnis di era disrupsi ini. Anda pasti sudah tahu, kan, bisnis raksasa apa saja yang bahkan gulung tikar dan melakukan PHK besar-besaran dalam dua tahun terakhir ini?

Di saat yang sama, penerapan digital marketing perlu sesegera mungkin dilakukan karena terjadi perubahan kebiasaan berbelanja konsumen, dari yang sebelumnya offline menjadi online. Pebisnis harus mulai sesegera mungkin melakukan inovasi dan transformasi digital supaya dapat menjangkau pasar online yang semakin ramai. 

Pentingnya Menggunakan Copywriting dalam Strategi Promosi Bisnis

Dalam digital marketing, ada yang namanya teknik copywriting dan direkomendasikan sebagai salah satu upaya promosi bisnis yang bagus. Pada artikel sebelumnya di aplikasi belajar online QuBisa, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu Tips Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan. Jika sudah, baru Anda membaca artikel ini untuk mendapatkan perspektif yang luas terkait penerapan copywriting dalam mempromosikan bisnis Anda secara online.

Menerapkan teknik copywriting sangat penting untuk kemajuan usaha, mengingat kegiatan promosi bisnis di era digital saat ini sudah mengalami pergeseran dari pemasaran konvensional menjadi pemasaran digital atau digital marketing

Apa itu copywriting? Copywriting adalah teknik penulisan materi promosi atau iklan dengan tujuan untuk mempengaruhi siapa pun yang melihat iklan tersebut mengambil tindakan, baik membaca ulasan, mengisi survei, atau melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan. Ada perbedaan copywriting dan content writing yang harus Anda pahami di sini agar tidak salah dalam penerapannya.

7 Rekomendasi Teknik Copywriting Jitu untuk Promosi Bisnis

Tindakan calon pembeli membaca ulasan atau menunjukkan ketertarikan pada tawaran Anda dalam teknik copywriting yang Anda terapkan inilah yang kemudian dapat menarik minat sehingga melakukan closing atau pembelian suatu produk.

Berikut ini ada 7 rekomendasi teknik copywriting yang dapat Anda coba untuk kegiatan promosi bisnis dalam upaya pengembangan bisnis.

Maksimalkan Marketing Copywriting untuk Pengembangan Bisnis

Tujuan pembuatan marketing copywriting tak lain untuk memperkenalkan produk dan layanan suatu perusahaan. Buatlah konten semenarik mungkin guna meningkatkan pemasaran Anda. Jika pemasaran dan penjualan mengalami peningkatan, maka proses pengembangan bisnis selanjutnya bisa Anda lakukan dengan cepat.

Di saat yang sama, Anda juga perlu melakukan berbagai cara lain dalam proses mengembangkan bisnis, seperti:

copywriting yang menjual dimulai dari memperhatikan kaidah SEO

Wajib Ada Ulasan Mengenai Brand dalam Copywriting

Masing-masing perusahaan memiliki tujuan serta keunggulan tersendiri yang tak dimiliki perusahaan lain. Oleh karena itu, fokus penulisan copywriting hendaknya mengarah pada penyampaian pesan secara cermat dan jelas mengenai brand atau perusahaan, layanan yang dimiliki, keunggulan perusahaan, dan benefit yang bisa didapatkan bagi pelanggan yang loyal. Hal ini bisa pula didukung dengan penyelenggaraan program loyalitas pelanggan.

Copywriting Tetap Perlu Mengikuti Kaidah SEO

Untuk memaksimalkan penelusuran pada mesin pencarian, Anda bisa menggunakan SEO atau search engine optimization guna menarik pembaca mengunjungi laman Anda. Pelajarilah kaidah yang benar mengenai penulisan teknik SEO. 

Beberapa ulasan lengkap mengenai SEO bisa Anda pelajari dengan mengikuti kursus online gratis maupun berbayar yang tersedia di aplikasi belajar online QuBisa, antara lain:

Secara umum, SEO mampu membuat website Anda lebih berkualitas serta meningkatkan kuantitas kunjungan traffic pembaca. SEO bukan hanya bicara tentang page ranking di Google saja, di mana ketika pengunjung meminta produk tertentu, website Anda mampu muncul dalam pencarian teratas. Faktanya, SEO dapat mendongkrak angka transaksi yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Optimalkan Direct Response Copywriting

Akhir tujuan dari optimalisasi copywriting meningkatkan penjualan, yakni pelanggan diarahkan pada tombol CTA atau click to action. Mereka dimudahkan secara langsung untuk melakukan pembelian melalui halaman yang telah disiapkan. Kemudahan yang diberikan ini merupakan keunggulan dari strategi digital marketing

Selain itu, buatlah konten yang bertujuan membangun respons secara langsung dari pelanggan dan perusahaan. Pembaca yang mampir pada website Anda dapat meninggalkan testimoni maupun ulasan mengenai produk Anda. Hal kecil ini mampu memberikan suasana halaman menjadi lebih hidup.

teknik copywriting untuk meningkatkan penjualan dengan menganalisis kompetitor

Technical Copywriting

Salah satu tujuan dari copywriting untuk iklan adalah memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai prosedur dan manfaat penggunaan suatu produk. Penjelasan yang rinci dan detail mengenai produk ini penting untuk memberikan pengetahuan bagi konsumen yang akan memanfaatkan suatu produk.

Penuhi 4 Aspek Copywriting

Tips copywriting selanjutnya, penuhi 4 aspek dalam copywriting. Penulisan suatu produk harus memenuhi minimal empat aspek, yakni attention (perhatian), interest (menarik), desire (keinginan), dan yang terakhir adalah action (tindakan). Secara rinci keempat komponen tersebut sebaiknya muncul dalam setiap konten sehingga pembaca tak bosan dengan penyampaian yang diberikan.

Pelajari Strategi Kompetitor dan Lakukan Analisis Kompetitor

Copywriting yang menjual bertujuan menarik emosi dan logika pembeli untuk melakukan action. Kemampuan Anda untuk menggaet pelanggan baru dengan dua hal tersebut akan meningkatkan interaksi pada halaman website Anda. 

Tak ada salahnya Anda melakukan riset atau penelitian kecil mengenai strategi kompetitor untuk menarik pelanggan mereka. Dengan melakukan competitor analysis, Anda dapat mengetahui gerak pesaing bisnis di bidang yang sama. 

Persaingan bisnis yang kompetitif harus disikapi dengan bijaksana. Anda tak perlu mengada-ada terhadap fakta maupun kondisi di luar produk Anda. Bersikap jujur dengan kondisi terbaik yang Anda miliki akan membuat produk Anda lebih mudah diterima pelanggan. Fokuslah pada copywriting meningkatkan penjualan, optimalisasi layanan, dan peningkatan kualitas produk, sehingga pelanggan merasa puas dengan output kerja yang dihasilkan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua