Unduh Aplikasi QuBisa
Mengetahui Struktur Kalimat yang Baik dalam Bahasa Indonesia
Artikel
Language

Mengetahui Struktur Kalimat yang Baik dalam Bahasa Indonesia

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 233 menit membaca

Struktur kalimat yang baik dalam bahasa Indonesia sangat penting, agar ketika Anda melafalkannya akan terdengar semakin bagus. Untuk itu diperlukan penyusunan struktur kalimat berdasarkan aturan yang berlaku. Paling tidak struktur pada kalimat minimal terdapat dua unsur, subjek dan predikat. Kemudian ditambah objek serta keterangan agar membuat kalimat semakin sempurna.

Sebelum mempelajari terkait contoh struktur kalimat, mari memahami dulu apa itu struktur kalimat beserta empat struktur pada kalimat. 

Pengertian Struktur Kalimat

Struktur kalimat adalah pola atau unsur untuk membentuk komponen kata menjadi kalimat yang benar dan sesuai penulisan dalam bahasa Indonesia. Untuk penggunaan kalimat efektif, ada 4 komponen struktur tetap, yaitu subjek, predikat, objek, dan keterangan, yang mana lebih dikenal dengan singkatan SPOK. Berikut contoh kalimatnya.

Struktur Kalimat dalam Bahasa Indonesia Disertai Contohnya

Apakah Anda sudah mengetahui pengertian paragraf? Saat menentukan gagasan pokok paragraf membutuhkan penyusunan kalimat yang baik agar Anda lebih mudah mengembangkannya pada paragraf selanjutnya. Dalam hal ini, tentu membutuhkan struktur pada kalimat dengan pola SPOK.

Subjek

Pola paragraf yang pertama adalah subjek. Ini merupakan komponen paling awal atau berada di posisi depan pada sebuah kalimat. Subjek ini bisa berupa kata atau frasa benda, yang berfungsi sebagai pokok pembicaraan.

Predikat

Sementara itu, untuk membuat pola paragraf yang baik, dibutuhkan kalimat dengan SPOK yang baik pula. Setelah menentukan subjek, Anda harus memilih predikat. Predikat merupakan unsur yang menjelaskan suatu subjek yang sedang dibicarakan. 

Menyusun struktur kalimat yang baik

Struktur kalimat berupa predikat umumnya memuat kata kerja yang bisa bersifat aktif maupun pasif. Karena berisi kata kerja, pada umumnya kata tersebut menjelaskan pekerjaan yang sedang dilakukan oleh subjek.

Objek dan Keterangan

Pada penyusunan struktur kalimat pun harus memiliki objek dan keterangan. Objek dan keterangan mempunyai kemiripan. Perbedaannya terletak pada penggunaan dan peletakan. Objek bisa berperan sebagai subjek ketika Anda membuat kalimat pasif. Namun keterangan tidak bisa menjadi subjek untuk kalimat pasif. 

Contoh Struktur Kalimat yang Benar

Ada banyak jenis teks dalam bahasa Indonesia atau macam-macam paragraf untuk membuat narasi yang baik. Namun, paragraf yang baik harus terdiri dari struktur yang benar pada setiap kalimat demi kalimat di dalamnya. Setelah Anda mengetahui unsur apa saja yang harus ada dalam struktur kalimat bahasa Indonesia, kini masuk ke contoh kalimatnya.

Misal: Nina menulis buku harian di kamar.

  • Subjek: Nina, atau individu yang melakukan kegiatan.
  • Predikat: menulis, kegiatan yang dilakukan Nina adalah sebuah predikat.
  • Objek: buku harian, jabatan kata atau kegiatan yang sedang dikerjakan oleh Nina. 
  • Keterangan: kamar, merupakan tempat kejadian atau keterangan tempat. 

Contoh Pola Kalimat

Mengetahui contoh pola kalimat bisa mempermudah Anda untuk semakin memahami struktur pada kalimat. Apalagi untuk menemukan ide pokok paragraf yang baik dibutuhkan kalimat yang relevan. 

  • Kalimat Berpola Subjek-Predikat: Ibu membaca.
  • Kalimat Berpola Subjek-Predikat-Objek: Ibu membaca buku.
  • Kalimat Berpola Subjek-Predikat-Objek-Keterangan: Ibu membaca buku di ruang tamu.

Itulah penjelasan tentang struktur kalimat yang baik dan benar dalam bahasa Indonesia. Sangat mudah, bukan untuk memahami pembuatan struktur dalam kalimat agar menjadi paragraf yang baik pula. Setelah mengetahui pola paragraf, Anda bisa langsung mempraktikkan pembuatan kalimat berdasarkan SPOK.

Penyusunan kalimat yang baik akan membuat kalimat tersebut mudah dibaca

Jika Anda ingin semakin memahami tentang struktur kalimat, definisi paragraf, pengertian imbuhan, dan 5 Jenis Teks Bahasa Indonesia, cobalah untuk mengambil beberapa kursus di platform belajar online QuBisa. Di platform e-learning QuBisa, Anda bisa mengikuti kursus online gratis dan berbayar terkait materi Teaching & Academics tentang berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Sebagai platform belajar jarak jauh yang mendukung Anda untuk meningkatkan keterampilan digital milenial dan keterampilan sukses milenial, QuBisa juga menyediakan banyak pilihan webinar pengembangan diri dan kursus leadership online.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua