Unduh Aplikasi QuBisa
Strategi Naik Kelas dalam Berkarir
Artikel
Motivation

Strategi Naik Kelas dalam Berkarir

Punto Wicaksono24 Jan 233 menit membaca

Namanya bekerja di suatu perusahaan, pasti ada suka dan dukanya, namun semua ini tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Di saat yang sama, pastinya Anda juga menginginkan peningkatan karir dalam bekerja, yang berarti juga bertambahnya penghasilan disertai penambahan tanggung jawab pula. 

Untuk bisa mendapatkan peningkatan jabatan atau karir di tempat kerja, sudah pasti butuh kerja keras dan kemampuan diri yang memang berkualitas. Anda juga memerlukan perencanaan karir yang baik, sehingga Anda bisa mengetahui apa saja yang perlu disiapkan untuk bisa meningkatkan karir Anda. 

Jika saat ini Anda masih merasa bingung tentang bagaimana cara meningkatkan karir, mungkin Anda memerlukan strategi khusus. Melalui strategi tersebut, Anda bisa meningkatkan kemampuan, relasi, dan hal lain yang bisa berpengaruh ke performa kerja secara keseluruhan.

Strategi Naik Kelas dalam Berkarir

Meskipun dinilai tidak mudah, bukan berarti Anda tidak bisa mencapai jabatan atau posisi yang tinggi. Peningkatan karir bukan hal mustahil yang akan Anda capai, selama Anda berusaha dengan baik, tekun, dan konsisten, Anda pasti bisa meraihnya. Adapun berikut ini merupakan tips karir building yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu:

Mencari Mentor

Strategi pertama dalam meningkatkan karir yang perlu Anda lakukan adalah mencari mentor yang tepat. Dari mentor inilah, Anda bisa belajar seputar karir atau bisnis yang sedang dijalani, mengembangkan kemampuan dan keahlian, serta menambah wawasan. Belajar dari mentor profesional, juga bisa membantu Anda melatih cara berpikir kritis dan pengambilan keputusan yang tepat, belajar mengendalikan diri, dan tidak gegabah dalam bertindak. 

Anda bisa memilih mentor dari atasan langsung atau staf senior yang mempunyai jenjang karir lebih tinggi. Sesekali, Anda bisa pula meminta saran tentang apa saja yang sebaiknya Anda lakukan agar kinerja Anda semakin baik. Belajar dari kisah dan pengalaman mereka menuju posisi karir yang sekarang juga bisa Anda lakukan. Karena dari pengalaman orang lain itulah Anda bisa tahu mana yang sebaiknya dilakukan dan mana yang perlu dihindari.

Semakin bergaul dengan banyak mentor profesional, Anda akan belajar banyak hal tentang kesuksesan. Mereka juga akan menginspirasi atau memotivasi pendengarnya selalu semangat bekerja.

Meningkatkan Kecerdasan dan Emosional

Sebelum meningkatkan karir, pastikan Anda memiliki pengetahuan atau kecerdasan yang tinggi dan tingkat emosional yang baik. Kedua hal tersebut sangat diperlukan mengingat karir yang meningkat memiliki tantangan yang lebih sulit. Anda harus bisa membangun kecerdasan berpikir serta kecerdasan emosi. Nanti dari sini pula, Anda bisa menjadi pribadi yang Cerdas Menganalisis Permasalahan dan Jitu dalam Pengambilan Keputusan.

Kemampuan Komunikasi

Komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki. Dengan memiliki kemampuan ini, Anda bisa meningkatkan karir seiring waktu. Melalui komunikasi yang efektif, Anda bisa membangun hubungan dengan banyak orang, baik rekan kerja, atasan atau pun klien.

Membangun Relasi

Tips meningkatkan karir selanjutnya, Anda perlu membangun relasi atau jaringan dengan banyak orang. Dalam hal ini, Anda bisa mencari kenalan di manapun sesuai dengan profesi atau minat Anda.

Cara terbaik dalam membangun relasi dan jaringan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti seminar, organisasi, komunitas dan lain sebagainya. Di era teknologi di mana media sosial sudah berkembang semakin canggih, maka membangun jaringan bukan lagi hal yang sulit. Buka saja LinkedIn, Facebook, dan forum-forum online, Anda bisa menemukan banyak orang yang mungkin memiliki kesamaan minat atau bidang profesi dengan Anda. Bertemanlah dengan mereka. 

Ikut Pelatihan dan Sertifikasi

Jika Anda ingin sukses dan karir meningkat, Anda tentu saja wajib meningkatkan potensi dan kemampuan diri Anda terlebih dahulu. Tidak ada salahnya, Anda mengambil kursus atau ikut pelatihan secara rutin terkait bidang-bidang pengetahuan dan keahlian yang ingin Anda kuasai. 

Saat ini, sudah tersedia banyak sekali fasilitas pelatihan secara online atau media belajar lainnya, baik gratis maupun berbayar, yang bisa Anda manfaatkan tanpa mengganggu waktu kerja Anda. 

Jika Anda ingin memiliki pengetahuan untuk bisa meningkatkan karir, Anda bisa mempelajari Strategi Naik Kelas Dalam Berkarir (Level UP your Career). Kalau Anda belum mengetahui cara pembuatan rencana karir yang bisa membantu Anda mencapai posisi atau jabatan impian, pelajari saja Tips Perencanaan Karir Agar Tercapai Tujuan Yang Sudah Direncanakan

Prinsipnya, tetaplah berusaha mencari yang Anda butuhkan untuk bisa naik kelas dalam berkarir. Selama Anda berusaha, pasti akan ada banyak jalan terbuka lebar di depan Anda untuk mendukung Anda naik kelas.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua