webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Lika Satvarini :

Yuk Bisa Yuk, Membangun Kepercayaan Diri Dalam Public Speaking

LIHAT DETAIL

Strategi Lolos Interview Agar Sukses Bekerja di Bidang yang Diinginkan

Career Development | 07 Jan 3 menit membaca
Punto Wicaksono Punto Wicaksono
Selengkapnya Sembunyikan
Strategi Lolos Interview Agar Sukses Bekerja di Bidang yang Diinginkan

Bagaimana hasil wawancara kerja terakhir Anda? Tahap paling penting saat melamar pekerjaan adalah tahap wawancara. Banyak di antara pencari kerja yang tak jadi mendapatkan pekerjaan impian karena gagal lolos di tahap interview. Penyebabnya, antara lain penampilan awal yang kurang berkesan, cara komunikasi yang buruk, dan tidak bisa melakukan kontak mata dengan baik. Ini sungguh disayangkan. Agar tahap seleksi dalam melamar pekerjaan yang telah dilalui tidak sia-sia hanya karena gagal dalam wawancara, Anda bisa mulai menerapkan strategi lolos interview agar sukses bekerja di bidang yang diinginkan. 

 

Pentingnya Menerapkan Strategi Lolos Interview

Dalam proses rekrutmen tenaga kerja, hampir semua perusahaan akan memperhatikan banyak aspek dari calon karyawannya. Hasil atau nilai test tulis dan pengetahuan yang gemilang memang menjadi salah satu syarat penilaian, namun tentu saja tidak hanya ini saja yang jadi penentu Anda bisa diterima bekerja atau tidak. Masih ada faktor penentu lainnya. Maka, tak ada salahnya, Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu diperhatikan agar bisa lolos dalam tahap wawancara.

strategi lolos job interview

 

Miliki Pengetahuan Seputar Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

HRD yang mendapat tugas melakukan wawancara dengan Anda pasti akan mengajukan pertanyaan terkait seberapa banyak pengetahuan yang kamu miliki, atas perusahaan, bidang kerja perusahaan, dan job desc yang Anda lamar. Untuk itu, saat Anda mendapatkan kabar sudah berhasil melalui beberapa tahap seleksi dan akan memasuki tahap wawancara, maka persiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Cari referensi sebanyak mungkin terkait area bisnis perusahaan, kompetitor, kondisi brand di mata masyarakat saat ini, dan usulan pengembangan perusahaan di masa depan. Fokuskan perhatian Anda pada hal-hal terkait perusahaan dan bidang kerja yang Anda inginkan dan jangan sampai melebar atau menjelekkan perusahaan lain. Lalu, beritahu pula kemampuan, pengalaman, serta kelebihan yang Anda miliki, yang nanti bisa ikut berperan di dalam pengembangan perusahaan di masa depan.

 

Kesan Pertama Harus Menggoda!

Pewawancara biasanya memiliki kemampuan untuk membaca karakter pelamar kerja dari cara berpakaiannya. Seseorang yang berpakaian rapi, mengenakan pakaian terbaik, dan memperhatikan penampilan, cenderung bekerja dengan rapi, teliti, dan teratur. Di saat yang sama, mereka yang tampil berantakan cenderung ceroboh, cuek, dan kurang teratur. Inilah sebabnya, ketika Anda datang untuk melakukan interview kerja, perhatikan penampilan dengan sebaik mungkin. Dengan kata lain, kesan menggoda yang dimaksudkan di sini bukan menggoda dalam arti negatif, melainkan bagaimana cara Anda tampil menarik dan membangkitkan rasa penasaran sehingga pewawancara ingin tahu lebih banyak mengenai Anda. 

Selain sisi penampilan, kesan pertama juga bisa dimunculkan dari cara Anda menyapa ketika memasuki ruangan, melakukan jabat tangan dan memperkenalkan diri, melakukan kontak mata saat berbicara yang menandakan adanya kepercayaan diri yang baik, serta bagaimana attitude Anda ketika berbicara dengan orang lain. Perhatikan pula cara Anda berkomunikasi. Usahakan menjawab setiap pertanyaan dengan kalimat yang ringkas, padat, namun tetap informatif. Hindari menjawab pertanyaan dengan kalimat-kalimat pendek yang hanya menggambarkan Anda sebagai orang yang pasif. 

Strategi Lolos Interview

 

Pastikan Memahami Setiap Pertanyaan Sebelum Menjawab

Salah satu strategi lolos interview kerja adalah bagaimana Anda memahami setiap pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara, kemudian memberikan jawaban yang tepat. Jangan asal menjawab karena pewawancara akan menilai kualitas setiap kalimat dari jawaban yang Anda berikan. Setiap pertanyaan biasanya mengandung bobot nilai yang berbeda, dan hal ini akan sangat mempengaruhi diterima tidaknya Anda bekerja di perusahaan tersebut. 

Jika ada pertanyaan yang kurang Anda pahami, jangan segan untuk mengajukan pertanyaan kembali, sehingga jawaban yang Anda berikan bisa sesuai seperti yang diharapkan. Berani mengajukan pertanyaan dan pernyataan yang ‘berisi’ akan menunjukkan pula antusias Anda bisa bekerja di perusahaan tersebut. Untuk diketahui, tidak ada perusahaan yang berkenan menerima karyawan yang sebenarnya tak terlalu tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut. 

Dari sekian banyak strategi yang bisa Anda terapkan demi sukses wawancara, tak ada salahnya Anda melakukan lebih banyak persiapan sebelum hari wawancara dilakukan. Persiapan yang perlu dilakukan, misalnya mengetahui lokasi tempat diadakannya wawancara, mencari tahu proses wawancara dan cara penilaian yang diberlakukan, mencari referensi macam-macam pertanyaan yang biasanya diajukan saat interview, dan sebagainya. 

Untuk mengoptimalkan dan memperbesar peluang Anda diterima bekerja di perusahaan impian, Anda juga bisa terlebih dahulu ikut kursus, pelatihan atau webinar tentang strategi lolos interview

Dengan mengikuti kursus atau webinar ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak insight yang tentu saja bisa membantu Anda mencapai sukses melalui tahap wawancara.

Artikel Terkait

Ke Atas