Unduh Aplikasi QuBisa
5 Strategi Instagram Marketing untuk Maksimalkan Penjualan
Artikel
Social Media Marketing

5 Strategi Instagram Marketing untuk Maksimalkan Penjualan

Punto Wicaksono24 Jan 234 menit membaca

Pengaplikasian digital marketing atau pemasaran digital untuk kepentingan bisnis merupakan pilihan yang tepat di era digital seperti sekarang ini. Digital marketing ada banyak jenisnya. Salah satunya, strategi social media marketing menggunakan platform Instagram sebagai media promosi. Nah, pertanyaannya sekarang, strategi Instagram marketing seperti apa yang bisa membantu memaksimalkan penjualan?

Apa Itu Instagram Marketing?

Instagram marketing merupakan bentuk pemasaran digital, di mana platform Instagram menjadi media untuk memasarkan brand hingga produk. Pemanfaatan Instagram sebagai media pemasaran tentu saja bukan tanpa alasan. Dengan pengguna aktif yang melebihi satu miliar orang per bulan, menjadikan Instagram sebagai media yang tepat untuk terhubung dengan lebih banyak orang, meningkatkan brand awareness, sekaligus sebagai cara untuk meningkatkan penjualan

Strategi dalam Mengaplikasikan Instagram Marketing

Instagram marketing memang menjanjikan hasil yang menggiurkan bagi para pelaku bisnis, terutama bagi pebisnis yang menjalankan bisnisnya memanfaatkan platform Instagram. Namun, tentu saja hasilnya baru bisa dirasakan jika penerapan strategi pemasaran dilakukan secara optimal. Agar pemasaran melalui media Instagram yang Anda lakukan bisa berhasil, pelajari 5 strategi jitu berikut ini.

Wajib Menggunakan Akun Instagram Bisnis 

Untuk bisa menerapkan strategi Instagram marketing secara efektif, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan akun Instagram Bisnis. Mengapa harus menggunakan akun bisnis alih-alih akun Instagram biasa? 

Ada cukup banyak fitur bermanfaat untuk keperluan pemasaran yang hanya bisa Anda gunakan pada akun Instagram bisnis. Salah satu fitur penting dalam Instagram bisnis, yaitu Instagram analytics tools. 

Memanfaatkan insight pada perangkat analitik yang sudah disediakan Instagram bisnis akan membuat Anda bisa mempelajari perilaku follower, impression dan reach dari setiap konten yang sudah Anda unggah di Instagram, mengetahui jam ramai untuk publish konten, dan sebagainya.

memanfaatkan Instagram Marketing Tools

Memaksimalkan Insight dari Instagram Marketing Tools Gratis 

Strategi selanjutnya adalah memanfaatkan atau menggunakan fasilitas berupa Instagram Marketing Tools yang disediakan gratis oleh Instagram. Dengan memanfaatkan Instagram Marketing Tools ini, Anda akan bisa memperoleh informasi penting seperti demografi pengikut, hingga statistik impression, reach, dan engagement dari setiap konten yang diposting di Instagram. 

Gunakan Tagar yang Tepat

Meski kesannya sepele, namun penggunaan tagar atau hashtag yang tepat akan bisa berpengaruh pada pemasaran, lho! Penggunaan tagar tak hanya akan mempermudah pengguna baru untuk menemukan konten yang Anda posting, melainkan juga untuk membagikan konten lain yang berhubungan dengan brand yang Anda miliki.  

Fitur Reels untuk Pemasaran 

Reels merupakan fitur Instagram yang sedang naik daun belakang ini karena memang kebanyakan pengguna Instagram lebih senang menonton video. Menggunakan fitur reels memungkinkan Anda mempromosikan dan memasarkan produk, layanan bisnis, maupun brand Anda dengan cara yang lebih menarik dalam video berdurasi hingga 60 detik. 

Selain itu, fitur reels juga membuat konten-konten Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna Instagram melalui menu Explore. Dengan cara memaksimalkan konten reels untuk strategi social media marketing membuat jangkauan konten Anda jadi lebih luas.

Memanfaatkan Fitur Reels untuk Pemasaran

Manfaatkan Instagram Ads 

Instagram Ads merupakan fitur milik Instagram yang memungkinkan Anda mengiklankan postingan konten, baik yang bertujuan untuk promosi, pemasaran, atau untuk membangun interaksi dengan audiens. Target audiens juga bisa Anda tentukan sendiri saat menjalankan ads sehingga konten promosi Anda lebih terarah dan bisa menjangkau target market yang sudah ditentukan. 

Instagram marketing merupakan bentuk pemasaran yang sedang tren saat ini. Dengan menggunakan Instagram sebagai media pemasaran, Anda bisa memperluas pasar, membangun interaksi dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan akhirnya bisa membuat angka penjualan produk mengalami peningkatan.   

Masih butuh tambahan referensi mengenai strategi Instagram marketing, pembuatan konten Instagram, dan memaksimalkan penjualan dengan memanfaatkan media sosial? Anda bisa mengikuti kursus online di platform e-learning QuBisa. Beberapa materi yang bisa Anda pelajari, seperti:

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua