webinar

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Restu B. Wicaksono :

Baper Terus

Akan Dimulai : 000000

LIHAT DETAIL

Akan Dimulai : 000000

Hanya Hari Ini Webinar QuBisa bersama Restu B. Wicaksono :

Baper Terus

LIHAT DETAIL

Membuat Strategi Dulu atau Struktur Organisasi Dulu?

Management | 19 Jul 4 menit membaca
Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu
Selengkapnya Sembunyikan
Membuat Strategi Dulu atau Struktur Organisasi Dulu?

Cara membangun perusahaan dan memulai bisnis dari nol tidak semudah membalik telapak tangan. Anda perlu menetapkan strategi perusahaan dan struktur organisasi perusahaan yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan.

Banyak faktor yang menentukan kesuksesan suatu perusahaan. Anda perlu membuat perencanaan yang matang sebelum mulai mengembangkan bisnis. Buatlah rencana kerja yang harus dilakukan secara runut dan jelas.

Jadi, membuat strategi dulu atau membuat struktur organisasi dulu? Perhatikan langkah-langkah dan cara membangun perusahaan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Mana yang Harus Dibuat Pertama Kali, Strategi Dulu atau Struktur Organisasi Dulu?

Identifikasi Perusahaan

Melakukan identifikasi perusahaan sangat penting agar Anda dapat merumuskan strategi yang tepat. Ketahui dengan jelas tujuan perusahaan, kekuatan, kelemahan, peluang, serta tantangan yang dihadapi perusahaan. 

Lakukan analisis dengan data yang relevan dan sesuai dengan kondisi terkini. Setelah kondisi perusahaan dapat teridentifikasi dengan jelas, maka Anda dapat melanjutkan menyusun strategi program pengembangan terstruktur selanjutnya, bahkan bisa merancang strategi meminimalkan dan mencegah terjadinya fraud di perusahaan.

Buat Strategi Perusahaan 

Ketika Anda ingin mengembangkan perusahaan, membuat strategi perusahaan dulu atau membuat struktur organisasi perusahaan dulu? Menurut Alfred Chandler, struktur organisasi perusahaan mengikuti strategi. Ini artinya, strategi perusahaan dibuat terlebih dulu.

Strategi perusahaan merupakan cara untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan, termasuk menentukan bagaimana cara perusahaan mengambil keputusan dan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki. Sedangkan struktur organisasi merupakan cara untuk menjalankan strategi yang telah dibuat.

Dapat diibaratkan bahwa strategi perusahaan merupakan rute atau jalan yang dipilih untuk mencapai tujuan. Sedangkan struktur organisasi merupakan kendaraan yang digunakan untuk melalui rute tersebut. Sehingga, tentu Anda perlu membangun jalannya terlebih dahulu sebelum menyiapkan kendaraannya.

Buat Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan merupakan garis berjenjang yang berisi posisi-posisi yang dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan. Struktur ini menggambarkan dengan jelas jabatan, fungsi, wewenang, serta tanggung jawab masing-masing orang yang menempati posisi tersebut.

Membuat struktur organisasi perusahaan

Cara membuat struktur organisasi perusahaan tidak sulit jika Anda telah berhasil mengidentifikasi perusahaan dan menentukan strategi yang akan dijalankan. Itulah mengapa strategi perusahaan sebaiknya telah dibuat sebelum struktur organisasi. 

Pilihlah orang-orang yang tepat sesuai dengan strategi perusahaan untuk mengisi posisi-posisi penting dalam struktur organisasi. Bagi perusahaan besar dengan struktur organisasi yang terlanjur gemuk, sulit untuk melakukan manuver bisnis. Maka biasanya perusahaan besar mengambil langkah untuk menyesuaikan strategi perusahaan mengikuti struktur organisasi. 

Pengawasan Fungsi-Fungsi Perusahaan

Setelah Anda melakukan identifikasi, menyusun strategi, dan membangun struktur organisasi, langkah selanjutnya adalah mengawasi jalannya penyelenggaraan perusahaan. Fungsi-fungsi perusahaan yang telah ditempatkan dengan wewenang dan tanggung jawab yang melekat tetap perlu diawasi secara proporsional agar tidak menyimpang dari strategi yang telah ditentukan.

Selama proses membangun bisnis, setiap bagian dari perusahaan perlu bersinergi untuk mengolah ide-ide baru dan menciptakan produk yang inovatif. Pengawasan fungsi-fungsi perusahaan dilakukan untuk mendorong percepatan kinerja perusahaan.

Melakukan evaluasi secara berkala

Evaluasi Berkala

Tidak ada strategi perusahaan yang sempurna. Sebaik apapun strategi yang yang telah dibuat dan dijalankan oleh orang-orang yang hebat, kadang kala butuh perbaikan juga. Zaman terus berkembang, maka perusahaan perlu beradaptasi untuk dapat bertahan. Di sinilah pentingnya melakukan evaluasi secara berkala.

Sebaiknya Anda tidak menunggu munculnya masalah terlebih dahulu untuk melakukan evaluasi. Lakukan evaluasi secara rutin dalam rentang waktu yang terukur untuk mengetahui perkembangan kinerja perusahaan dari waktu ke waktu.

Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi mau membuat strategi perusahaan dulu atau membuat struktur organisasi perusahaan dulu. Sesuaikan strategi dan struktur organisasi perusahaan dengan kondisi perusahaan masing-masing.

Artikel Terkait

Ke Atas