Unduh Aplikasi QuBisa
Milenial Wajib Punya Soft Skill untuk Menghadapi Dunia Kerja
Artikel
Career Development

Milenial Wajib Punya Soft Skill untuk Menghadapi Dunia Kerja

Jasmi24 Jan 236 menit membaca

Ingin segera mendapat pekerjaan usai lulus kuliah? Pahami dulu apa pentingnya soft skill saat masih di bangku kuliah. Selama kuliah mahasiswa tak hanya belajar tentang teknis sesuai jurusan saja, tetapi juga soft skill

Soft skill bagi mahasiswa adalah suatu keterampilan yang tidak bisa dilihat maupun diukur. Namun, keterampilan ini dibutuhkan dalam dunia kerja nantinya dan bisa jadi tolak ukur kesuksesan untuk mendapatkan pekerjaan. Kenali apa saja alasan Anda harus menguasai soft skill sejak awal. 

soft skill untuk milenial di dunia kerja

5 Alasan Pentingnya Soft skill Wajib Dimiliki Mahasiswa 

Ada begitu banyak jenis soft skill untuk masuk dunia kerja yang wajib dipelajari oleh milenial. Contohnya saja, kemampuan berkomunikasi baik secara lisan dan tulisan. 

Terampil dalam berkomunikasi secara lisan akan membantu saat tes wawancara masuk kerja. Selain itu, juga sangat membantu ketika bersosialisasi dengan rekan kerja, bahkan mampu berkomunikasi dengan atasan yang sulit.

Tahu bagaimana cara berkomunikasi sesuai dengan lawan bicara adalah soft skill yang akan dikuasai jika sudah terbiasa. Selain berkomunikasi, masih banyak jenis soft skill yang wajib dimiliki dan terus dikembangkan. 

Apa saja pentingnya soft skill bagi generasi milenial dalam dunia kerja? Dalam program KSM yang disediakan Qubisa platform belajar online Indonesia, ada banyak materi mengenai soft skill yang bisa Anda pelajari, baik dengan mengikuti webinar gratis, kursus online gratis, paket kursus, microlearning, dan sebagainya.

Mampu Berkompetisi

Era teknologi yang terus maju membuat bisnis selalu berkompetisi. Milenial yang masuk ke perusahaan tentunya perlu memiliki kemampuan ini sebagai upaya agar bisa menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik. 

Memiliki soft skill dan terus mengembangkan berbagai kemampuannya tersebut merupakan salah satu cara agar mampu berkompetisi dengan baik.

Mudah dalam Memilih Pekerjaan

Pentingnya soft skill juga akan mempengaruhi pilihan karir. Pada prosesnya, Anda perlu memahami manajemen talenta dan sistem karir, agar bisa terus meningkatkan karir di dunia kerja. Tidak sedikit milenial yang akhirnya tidak bekerja sesuai dengan jurusannya. Namun, karena soft skill yang dimiliki sangat baik justru mampu dikembangkan lebih jauh. 

Dengan kata lain, ketika Anda yang baru lulus kuliah, kemudian tidak mendapatkan pekerjaan sesuai jurusan saat kuliah, Anda tidak perlu takut untuk mencoba bidang lainnya. Apalagi jika bidang tersebut cukup menjanjikan dan Anda sukai, maka Anda hanya cukup mempelajarinya kembali dan menekuninya sampai sukses.

Memiliki Banyak Relasi

Soft skill bagi milenial berperan besar dalam membangun relasi. Dunia kerja sangat berbeda dengan saat kuliah, karena meningkatkan relasi tergantung dengan keterampilan komunikasi dan cara pendekatan personal yang dimiliki. Padahal dengan semakin banyaknya relasi, pengetahuan, kemampuan, bahkan peluang akan semakin terbuka lebar. 

Misalnya, Anda akan mengerjakan suatu proyek di tempat kerja. Bisa jadi, Anda membutuhkan relasi yang kuat agar proyek bisa terlaksana dengan baik. Relasi antar rekan kerja, klien, bahkan atasan, semuanya saling berhubungan dan perlu dibina. Anda bisa menjadi leader atau bahkan mendapatkan banyak mentor. Ingat, milenial perlu memiliki mentor, karena bisa jadi mentormu adalah penentu karirmu.

soft skill yang harus dimiliki milenial

Manajemen Diri yang Baik

Bukan hanya hubungan dengan orang lain saja, tetapi soft skill untuk masuk dunia kerja juga penting untuk manajemen diri sendiri. Kedisiplinan, tutur kata, dan sikap semua akan terlihat jika manajemen diri sendiri sudah dikuasai. 

Selain itu, Anda juga perlu membangun personal branding yang bagus, memiliki kemampuan dalam mengelola waktu, bekerja produktif, mampu mengelola keuangan pribadi, dan sebagainya.

Karakter tersebut akan membuat pekerjaan jadi lebih mudah dikerjakan dan sikap yang Anda lakukan akan disenangi oleh orang lain. Pengelolaan diri yang baik juga menjadi cara untuk menghindari perselisihan serta lebih memiliki kemampuan dalam mengelola stres

Membangun Mental yang Kuat

Mampu menyelesaikan masalah serta kebiasaan berpikir kritis adalah soft skill yang wajib dimiliki. Keterampilan ini akan membangun mental kuat dalam dunia kerja. Mental agility adalah salah satu alasan pentingnya soft skill dikuasai milenial. Maka pelajari, 7 Cara Meningkatkan Mental Agility.

Tanpa mental kuat, Anda mungkin akan mudah menyerah dengan keadaan atau tantangan yang muncul pada saat bekerja. Mental juga mempengaruhi konsistensi dalam mengasah kemampuan. 

Kelima alasan pentingnya soft skill ini perlu disadari oleh semua mahasiswa sebelum akhirnya terjun dalam dunia kerja. Tujuannya agar tidak kesulitan dalam beradaptasi di tempat kerja yang memiliki ritme berbeda. Pelajari pula, mengubah soft skill to power skill dengan mengikuti kursus online gratis di Qubisa, platform belajar online Indonesia. Dengan tagline #BelajarGakRibet dengan Qubisa, platform kursus online ini mengajak semua milenial untuk jadi generasi juara yang bisa mencapai kesuksesan yang diimpikan.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua