Cara Mudah Setting TikTok Ads dan Optimalkan Profil TikTok Bisnis

Social Media Marketing | 11 Okt 4 menit membaca
Gilang Maulani Gilang Maulani
Selengkapnya Sembunyikan
Cara Mudah Setting TikTok Ads dan Optimalkan Profil TikTok Bisnis

Untuk dapat memanfaatkan TikTok dalam strategi promosi dan pemasaran di media sosial, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami mengenai jenis iklan di TikTok, cara mudah setting TikTok ads, dan melakukan optimasi halaman profil TikTok. Tujuannya, supaya Anda bisa memaksimalkan kinerja pengiklanan di TikTok dan mendapatkan hasil sesuai harapan.

Jenis Iklan di TikTok

Sebelum memulai pemasangan iklan promosi di TikTok ads, ketahui dulu beberapa jenis iklan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Setidaknya, ada 5 macam jenis iklan di TikTok yang dapat Anda pilih, antara lain:

  • Infeed video, maka video akan muncul di timelines audience yang masuk dalam target market yang Anda bidik.
  • Brand takeover merupakan jenis iklan TikTok yang menampilkan suatu brand secara full screen dengan durasi 3-5 detik. 
  • The branded hashtag challenge bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan konten brand muncul di menu discovery. Memilih jenis iklan ini, akan membuat brand Anda mendapatkan promosi gratis dari para peserta challenge.
  • Branded effect ialah iklan dengan cara membuat filter yang bisa dipakai audience. Kreasikan filter seatraktif mungkin agar semakin banyak orang tertarik menggunakannya. Semakin banyak yang memakai filter Anda, semakin banyak pula orang yang mengenal brand Anda.
  • Top view ads ialah video pertama yang dilihat audience saat membuka TikTok.

Jika sudah paham dan tahu jenis iklan di TikTok mana yang bisa memenuhi kebutuhan promosi Anda, baru Anda melanjutkan ke langkah berikutnya. Cara daftar TikTok ads dengan mengunjungi situs TikTok ads, lalu pilih Create an Ad Button.

tiktok ads sebagai strategi social media marketing

Buat campaign TikTok ads dengan klik menu Campaign, lalu Create. Tentukan tujuan campaign yang akan Anda buat, misal traffic, conversions, atau install. Pastikan pengaturan untuk menentukan letak iklan pada TikTok ads, detail, dan target market dari iklan yang Anda buat. Di TikTok ads, selain menempatkan iklan di platform TikTok, Anda juga dapat menempatkannya di BuzzVideo, News Republic, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk mengisi nama tampilan, gambar, kategori, serta tentukan target market yang sesuai secara detail, seperti jenis kelamin, usia dan lain-lain. Terakhir, dalam langkah daftar TikTok ads ialah menentukan anggaran serta jadwal TikTok ads. Anda bisa memilih iklan dalam satu hari atau daily yang lebih terjangkau atau mingguan. 

Tips Memaksimalkan Halaman Profil TikTok

Setelah memahami hal-hal yang harus diketahui sebelum memasang TikTok ads dan telah meluncurkan iklan, alangkah baiknya Anda kemudian melakukan optimasi di halaman profil lewat konten-konten yang Anda buat. Caranya:

  • Buat video yang berkualitas, jernih, dengan penggunaan warna outfit yang serasi, dan lain-lain, agar pengguna TikTok betah menyimak hingga akhir. Anda dapat berkreasi dengan video dalam durasi pendek untuk menghindarkan pengguna melakukan skip karena bosan. Saat video disajikan dengan durasi pendek, pengguna cenderung menontonnya hingga akhir.
  • Gunakan musik yang sedang viral agar konten Anda berpotensi masuk di FYP (For Your Page). TikTok akan merekomendasikan video dengan backsound sama kepada mereka yang memiliki selera sama. Jadi, kesempatan untuk meraih banyak viewers akan semakin tinggi.
memanfaatkan tiktok untuk promosi jualan dengan memaksimalkan halaman profil menggunakan musik
  • Tambahkan hashtag untuk mempermudah pengguna menemukan konten Anda. Upayakan untuk menambahkan hashtag sebanyak mungkin asal tetap relevan dengan konten.
  • Ikuti berbagai challenge yang ada untuk bisa menambah jumlah interaksi. Semakin sering Anda mengikuti challenge, semakin besar pula kemungkinan video Anda menjadi viral.
  • Perhatikan waktu unggah, yaitu di jam-jam saat pengguna banyak yang mengakses TikTok, seperti jam istirahat siang, waktu santai di sore, atau malam hari.
  • Tampilkan kreasi agar penonton tidak lekas bosan hingga berujung skip yang bisa berdampak tidak baik bagi konten Anda. Selain video berjoget, Anda bisa berkreasi dengan video lifehack, tutorial, adegan slice of life yang sederhana, namun menyejukkan, dan sebagainya.

Memanfaatkan TikTok marketing merupakan salah satu strategi meningkatkan penjualan, bahkan bisa membantu Anda memperluas target market dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Untuk itu, terapkan cara mudah setting TikTok ads dan optimalkan profil TikTok bisnis Anda, sehingga bisa meraih target penjualan secara maksimal.

Artikel Terkait

Ke Atas