Unduh Aplikasi QuBisa
Memanfaatkan Search Engine untuk Strategi Digital Marketing
Artikel
Digital Marketing

Memanfaatkan Search Engine untuk Strategi Digital Marketing

Gilang Maulani26 Jan 245 menit membaca
Dengarkan dengan audio

Search engine tidak hanya menjadi pintu gerbang bagi pengguna internet yang mencari berbagai informasi, tetapi juga menjadi sarana yang efektif untuk promosi dan pemasaran produk, jasa, maupun layanan bisnis. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan search engine dalam penerapan digital marketing? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Search Engine?

Search engine, seperti Google, Bing, atau Yahoo, telah menjadi pusat pencarian informasi bagi jutaan orang di seluruh dunia. Search engine adalah suatu program yang didesain khusus untuk mencari dan menemukan informasi yang tersimpan di dalam database, dan sesuai dengan kata kunci yang telah audiens masukkan. 

Hal ini sejalan dengan kebiasaan masyarakat modern yang cenderung mengandalkan mesin pencari untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka, menelusuri produk atau layanan yang mereka butuhkan, serta menjelajahi berbagai topik yang menarik minat mereka. 

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin bisnis lebih dikenal dan diminati khalayak luas, memanfaatkan search engine adalah langkah strategis yang tidak dapat diabaikan.

Cara Memanfaatkan Search Engine untuk Promosi & Pemasaran

Pada bagian ini, kamu pasti sudah paham kalau ingin situs bisnis menjangkau lebih banyak audiens demi bisa meningkatkan traffic hingga menciptakan konversi, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut:

  • Harus bisa menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk meningkatkan peringkat situs di halaman hasil pencarian (SERP).
  • Menggunakan strategi digital marketing lainnya, seperti email marketing, influencer marketing, kerjasama bareng blogger, social media marketing, search engine marketing (SEM), dan lainnya.
  • strategi Pay per Click (PPC), yaitu menggunakan iklan berbayar untuk penargetan audiens yang lebih spesifik.

Masih ingin tahu mengenai strategi digital marketing? Ingin memperdalam tekniknya agar bisa menerapkan dengan baik? Sepertinya kamu perlu lho ikutan bootcamp dan belajar lebih dalam lagi. Langsung klik informasi lengkapnya di sini: Bootcamp Digital Marketing Bersertifikat yang ada di QuBisa.

Nah, selain menerapkan berbagai jenis strategi digital marketing di atas, ada beberapa hal lagi yang juga perlu kamu lakukan agar bisa memaksimalkan pemanfaatan search engine sebagai media promosi dan pemasaran. Beberapa hal tersebut, antara lain:

search engine marketing bisa membantu website Anda lebih mudah muncul di page one mesin pencari

1. Riset Kata Kunci Spesifik

Untuk bisa memanfaatkan search engine untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari, kamu perlu melakukan riset kata kunci yang spesifik.

Misalnya seperti QuBisa yang merupakan platform kursus online dan pelatihan karyawan, menggunakan kata kunci pelatihan karyawan dan webinar terbaik untuk menjangkau audiens yang membutuhkan pelatihan serta webinar dengan berbagai topik bahasan.

2. Buat Konten yang Berkualitas

Konten berguna untuk memberi informasi yang bisa menjawab semua pertanyaan audiens berkaitan dengan produk, jasa, maupun layanan yang tersedia. 

Maka mau tidak mau kamu perlu membuat konten yang berkualitas sebagai solusi yang bantu audiens menyelesaikan masalah mereka.

3. Manfaatkan Google My Business

Google My Business atau Google Bisnisku merupakan direktori yang akan memunculkan bisnis Anda pada bagian panel kanan, juga muncul di Google map.

Dengan memanfaatkan Google My Business, audiens akan lebih mudah menemukan bisnis kamu, baik secara online maupun offline

Manfaat Search Engine Dalam Penerapan Strategi Digital Marketing

Salah satu manfaat search engine marketing adalah membantu bisnis kamu tumbuh dan berkembang. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari search engine dalam marketing bisnis. Apa saja?

1. Membantu Mendongkrak Traffic Website

Cara kerja search engine adalah mengidentifikasi kata kunci yang dicari oleh pengguna internet. Jika situs kamu memuat kata kunci tersebut, maka situs kamu akan muncul di pencarian. 

Itulah mengapa semua website bisnis digital membutuhkan optimasi. Tujuannya, supaya peningkatan traffic website jadi maksimal. 

Jika dibandingkan dengan metode optimasi situs website lain, seperti SEO misalnya, maka penerapan SEM bisa memberikan hasil lebih cepat. 

Lalu saat traffic situs web sudah tinggi, potensi terjadinya konversi dan penjualan pun makin besar. Inilah yang kemudian bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan bagi bisnis.

SEM membantu Anda mendapatkan data demografi pelanggan yang berguna untuk strategi digital marketing kedepannya

2. Posisi Terbaik di SERP

Bagi yang sudah tak asing dengan SEO atau Search Engine Optimization, ini tak jauh berbeda daripada SEM. Hanya saja, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Cara kerja search engine marketing membutuhkan lebih banyak anggaran karena perlu bidding keyword yang potensial untuk bisa mendapatkan posisi terbaik.

Jika berhasil, situs bisnis kamu bisa lebih sering muncul di page one halaman hasil pencarian di SERP. 

Kalau hal ini yang terjadi, kamu akan bisa melihat peningkatan jumlah kunjungan ke situs web bisnis, juga angka pembelian yang bertambah pada produk maupun jasa yang kamu tawarkan.

3. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis 

Kamu harus membangun brand awareness sejak bisnis pertama kali kamu mulai, kemudian jangan berhenti melakukannya selama bisnis masih berjalan. Hal ini agar semakin banyak orang mengenal bisnis, produk, jasa, dan layanan yang tersedia.

Umumnya, orang akan lebih senang menggunakan dan membeli produk dari brand yang mereka kenal baik, yang informasi mengenai brand tersebut mudah ditemukan, dan pastinya sudah banyak pula orang yang menggunakannya.

4. Ketersediaan Data Demografi

Ketika menerapkan strategi SEM dengan benar, kamu bisa mendapatkan berbagai data penting terkait konsumen, seperti usia, jenis kelamin, perilaku berbelanja, penghasilan, lokasi tempat tinggal, daya beli, dan sebagainya. Ketersediaan data demografi ini nantinya bisa kamu gunakan untuk menyusun strategi digital marketing yang lebih efektif lagi di kemudian hari.

Memanfaatkan search engine dalam penerapan strategi digital marketing untuk bisnis sudah pasti menguntungkan karena kamu bisa melakukan pemasaran dan promosi selama 24 jam penuh dan 7 hari seminggu. Dengan catatan, kamu paham dan tahu cara implementasi 5 Hal Penting Saat Memulai Strategi Digital Marketing.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua