Unduh Aplikasi QuBisa
Ciri Karyawan yang Layak Dipromosikan Perusahaan
Artikel
Career Development

Ciri Karyawan yang Layak Dipromosikan Perusahaan

Gilang Maulani24 Jan 235 menit membaca

Naik jabatan menjadi impian banyak karyawan. Efek dari naik jabatan, antara lain, secara finansial tentu lebih terjamin. Bukan hanya soal gaji dan promosi mentereng saja, posisi yang bagus akan memberikan kepuasan yang tidak dapat dinilai dengan uang. 

Kenaikan jabatan adalah pencapaian diri yang tak semua orang mengalaminya. Sebelum ada kenaikan jabatan, didahului dengan adanya promosi karyawan. Promosi ini mendorong para karyawan bekerja lebih giat sehingga memiliki kesempatan untuk maju.

Pengertian dan Dasar Promosi Jabatan 

Sebetulnya, setiap individu pasti menginginkan perbaikan kualitas hidup, termasuk dalam bekerja. Dalam hal ini, hidup yang berkualitas adalah memiliki pondasi dasar untuk menuju kesuksesan dan mencapai sukses di usia muda.

Bukan hanya berkutat dengan pekerjaan yang dijalani seperti biasa, tetapi ada goals untuk mendapatkan posisi dan kesempatan yang lebih baik lagi. Pengembangan diri karyawan seperti ini membuat perusahaan melihat sejauh mana keterampilan Anda. Siapa tahu, semakin Anda gigih dan produktif, promosi jabatan pun dapat diraih.

Pengertian mendasar tentang promosi jabatan adalah perpindahan dari suatu jabatan ke jabatan lain dengan tanggung jawab yang lebih tinggi (Martoyo, 2007). Jika Anda sebagai karyawan memiliki keterampilan lebih, mampu berinteraksi dan menangani orang lain dengan baik, promosi jabatan bisa didapat dengan cepat. 

Ada beberapa alasan mendasar sehingga seseorang mendapatkan promosi jabatan menurut Hasibuan (2003), antara lain:

Berdasar Pengalaman dan Lama Bekerja

Tak dapat dipungkiri, senioritas memang penting karena pengalaman adalah guru terbaik. Seseorang yang telah lama bekerja dalam suatu perusahaan, mau tidak mau akan berbeda dengan karyawan yang masa kerjanya masih sedikit. Inilah yang mendasari promosi jabatan berdasarkan lama bekerja karena telah mengerti seluk-beluk dan permasalahan perusahaan hingga layak dipromosikan.

Berdasar Kecakapan Karyawan 

Kecakapan karyawan menjadi hal yang sangat penting karena menyangkut kualitas diri, apakah ia mampu memimpin anak buah dan pekerjaannya dengan baik atau sebaliknya.

Berdasar Pengalaman dan Kecakapan 

Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki keduanya, pengalaman dan kecakapan. Keduanya merupakan modal dasar yang harus dimiliki bagi siapa pun yang ingin mendapatkan promosi jabatan. 

Menilik beberapa hal tersebut, apakah Anda layak dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi?

Ciri Karyawan yang Layak Dipromosikan

Dengan naiknya jabatan, Anda akan lebih eksis dalam bidang pekerjaan, kehidupan pun makin mapan, kemudian lahirlah kepuasan tak ternilai. Namun, untuk mendapatkan kesempatan promosi dari perusahaan, ada beberapa kriteria penting yang harus dipenuhi, seperti di bawah ini.

ciri karyawan yang layak dipromosikan salah satunya berprestasi dan berpengalaman

Karyawan Berprestasi

Aset terbesar perusahaan bisa dikatakan jika memiliki karyawan yang berprestasi dan membanggakan. Karyawan dengan segudang prestasi akan mengundang banyak tawaran kerja dari perusahaan lain. 

Jika Anda termasuk sebagai kandidat ini, tenang saja, perusahaan biasanya akan mempromosikan Anda ke jenjang karir yang lebih tinggi sebelum Anda berubah haluan memilih perusahaan lain. Kenaikan jenjang karir menjadi salah satu alasan karyawan bergabung, bertahan, atau keluar dari perusahaan.

Untuk menjadi karyawan yang berprestasi, Anda perlu membekali diri dengan berbagai keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Untuk bisa memiliki keterampilan yang mumpuni, tentu Anda harus rajin belajar. Salah satu belajar yang cukup mudah, bisa dilakukan di mana saja, dan bisa disesuaikan waktunya dengan waktu luang Anda, adalah mengikuti kursus online, webinar gratis yang setiap minggu diadakan QuBisa platform belajar online

Di QuBisa, yang merupakan platform e-learning, juga tersedia berbagai materi yang dibutuhkan untuk meningkatkan karir, pengembangan diri, pengetahuan mengenai bisnis, human resource, sales & marketing, dan sebagainya. Model pembelajaran dalam bentuk video microlearning membuat semua materi bisa dipahami dan dipelajari dengan lebih mudah.

Disiplin dan Jujur

Disiplin dan jujur adalah modal utama bagi setiap individu untuk terus berkembang. Dengan memiliki kedua sifat ini, Anda telah memiliki kualitas diri di atas rata-rata. Disiplin dalam bekerja dan patuh pada aturan perusahaan sangat dibutuhkan. Atasan tak perlu berpikir dua kali ketika membebankan pekerjaan kepada Anda karena dianggap mampu dan bisa dipercaya.

Masa Kerja Mencukupi

Menjadi karyawan senior dan sudah tahu bagaimana jatuh bangun perusahaan dengan masa kerja yang lama, tentu berbeda dengan karyawan yang baru 3 bulan bekerja. Sangat wajar apabila Anda mendapatkan promosi jabatan yang dilihat dari kualitas dan pengalaman bekerja.

Pandai Mencari Solusi

Setiap pekerjaan memiliki kapasitas permasalahan sendiri. Jika Anda pandai mencari solusi tanpa banyak protes, memiliki kemampuan dalam mengelola konflik, menjadi salah satu ciri Anda layak mendapatkan promosi di perusahaan. Orang yang pandai mencari solusi sangat dibutuhkan perusahaan agar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar sesuai target yang diinginkan.

Karyawan kreatif dan pandai mencari solusi memiliki kesempatan besar untuk mendapat promosi jabatan

Kreatif

Saat ini, sangat dibutuhkan individu dengan pemikiran out of the box, berbeda dan lain daripada yang lain. Bukan hanya pandai secara akademis saja, tetapi juga memiliki kreativitas tinggi. 

Bekerja haruslah dinamis dengan melontarkan ide brilian tak biasa demi kemajuan perusahaan. Kreatif menjadi salah satu ciri karyawan yang layak mendapatkan promosi jabatan.

Skor Karyawan

Skor karyawan merupakan nilai yang diperoleh karyawan atas penilaian kinerja dan target yang telah dilalui. Melampaui target sangat diharapkan karena perusahaan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. 

Tentunya, perusahaan tak akan menyia-nyiakan karyawan seperti ini. Jika Anda merasa telah melampaui target dan semuanya berjalan dengan lancar, berarti Anda layak mendapatkan promosi jabatan.

Loyalitas terhadap Perusahaan

Loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan sangat dibutuhkan, tak peduli apakah Anda sudah lama atau baru saja bekerja. Karyawan seperti ini memiliki kualitas kerja sepenuh hati dan bertanggung jawab. Ini dapat menjadi salah satu acuan perusahaan mempromosikan Anda.

Jika Anda bekerja dengan penuh tanggung jawab, jujur, dan terampil menjalankan tugas, yakinlah bahwa atasan dan perusahaan tak akan menutup mata. Selalu tingkatkan keterampilan dan teruslah menjalin koneksi dengan baik agar Anda termasuk dalam kriteria karyawan yang layak dipromosikan dalam waktu dekat.

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua