Unduh Aplikasi QuBisa
Professional Image Cara Berpakaian Pria di Dunia Kerja
Artikel
Career Development

Professional Image Cara Berpakaian Pria di Dunia Kerja

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu24 Jan 236 menit membaca

Menjaga penampilan saat bekerja dengan professional image yang sesuai dapat memberikan kesan positif bagi diri sendiri dan orang lain. Tidak heran jika ada istilah dress for success yang menjelaskan pengaruh dari personal grooming dan cara berpakaian untuk mencapai kesuksesan. 

Personal grooming adalah penampilan diri secara keseluruhan yang terawat dengan baik sehingga terkesan rapi, sopan, dan sesuai dengan penempatannya. Hal ini penting dilakukan, baik oleh pria maupun wanita, sehingga rekan kerja dan relasi bisnis akan merasa lebih dihargai jika Anda well groomed.

Bagaimana cara berpakaian untuk penampilan yang profesional bagi pria? Simak tips berpakaian bagi pria di dunia kerja berikut!

Cara Berpakaian Bagi Pria untuk Membangun Professional Image

Penampilan Sesuai Profesi

Penampilan saat bekerja sebaiknya disesuaikan dengan profesi Anda. Hal ini juga berkaitan dengan peraturan perusahaan tempat Anda bekerja, serta jenis perusahaan relasi bisnis yang Anda temui. 

Jika perusahaan dan profesi Anda mengharuskan untuk berbusana formal, maka pilih pakaian formal pria yang membuat Anda terlihat profesional. Anda bisa mengenakan kemeja polos dengan dasi disertai blazer gaya klasik. Celana panjang berbahan katun warna gelap dan sepatu pantofel kulit warna senada dapat menjadi pilihan Anda.

Saat ini, banyak perusahaan kreatif bermunculan dan membebaskan karyawannya dalam menerapkan kebebasan cara berpakaian. Meskipun begitu, sebaiknya Anda tetap menjaga penampilan saat bekerja. Anda dapat menggunakan busana dengan gaya smart casual agar terlihat santai, namun tetap profesional.

Inspirasi Gaya Smart Casual 

Gaya busana smart casual saat ini menjadi tren di dunia kerja. Seragam kantor yang tadinya bergaya formal, sekarang sudah banyak yang didesain smart casual. Pakaian formal pria biasanya hanya digunakan pada acara-acara tertentu yang dihadiri orang-orang penting.

Untuk menampilkan gaya smart casual, Anda dapat memilih kemeja lengan panjang dan menggulung lengannya sampai siku. Tidak perlu menggunakan dasi dan blazer. Kemudian gunakan celana chinos dan ikat pinggang. Anda juga bisa menambahkan vest atau sweater sebagai variasi.

Cari inspirasi gaya smart casual

Perhatikan Dress Code

Tips berpakaian bagi pria di dunia kerja yang perlu selalu diingat adalah untuk memperhatikan dress code. Setiap acara memiliki tujuan masing-masing dan mungkin menerapkan peraturan yang berbeda. Mematuhi dress code yang ditetapkan merupakan salah satu bentuk apresiasi  terhadap penyelenggara yang telah mengundang Anda.

Dress code suatu acara bisa dalam bentuk gaya berbusana, warna pakaian, maupun detail lain yang ditetapkan penyelenggara. Personal grooming dalam berpenampilan yang baik belum sempurna jika belum mematuhi dress code yang ditetapkan. 

Pilih Warna dan Motif Pakaian yang tepat

Cara berpakaian untuk tampilan yang profesional bagi pria bukan hanya tentang gaya busana saja, namun juga mencakup pilihan warna favorit yang Anda gunakan dan motif pakaian yang tepat. Padu padan warna dan motif yang tidak sesuai dapat menurunkan citra positif diri Anda.

Beberapa tips untuk meningkatkan personal grooming bagi pria yang bisa Anda lakukan demi profesionalitas kerja, seperti:

Pakaian formal pria biasanya cenderung bermain di warna-warna gelap seperti hitam, abu-abu, dan navy. Motif kain yang digunakan pun kebanyakan polos. Sedangkan gaya smart casual bisa lebih variatif dengan warna-warna yang beragam. Sebaiknya Anda tetap perhatikan padu padan warna dan motif pakaian agar tetap terlihat profesional di dunia kerja, sehingga bisa membangun citra diri positif.

Jaga kebersihan pakaian di kantor

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan merupakan salah satu cara menjaga penampilan saat bekerja. Tentu saja Anda perlu memastikan bahwa busana yang Anda gunakan tidak kotor dan tidak mengeluarkan bau tidak sedap.

Kadang-kadang terjadi insiden yang membuat pakaian Anda kotor. Misalnya saat Anda makan siang, lalu pakaian Anda terkena saus atau minuman yang tumpah. Sebaiknya Anda segera membersihkan noda tersebut atau mengganti pakaian Anda jika memungkinkan.

Menampilkan professional image yang tepat dapat menjadi cerminan karakteristik serta integritas di dunia kerja. Ikuti tips berpakaian bagi pria di dunia kerja ini sebagai bagian dari usaha membangun karir Anda. 

No Image

0Comments

no profile

Artikel Untuk Kamu

Lihat Semua

Saran Untuk Kamu

Lihat Semua